Disney Dikecam Para Kritikus Dianggap Anti-Kulit Putih Gegara Film Reboot The Proud Family

Kartun Disney The Proud Family
Sumber :
  • Nypost.com

VIVA Showbiz  – Banyak kritikus film yang mengecam rumah produksi Disney sebagai "anti-kulit putih" atas episode acara anak-anak yang menampilkan lagu yang mencakup sejarah perbudakan di AS dan kebutuhan akan "perbaikan".

Met Gala Diwarnai Rasisme, Stray Kids Jadi Korban!

Melansir New York Post, reaksi tersebut berasal dari episode Juneteenth dari "The Proud Family: Louder and Prouder", sebuah reboot dari kartun anak-anak awal yang populer yang mengudara di layanan streaming Disney+.

Sebuah klip dari episode yang beredar di media sosial menunjukkan karakter menyanyikan lagu tentang bagaimana Amerika "masih belum menebus" perbudakan dan rasisme sistemik.

Pakai Bikini Bentuk Alat Kelamin Dijahit, Julia Fox Dikecam

“Budak membangun negara ini dan kami keturunan budak di Amerika telah mendapatkan reparasi atas penderitaan mereka dan terus mendapatkan reparasi setiap saat yang kami habiskan tenggelam dalam prasangka sistemik, rasisme, dan supremasi kulit putih yang didirikan oleh Amerika dan masih belum ditebus, ” karakter animasi meneriakkan dari panggung.

Ivan Gunawan Minta Maaf Usai Bercanda Soal Kasus Pencabulan: Saya Mengaku Salah

Klip itu dibagikan oleh akun Twitter End Wokeness dengan judul "Propaganda anti-kulit putih yang terang-terangan".Penulis konservatif Christopher Rufo membagikan ulang video tersebut di Twitter dengan menyebutnya "teori ras kritis murni". “Ini beracun, memecah belah, dan merusak,” tulis seorang pengguna Twitter di balasan.

Netizen lain menuduh Disney memaksakan hal tersebut ke pikiran anak-anak.

Lagu tersebut memuji para abolisionis yang berjuang untuk mengakhiri perbudakan dan membantu mengubah sikap publik terhadapnya sebelum mantan bapak bangsa Amerika Serikat, Abraham Lincoln menandatangani Proklamasi Emansipasi untuk mengakhirinya.

Kartun Disney The Proud Family

Photo :
  • Nypost.com

“Kami memiliki Tubman, Turner, Frederick D. Kemudian mereka mengatakan Lincoln membebaskan para budak, tetapi budak adalah pria dan wanita dan hanya kami yang dapat membebaskan diri kami sendiri. Emansipasi bukanlah kebebasan,” nyanyi para karakter dalam episode tersebut. "Jim Crow, segregasi, redlining, sekolah umum memberi makan penjara swasta tempat kita menjadi budak lagi."

Terlepas dari kritik keras, klip itu juga mendapat banyak pujian. “Terima kasih telah berbagi, klip yang sangat bagus. Betapa hebatnya melihat kebenaran sejarah dengan cara yang bisa dipahami anak-anak,” tulis seorang pengguna media sosial.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya