Disney, Paramount, Warner Bros, hingga Netflix Sumbang Jutaan Dolar untuk Israel

The Walt Disney Company
Sumber :
  • Spectrum News 13 (AP News)

VIVA Showbiz  – Akhir pekan lalu publik dibuat geram dengan pernyataan dari The Walt Disney yang sempat diunggah oleh stand up komedian Soleh Solihun di akun X-nya. Dalam pernyataan resminya yang dirilis Oktober lalu, perusahaan hiburan yang berfokus pada serial anak-anak itu diketahui sempat menyebut serangan yang dilakukan Hamas pada 7 Oktober 2023 lalu sebagai serangan teroris.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Tak sampai di situ saja, melalui pernyataan resminya, CEO The Walt Disney, Robert A. Iger juga mengungkap bahwa pihaknya akan memberikan donasi sebesar US$2 juta atau setara Rp31 Milar yang mana donasi tersebut dibagi menjadi dua. Yakni 1 juta dolar disumbangkan pada Palang Merah Israel sementara US$1 juta lainnya diberikan ke organisasi non profit yang berfokus pada anak-anak di Israel.

Namun ternyata bukan hanya Disney saja. Di waktu yang bersamaan pada Oktober lalu sejumlah platform hiburan kenamaan Hollywood juga melakukan hal serupa. Siapa saja? Berikut ini rangkumannya melansir laman The Wrap. 

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

1. Warner Bros

Warner Bros

Photo :
  • Facebook
Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

CEO Warner Bros Discovery David Zaslav mengatakan dalam sebuah memo kepada stafnya pada hari Selasa bahwa dia sangat terkejut dan sedih dengan kejadian mengerikan di Israel, dan menyebut bahwa kejadian tersebut adalah salah satu yang paling mematikan dalam sejarah Yahudi sejak Holocaust.

Dia menyebut bahwa serangan teroris yang dilakukan Hamas terhadap pria, wanita, anak-anak dan bayi yang tidak bersalah sungguh tidak dapat dibayangkan, menjijikkan dan tidak dapat dimaafkan. Banyak yang kehilangan nyawa dan lainnya disandera dan masih belum ditemukan. 

Dalam akhir memo yang dibuatnya, dia mendorong setiap karyawan yang tertarik untuk mendukung mereka yang terkena dampak konflik untuk melihat daftar mitra bantuan yang telah dikurasi perusahaan yang diuraikan dalam memo terpisah yang dikirim oleh kepala petugas keberagaman, kesetaraan dan inklusi WBD Asif Sadiq dan, jika memenuhi syarat, ambillah keuntungan dari program hadiah pendamping perusahaan di Benevity.

2. Lionstage

Departemen SDM Lionsgate mengeluarkan catatan internal kepada staf pada Oktober lalu, juga mengungkap rasa terkejut dan sedih dengan serangan yang dilakukan Hamas terhadap Israel dan pembunuhan terhadap ratusan pria, wanita dan anak-anak yang tidak bersalah dan ratusan lainnya disandera.

“Bagi Pemimpin Sumber Daya Manusia, ini adalah saat yang tepat untuk menyadari dampak peristiwa terkini terhadap tim Anda. Bagi karyawan yang ingin membantu mereka yang terkena dampak, Lionsgate mengatakan mereka akan memberikan dana sebesar 1.000 dolar per tahun fiskal per karyawan, dengan jumlah donasi minimum 25 dolar. Lionsgate menambahkan bahwa pihaknya telah memberikan sumbangan perusahaannya kepada Komite Yahudi Amerika untuk bantuan kemanusiaan,” tulis memo tersebut 

3. Comcast

CEO Comcast Brian Roberts dan presiden Mike Cavanagh mengirimkan pesan kepada karyawan bahwa induk NBCUniversal merasa ngeri dan sangat sedih dengan serangan brutal terhadap Israel. Comcast telah menjanjikan 2 juta dolar untuk membantu upaya kemanusiaan di Israel dan Timur Tengah. Donasi tersebut akan segera diberikan sebesar 1,5 juta kepada Save the Children Federation Inc., Doctors Without Borders, Direct Relief, dan American Friends of Magen David Adom. Selain itu juga akan mendonasikan hingga 500 ribu dolar untuk dari donasi karyawan ke organisasi selain kontribusi yang sebelumnya diberikan melalui program hadiah pendamping.

4. Paramount Global

Paramount Pictures

Photo :
  • Factofusion

Oktober lalu, Paramount Global mengeluarkan pernyataan publiknya sendiri di media sosial, mengatakan bahwa mereka mengutuk serangan oleh Hamas ke Israel pada 7 Oktober lalu. 

“Kami mendukung rakyat Israel dan komunitas Yahudi global. Kami mendukung semua nyawa tak berdosa yang terkena dampaknya. Kami berdiri bersama anak-anak yang pantas menjadi anak-anak. Kami bersatu melawan semua tindakan teror dan kebencian,” bunyi pernyataan Paramount. 

Untuk membantu, bergabunglah dengan pihak Paramount dalam mendukung organisasi seperti Magen David Adom, UJA-Federation of New York, NATAL, Save the Children.

5. Netflix

Netflix.

Photo :
  • Market Watch

Oktober lalu, Co-CEO Netflix Ted Sarandos dalam konferensi Bloomberg Screentime, Ted Sarandos juga mengungkap secara langsung tragedi tersebut dan menyampaikan simpatinya terhadap mereka yang terkena dampak serangan tersebut.

“Saya selalu diingatkan ketika hal-hal ini terjadi betapa kecilnya dunia ini. Banyak dari kita yang berada di ruangan ini mungkin kehilangan teman dan keluarga [dalam serangan akhir pekan ini],” kata Sarandos. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya