5 Rekomendasi Film Perjuangan untuk Memperingati Hari Kebangkitan Nasional

Cahaya dari Timur: Beta Maluku
Sumber :
  • Facebook/Cahaya dari Timur: Beta Maluku

VIVA Showbiz – Film Indonesia terdiri dari berbagai genre, salah satunya tak luput dari film yang bertemakan perjuangan. Untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei, akan diberikan rekomendasi film perjuangan yang bisa kamu tonton. 

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Mulai dari film tperjuangan entang sosok salah satu pahlawan pergerakan nasional hingga kisah perjuangan menggapai cita-cita di masa kini. Berikut deretan film perjuangan yang dapat disaksikan untuk merayakan Hari Kebangkitan Nasional yang ada Disney+. 

1. Susi Susanti: Love All

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Trailer film Susi Susanti: Love All

Photo :
  • U-Report

Film ini mengisahkan tentang Susi Susanti (Laura Basuki) dan kecintaannya terhadap bulu tangkis hingga akhirnya membawanya menjadi atlet yang digemarkan di Indonesia. Susi Susanti dikenal sebagai atlet dengan segala pencapaian yang diraihnya. Namun, perjalanan yang dilaluinya penuh dengan perjuangan dan pengorbanan. 

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

2. Sokola Rimba

Butet Manurung - Sokola Rimba

Photo :
  • Netflix

Selanjutnya ada  Sokola Rimba yang penuh inspirasi dan mengangkat kisah nyata kisah Butet Manurung (Prisia Nasution). Butet bertekad untuk memperkenalkan Suku Anak Dalam pada pendidikan. Hingga akhirnya ia bertemu dengan seorang anak bernama Bungo, yang rela berjalan selama 7 jam demi melihat Butet mengajar membaca. Akan tetapi, niat Butet ditentang oleh kelompok Bungo.

Film Laskar Pelangi

Photo :
  • Dok. Mizan Pictures

Laskar Pelangi diangkat dari kisah dalam novel best seller yang merupakan karya Andrea Hirata dengan judul sama. Film ini berkisahkan tentang kehidupan 10 murid sekolah SD Muhammadiyah Gantung yang berusaha untuk mewujudkan mimpi mereka terlepas dari beragam rintangan yang mereka harus hadapi. 

4. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Film Tjokroaminoto

Photo :

Film perjuangan lainnya adalah Guru Bangsa: Tjokroaminoto yang merupakan film drama biografi. Film ini tentu membawa kisah Tjokroaminoto (Reza Rahadian), seorang keturunan bangsawan yang meninggalkan kehidupan mewahnya saat menyaksikan ketidakadilan yang dialami masyarakat Indonesia pada masa pemerintahan kolonial Belanda. Tjokroaminoto pun memutuskan untuk berjuang bersama rakyat demi melawan penjajah.

5. Cahaya dari Timur: Beta Maluku

Cahaya dari Timur: Beta Maluku

Photo :
  • Facebook/Cahaya dari Timur: Beta Maluku

Terakhir ada Cahaya dari Timur: Beta Maluku yang mendapatkan penghargaan Festival Film Indonesia dalam kategori Film Terbaik pada tahun 2014. Film ini menceritakan tentang perjuangan Sani Tawainella (Chicco Jerikho), mantan pemain sepak bola yang beralih profesi menjadi tukang ojek dan melatih anak-anak bermain bola agar menjadi pemain profesional di tengah konflik yang sedang melanda Ambon. 

Saat konflik yang melanda Ambon sudah mereda, Sani pun mendapat kesempatan untuk membawa tim sepak bolanya ke Jakarta. Namun, ia kembali dihadapkan dengan perbedaan yang menjadi pemicu konflik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya