Layaknya Marvel's ini 10 Superhero Indonesia yang terkenal

Komik Indonesia: The Superheroes Return
Sumber :
  • komikindonesia.com

VIVA – Tidak hanya Marvel yang mengeluarkan superhero, Indonesia juga memiliki karakter Superhero, bahkan sutradara sekelas Joko Anwar menggarap film superhero indonesia.

Khansa Tabina, Konten Kreator yang Sosoknya Jadi Sorotan Gegara Film Siksa Kubur Joko Anwar

Jika Amerika punya grup superhero yang diberi nama Marvel's The Avengers, Indonesia juga punya Cinematic Universe Bumilangit. Diumumkan pada tahun 2019, Bumi Langit Cinematic Universe menampilkan kisah pahlawan super asli Indonesia.

Superhero Indonesia yang akan kita bahas pun lahir dari para komikus legendaris kelahiran Indonesia. Jadi, kekuatan serta penampilan para superhero Indonesia ini pun kental dengan nuansa Tanah Air.

Kebut 12 Proyek IKN, Waskita Karya Pastikan 7 Proyek Rampung Semester I-2024

Berikut beberapa tokoh Superhero Indonesia seperti yang dikutip dari factsofindonesia dan Orami sebagai berikut:

1. Gundala Putra Petir

Ada IKN Nusantara, Ekonomi Pulau Kalimantan Tumbuh 6,17 Persen

Film Gundala.

Photo :
  • IMDb

Gundala adalah salah satu superhero Indonesia yang paling terkenal. Berawal dari komik Gundala Putra Petir, karakter ini pun kini sudah diangkat ke layar perak.

Sudah 2 kali total Gundala hadir di layar lebar. Pertama tahun 1981 dan terakhir tahun 2019. Gundala sendiri adalah superhero yang memiliki nama asli Sancaka. Ia memiliki kekuatan super yang bisa mengeluarkan petir dari kedua telapak tangannya.

Sebenarnya, Gundala adalah seorang ilmuwan yang mendapat kekuatan super setelah tersambar petir, lalu koma, dan diberikan kekuatan oleh Kaisar Kronz dan Raja Taifun.

2. Godam Manusia Besi

Godam

Photo :
  • Bumilangit

Godam adalah salah satu superhero Indonesia yang sekilas tampilannya mirip Superman. Tak sampai sana, ternyata kekuatan mereka juga tak jauh berbeda, Godam adalah pahlawan yang sangat kuat, bisa terbang serta kebal peluru. Ia mendapatkan kekuatan itu dari kostum dan jubah yang dipakai.

Godam sendiri awalnya merupakan orang biasa bernama Awang yang memperoleh kekuatan dari cincin ajaib pemberian Bapak Kebenaran. Awang sendiri muncul ketika Sancaka masih kecil di film Gundala garapan Joko Anwar. 

Awang adalah orang yang berjasa dalam mengajarkan Sancaka ilmu bela diri di film itu. Dalam BCU, Godam akan diperankan oleh Chicco Jerikho. Godam merupakan tokoh komik yang dipopulerkan oleh Widodo Noor Slamet (Widodo NS) pada tahun 1969.

3. Si Buta dari Gua Hantu

Si Buta Dari Gua Hantu.

Photo :
  • VIVA

Nama asli Si Buta dari Gua Hantu adalah Barda Mandrawata. Ia membutakan matanya sendiri untuk mengalahkan Mata Malaikat, musuh bebuyutannya. Si Buta dari Gua Hantu ingin membunuh Mata Malaikat karena ingin membalas dendam atas kematian tunangan dan ayahnya.

Menguasai ilmu bela diri pedang dan tongkat, Si Buta dari Gua Hantu berkeliling pulau-pulau di tanah air, salah satunya mengenal sejarah Flores, Indonesia. Dia bepergian dengan monyetnya, Wanara.

4. Aquanus

Jagoan super Aquanus dari Jagat Sinema Bumilangit.

Photo :
  • dok. bumilangit.com

Aquanus adalah tokoh misterius yang hadir dari planet Zyba. Ia memiliki kemampuan untuk hidup di darat maupun air. Aquanus sendiri memiliki kekuatan super dapat bernapas dalam air. Ia juga bisa memancarkan sinar penghancur yang sangat kuat.

Aquanus juga menjadi salah satu karakter superhero Indonesia yang hadir di Bumi Langit Cinematic Universe. Tokoh Aquanus sendiri akan diperankan oleh Nicholas Saputra.

5. Tira

Tira yang sebenarnya adalah seorang mahasiswi bernama Susie ini memiliki ilmu bela diri yang sangat mumpuni. Dia membuat kostum berteknologi tinggi dan memakainya sendiri. Susie, kemudian, mengubah dirinya menjadi Tira, seorang pahlawan super yang memerangi kejahatan dan ketidakadilan.

Salah satu fakta menarik dan unik tentang Indonesia adalah mitosnya. Tira di sini bisa memanggil roh mistik, sembilan iblis naga, setelah insiden Gerbang Sembilan Naga.

6. Mandala

mandala

Photo :
  • komik

Mandala dibesarkan oleh Ratu Setan Buaya Putih, Nyi Nara Sati. Namun, dia melarikan diri ketika dia dewasa. Kemudian, Batara, pamannya, melatihnya hingga Mandala menjadi pendekar hebat.

Di Bumi Langit Cinematic Universe, Mandala diperankan oleh Joe Taslim, aktor aksi menegangkan dalam film Indonesia yang paling banyak ditonton di seluruh dunia, The Raid: Redemption.

7. Sri Asih

Sri Asih dalam jagat BumiLangit

Photo :
  • BumiLangit

Sri Asih adalah reinkarnasi dari Dewi Sri, seorang dewi. Nama aslinya adalah Nani Wijaya, anak dari keluarga kaya. Nani mengembangkan reputasinya dengan bekerja di Biro Investigasi Kriminal. Dia dikenal sebagai pejuang kejahatan yang berani.

Kekuatan supernya adalah memiliki kekuatan yang setara dengan 250 pria, kemampuan bertarung jarak dekat, dan kemampuan untuk menggandakan ukuran tubuhnya seperti Hulk di The Avengers.

8. Nusantara

Salah satu superhero Indonesia yang paling populer adalah Nusantara. Sebelum dipilih oleh Tsazabo, seorang perwira tinggi di planet Alpha Century, nama aslinya adalah Nelson.

Tsazabo, menggunakan teknologi yang dikembangkan, mengubah Nelson manusia biasa menjadi superhero Nusantara. Musuh Nusantara adalah supervillain yang kabur dari planet Alpha Century, Vorkil. Nusantara memiliki kekuatan untuk terbang secepat kecepatan suara dan kebal manusia super.

9. Camar

Terletak di sebuah pulau di mana salah satu pantai terbaik di Indonesia terletak, Maluku, tanggung jawab Camar adalah untuk melawan ketidakadilan kolonialisme.

Camar adalah anak bungsu dari master seni bela diri. Ia bisa berkomunikasi dengan burung karena namanya diambil dari salah satu burung di Indonesia. Dia juga seorang pelompat yang baik yang memiliki keterampilan seni bela diri yang dibangun dengan baik.

10. Merpati

Sedhah Esti Wulan adalah seorang jurnalis yang memiliki kemampuan pencak silat yang baik. Suatu hari, dia jatuh ke tebing, tetapi dia diselamatkan oleh sekelompok merpati.

Merpati itu membawanya ke Ratu bernama Merpati. Sang Ratu memberi Sedhah cairan ajaib yang bisa mengubahnya menjadi superhero.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya