Encanto, Film Animasi ke-60 Disney Tayang November 2021

Encanto.
Sumber :
  • Disney

VIVA – Walt Disney Animation Studios akan segera merilis film animasi musikal terbaru mereka berjudul Encanto pada November 2021 mendatang. Encanto menjadi salah satu film yang istimewa karena merupakan film animasi ke-60 Disney.

Unicorn Wars Bukan Film Animasi Biasa, Sajikan Cerita Menarik

Sebelum latar ditentukan, bahkan sebelum satu pun karakter dibayangkan, para filmmaker di balik film animasi musikal ini pun sudah memutuskan bahwa mereka akan menghadirkan kisah yang menghangatkan hati tentang keluarga. Ya, keluarga menjadi inti dari film yang terinspirasi dari budaya masyarakat Kolombia tersebut.

Encanto juga mengeksplor hubungan antar anggota keluarga yang menarik tetapi rumit, di mana keluarga besar yang terdiri dari beberapa generasi tinggal di satu rumah yang sama.

Gak Cuma di Film, Karakter Riki Rhino Kini Ada di Dunia Nyata

Sinopsis

Encanto.

Photo :
  • Walt Disney Animation Studios
Disney Tak Sengaja Casting Bintang Porno untuk Film The Little Mermaid

Encanto menceritakan kisah keluarga Madrigal yang luar biasa, yang hidup tersembunyi dipegunungan Kolombia, di sebuah rumah ajaib, di kota yang semarak, penuh pesona dan keajaiban, Encanto.

Keajaiban Encanto telah memberkati setiap anak dalam keluarga Madrigal dengan hadiah unik berupa kekuatan super. Semua anak di keluarga itu memiliki kekuatannya masing-masing, kecuali satu anak bernama Mirabel.

Tiap anak menerima kekuatan mereka di sebuah upacara spesial yang digelar ketika mereka berulang tahun yang kelima. Di mana sebuah pintu akan muncul secara ajaib di rumah tersebut dan siapa pun yang membukanya akan masuk ke dimensi lain yang luar biasa.

Dimensi itu juga mengungkap apa kekuatan yang mereka dapat dan apa peran mereka dalam keluarga ini, juga bagaimana mereka akan melayani masyarakat.

Saudari Mirabel, Luisa, misalnya, diberi kekuatan fisik yang luar biasa, sehingga ia bisa melayani masyarakat dengan memindahkan ternak, memindahkan bangunan atau mengubah rute sungai.

Kemudian, Isabela, kakak perempuan tertua Mirabel, adalah anak emas keluarga. Ia begitu sempurna dan dikaruniai kemampuan untuk membuat tanaman tumbuh dan bunga bermekaran dengan setiap langkah yang dia ambil.

Selama 10 tahun, Mirabel harus ikhlas menerima bahwa ia tak dikaruniai kekuatan magis di ulang tahunnya yang kelima, dan karena itu ia menjadi satu-satunya anggota keluarga Madrigal yang merupakan manusia biasa.

Namun, suatu hari dia menemukan bahwa sihir yang mengelilingi Encanto dalam bahaya. Mirabel pun memutuskan bahwa dia, satu-satunya Madrigal biasa, mungkin menjadi harapan terakhir keluarganya.

Wawancara eksklusif produser

Encanto.

Photo :
  • Walt Disney Animation Studios

Belum lama ini VIVA berkesempatan untuk melakukan wawancara eksklusif dengan para filmmaker di balik film animasi Encanto. Kepada VIVA, salah satu produser Encanto, Yvett Merino berbagi mengenai tantangan-tantangan yang harus dihadapi pihaknya dalam proses pembuatan film ini.

Menurutnya, banyak sekali tantangan yang dihadapi, namun beberapa yang paling terasa adalah membuat deretan karakter di film yang berbeda satu sama lain. Tantangan besar lainnya adalah proses pengerjaan film dilakukan di tengah pandemi, sehingga banyak hal dilakukan di rumah masing-masing.

"Membuat film animasi itu enggak pernah mudah. Kita memutuskan di awal bahwa kita mau bikin film tentang keluarga besar, merepresentasikan masalah keluarga yang mirip dengan banyak keluarga latin. Jadi jumlah karakter yang banyak itu tantangan besarnya. Apalagi dibuat di tengah pandemi global, di mana semua orang bekerja dari rumah. Tentu ini membuat tantangan menjadi lebih besar," ucapnya dalam wawancara virtual bersama VIVA baru-baru ini.

Tantangan lain yang tak kalah penting untuk diselesaikan adalah memastikan bahwa ini merupakan film yang membuat banyak orang merasa relate atau terhubung.

Dalam kesempatan yang sama, produser Encanto lainnya, Clark Spencer, yang juga merupakan Presiden Walt Disney Animation Studios, mengatakan kepada VIVA bahwa Encanto merupakan film animasi musikal yang berbeda dari film-film animasi Disney sebelumnya. Salah satu alasannya, karena penulisan lagu-lagu yang dipakai di film ini sangat modern dan merepresentasikan zaman sekarang.

"Musikalitas di baliknya juga merupakan musik Kolombia dan terinspirasi dari Kolombia. Penulisan lirik dan lagunya sangat terasa lebih modern dan bagi saya itu akan membuat banyak penonton kagum," jelas Spencer.

Lebih lanjut, Spencer juga mengatakan bahwa sejak dahulu, film-film Disney selalu berusaha melampaui batasan-batasan yang ada. Dan hal itu juga dilakukan mereka dalam mengerjakan Encanto.

"Setiap saya melihat film-film kami, saya merasa bahwa kami melampaui batasan-batasan yang ada, meningkatkan standar film animasi. Itu semua terlihat dari color palette-nya, kedalaman dan detail arsitekturnya, desain karakter, gaya rambut, tekstur rambut, pakaian dan layer yang berbeda pada tiap karakter. Jadi sangat kompleks dan itu sangat luar biasa.

"Penonton juga akan merasakan bahwa ini adalah level baru dari film animasi Disney dan membuat film ini adalah sebuah hal yang sangat menyenangkan," tambahnya.

Produser peraih Oscar lewat film animasi Zootopia, Wreck-It Ralph dan Lilo & Stitch itu juga menambahkan, Encanto merupakan film yang memiliki makna mendalam, sehingga film ini tak terbatas hanya untuk penonton anak-anak.

"Encanto memiliki makna yang mendalam, sehingga tidak hanya diperuntukkan bagi keluarga yang punya anak-anak kecil, tapi untuk semua penonton. Dan menurut saya itu yang membuat kami sangat senang untuk membawakan film animasi seperti ini," ujar Spencer.

Sementara itu, Merino menambahkan bahwa Encanto mengajarkan kita untuk mengenal keluarga lebih dekat, karena setiap anggota keluarga punya perspektif yang berbeda mengenai banyak hal.

"Harapannya, penonton bisa lebih mengenal keluarga mereka dan mengetahui perspektif dari masing-masing anggota keluarga. Sehingga kita bisa saling memahami satu sama lain," tutup wanita yang juga pernah menjadi manajer produksi Moana dan Big Hero 6 itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya