Mulai dari Film hingga Emmy 2023, Ini Dampak Besar Demo SAG-AFTRA di Industri Hollywood

Para artis dan penulis naskah Hollywood mogok kerja
Sumber :
  • NPr

Los Angeles – Aksi mogok kerja dan demonstrasi telah dimulai sejak 2 Mei, dengan Writers Guild of America atau WGA menyerukan reformasi dalam sistem industri hiburan, di mana Perjanjian Dasar Minimum (MBA) mereka telah terpengaruh secara signifikan karena pengaruh streaming.

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Pemogokan WGA telah mempengaruhi beberapa film dan acara TV. Dengan SAG-AFTRA bergabung dengan mereka, industri hiburan Amerika, atau Hollywood, hampir berhenti total, dilansir dari, The Rolling Stone, Senin, 17 Juli 2023.

The Screen Actors Guild – American Federation of Television and Radio Artists atau SAG-AFTRA adalah serikat pekerja yang mewakili sebagian besar aktor dan aktris ketika mereka mengerjakan produksi film dan televisi di Amerika Serikat, atau lebih tepatnya di Hollywood.

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Hollywood Sign.

Photo :
  • Pixabay/ Sohrob

Protes gabungan WGA dan SAG-AFTRA dinilai bersejarah karena ini adalah yang pertama sejak 1960 di mana kedua serikat besar bergabung demi kesejahteraan anggota mereka. Terakhir kali SAG-AFTRA melakukan pemogokan sendiri adalah pada tahun 1980.

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Saat ini, serikat pekerja dengan suara bulat memilih untuk mengeluarkan perintah mogok kerja terhadap Aliansi Produser Film dan Televisi (AMPTP),

Apa saja dampaknya?

Pemogokan SAG-AFTRA secara khusus beralasan menyangkut pekerjaan apa pun yang dilakukan di bawah kontrak TV dan teater serikat pekerja, yang berarti para aktor tidak dapat mengerjakan film utama apa pun atau televisi bernaskah, baik di jaringan, kabel, atau layanan streaming, atau mempromosikan film atau televisi mereka atau proyek yang termasuk dalam kontrak yang telah disepakati.

Meskipun seruan pemogokan SAG-AFTRA tidak terkait langsung dengan pemogokan WGA, baik penulis maupun aktor memiliki masalah yang sama. Kompensasi dan kecerdasan buatan (AI) adalah beberapa alasan yang sama.

Para aktor menentang raksasa streaming atas kompensasi yang menyusut karena pemutusan antara royalti dan popularitas film atau pertunjukan. Ada juga kekhawatiran bahwa AI dapat menciptakan kembali penampilan para bintang, tanpa harus membayar royalty kepada para aktor. Dengan demikian, SAG-AFTRA menginginkan jaminan bahwa aktor tidak akan digantikan oleh AI atau wajah dan suara yang dihasilkan komputer.

Pemogokan SAG-AFTRA akan memengaruhi semua film atau acara TV yang kini tengah diproduksi. Tidak ada aktor yang diizinkan untuk mempromosikan proyek mereka atau tampil untuk apa pun mulai dari karpet merah hingga wawancara media.

Artinya, para aktor tidak akan dapat berkampanye untuk Emmy Awards 2023 mendatang yang nominasinya diumumkan pada 12 Juli hingga pemogokan selesai. Upacara penghargaan itu dijadwalkan akan diadakan pada 18 September.

Menurut pemberitahuan dari serikat, tidak ada anggota yang diizinkan untuk bekerja di bidang apa pun yang tercakup dalam Kontrak TV/Teater. Ini termasuk akting, menyanyi, menari, stunts, dalang, voice acting, narasi, looping, stand-in, dan bahkan audisi.

Namun, anggota dapat mengerjakan iklan di radio TV dan media digital, program TV yang tercakup dalam Kode TV Jaringan, sulih suara, buku audio, program perusahaan dan pendidikan, dan perjanjian sementara yang disetujui SAG-AFTRA lainnya.

Aktor, aktris dan penulis atau SAG-AFTRA melakukan mogok kerja

Photo :
  • CNBC News

Anggota juga dapat bekerja dalam program non-drama seperti acara bincang-bincang, acara ragam, acara penghargaan, acara realitas, acara permainan, dan acara khusus.

Efek dari seruan pemogokan terlihat segera saat pemeran film Oppenheimer, Cillian Murphy, Matt Damon dan Emily Blunt, meninggalkan pemutaran perdana film di Inggris untuk terbang kembali ke AS untuk bergabung dengan para demonstran.

Acara jaringan populer termasuk Chicago Med, Chicago Fire, Chicago P.D., NCIS, Young Sheldon, The Strangers Things dan The Simpsons telah secara resmi menghentikan produksi karena pemogokan SAG-AFTRA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya