Sinopsis Film CODA yang Berhasil Raih Film Terbaik di Oscar 2022

CODA.
Sumber :
  • Apple TV+

VIVA – Film CODA baru saja berhasil meraih kemenangan besar di Oscar 2022 dalam kategori Film Terbaik (Best Picture) pada Minggu, 27 Maret 2022. Penghargaan yang didapat oleh film dari Apple TV yang rilis pada Agustus 2021 lalu tersebut pun semakin menarik perhatian publik untuk menontonnya. 

Merinding! Masayu Anastasia Interaksi Sama Banyak Ular Piton dan Sanca Demi Totalitas Peran

CODA sendiri merupakan sebuah film remake dari La Famille Bélier, film Prancis yang dirilis pada 2014 lalu dan berhasil sukses di box office negaranya. Kemudian film tersebut dibuat ulang oleh Sian Heder sutradara film CODA versi AS. Pada kali ini kita akan membahas mengenai sinopsis film CODA atau child of deaf adults ini yang bisa kamu ketahui terlebih dahulu sebelum menonton filmnya. 

Sinopsis film CODA

Sineas Bali, NTB, NTT, Merapat! Fesbul Buka Pendaftaran Seleksi Film Lokus 4

Cast film CODA.

Photo :
  • IMDb

Film CODA ini mengisahkan seorang siswa perempuan yang masih SMA, Ruby Rossie (Emilia Jones) yang berada di keluarga tuli dan dirinya menjadi satu-satunya yang bisa mendengar. Semua anggota keluarganya mulai dari kedua orang tua hingga kakak laki-lakinya kecuali Ruby tuli hingga mereka harus menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi. 

Film Keajaiban Air Mata Wanita Sajikan Keajaban dan Kehangatan

Keluarga Ruby memiliki bisnis perikanan yang dimana sedang terancam dan terpuruk sehingga ia juga harus membantu bisnis keluarganya tersebut. Namun di sisi lain Ruby sangat suka bernyanyi dan bercita-cita menjadi seorang penyanyi. Kedua hal tersebut membuatnya bimbang antara harus memilih keluarga atau impiannya menjadi seorang penyanyi. 

Ruby pun masuk dalam kegiatan paduan suara di sekolahnya untuk mengasah bakat menyanyinya. Dirinya bertemu dengan guru vokalnya bernama Mr. V yang akan mengasah kemampuannya vokalnya. Kemudian dalam paduan suara tersebut, Ruby dipasangkan dengan Miles (Ferdia Walsh-Peelo) di pertunjukkan musik paduan suara sekolahnya. 

Penampilan pertama dari keduanya tak berjalan dengan baik karena mereka tidak berlatih bersama melainkan latihan sendiri atau masing-masing. Hingga akhirnya Ruby memutuskan untuk mengajak Miles untuk berlatih bersama di rumah Ruby agar kejadian serupa tak terulang lagi. 

Namun hal tak terduga terjadi dimana saat Miles sedang berlatih di rumah Ruby, ia melihat kedua orang tua Ruby yang tengah melakukan hubungan seks. Miles yang melihatnya pun kemudian menyebarkan berita tersebut kepada teman-teman lainnya di sekolah hingga Ruby menjadi perbincangan. 

Di luar dari berita tidak mengenakan tersebut, Ruby didorong oleh sang guru vokal Mr. V untuk mengikuti audisi Berklee College of Music. Mr. V bahkan menawari Ruby untuk dilatih olehnya secara privat.

Namun karena juga harus mengurus bisnis keluarganya, latihan vokalnya menjadi sedikit terganggu karena Ruby sering kedapatan telat datang hingga membuat MR. V cukup marah dan menganggapnya tidak memedulikan tentang musik. 

Karena masalah tersebut akhirnya Ruby memutuskan untuk lebih mengurus bisnis keluarganya dan tidak berkuliah. Keputusan Ruby disambut baik oleh orang tuanya namun sang kakak ternyata tidak menyetujuinya karena berpikir bahwa masalah bisnis keluarga mereka bisa ditangani meskipun tanpa adanya Ruby. 

Lalu, bagaimana kelanjutan cerita dari film yang memenangi Piala OSCAR 2022 ini? Kamu bisa langsung menonton film CODA ini dan melihat apa yang terjadi dan akhir dari ceritanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya