Film Oppenheimer Dikecam Gara-gara Adegan Seks Sambil Pegang Kitab Suci

Film Oppenheimer dan Kitab Bhagavad Gita
Sumber :
  • Truscoop

India – Sebuah adegan seks dalam film yang sangat ditunggu-tunggu tahun ini, yaitu Oppenheimer telah dikecam oleh pejabat India yang mengklaim bahwa adegan tersebut adalah "serangan pedas terhadap agama Hindu."

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Drama biografi ini bercerita tentang fisikawan legendaris yang dikenal sebagai Bapak Bom Atom, J. Robert Oppenheimer dan sekelompok ilmuwan yang tengah menyelesaikan Proyek Manhattan, yang memuncak dengan pemboman Hiroshima dan Nagasaki, Jepang pada 6 Agustus 1945 dan mengakhiri perang dunia kedua.

Dalam film tersebut, Robert Oppenheimer (yang diperankan oleh Cillian Murphy) dan Jean Tatlock (diperankan oleh Florence Pugh) melakukan hubungan seksual sampai Jean berjalan ke rak buku dan mengambil Salinan kitab "Bhagavad Gita" dan meminta Murphy untuk membacanya.

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

Film Oppenheimer

Photo :
  • Istimewa

Oppenheimer kemudian membaca kalimat di dalam kitab yang bertuliskan, "Saya menjadi Kematian, seorang perusak dunia," saat keduanya melanjutkan hubungan seksual.

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Kalimat itu dikatakan seperti yang dipikirkan Oppenheimer di kehidupan nyata saat bom nuklir pertama meledak.

Ribuan orang India berbondong-bondong untuk menonton film tersebut saat pemutaran perdana minggu lalu, tetapi banyak dari mereka mulai memprotes di media sosial segera setelah adegan tersebut, dilansir dari New York Times, Senin, 24 Juli 2023.

“Telah menjadi perhatian kami bahwa film Oppenheimer berisi adegan yang membuat serangan pedas terhadap Hinduisme,” tulis Uday Mahurkar, komisaris informasi untuk Pemerintah India, kepada sutradara film tersebut, Christopher Nolan.

“Sesuai laporan media sosial, sebuah adegan dalam film tersebut menunjukkan seorang wanita (membuat) seorang pria membacakan 'Bhagwad Geeta' dengan lantang sambil melupakannya dan melakukan hubungan seksual.”

“Dia memegang kitab Bhagwad Geeta di satu tangan, dan tangan lainnya tampaknya menyesuaikan posisi organ reproduksi mereka,” lanjut tweet itu.

"Bhagwad Geeta adalah salah satu kitab suci Hindu yang paling dihormati. Geeta telah menjadi inspirasi bagi sanyasis, brahmachari, dan legenda yang tak terhitung jumlahnya yang menjalani kehidupan pengendalian diri dan melakukan perbuatan mulia tanpa pamrih.”

Mahurkar menambahkan bahwa dia tidak memahami motivasi dan logika di balik adegan yang tidak perlu dalam kehidupan seorang ilmuwan ini dan menganggapnya sebagai serangan langsung terhadap kepercayaan agama dari satu miliar umat Hindu yang toleran.

Adegan itu, komisaris menyimpulkan, "sama saja dengan mengobarkan perang terhadap komunitas Hindu dan tampaknya menjadi bagian dari konspirasi yang lebih besar oleh pasukan anti-Hindu."

Surat yang dikirim oleh Mahurkar menuduh Hollywood lebih peka terhadap penggambaran Al Quran dan Islam dan menginginkan kesopanan yang sama diperluas ke umat Hindu.

Menurut tweet tersebut, pejabat pemerintah telah meminta Nolan untuk "menghapus adegan ini dari film Anda di seluruh dunia," dan menambahkan: "Jika Anda memilih untuk mengabaikan seruan ini, itu akan dianggap sebagai serangan yang disengaja terhadap peradaban India."

"Bhagavad Gita", yang diterjemahkan menjadi "Lagu Tuhan", berisi 700 ayat dan merupakan bagian dari kitab yang lebih besar yang disebut "Mahabharata", yang ditampilkan dalam percakapan antara protagonis buku tersebut, Pangeran Arjuna, dan entitas ilahi yang dikenal dalam agama Hindu sebagai Krishna.

Ini bukan pertama kalinya “Bhagavad Gita” digunakan dengan cara yang tidak pantas.

Pada tahun 1999, baris-baris "untuk melindungi yang bajik, untuk penghancuran kejahatan dan untuk penegakan Dharma yang kokoh, saya lahir dan berinkarnasi di Bumi, dari zaman ke zaman," digunakan dalam film Stanley Kubrick "Eyes Wide Shut" selama adegan pesta seks.

Setelah beberapa protes dari kelompok Hindu, distributor film Warner Brothers sejak itu mengedit baris-barisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya