Meski Skor Penilaian Tinggi, The Marvels Jadi Film MCU dengan Penjualan Pembukaan Terendah

The Marvels
Sumber :

VIVA Showbiz – Sejak film Iron Man tahun 2008, film-film Marvel Cinematic Universe telah menjadi salah satu kekuatan yang paling tak terhentikan dalam sejarah box office. Film MCU selalu menduduki peringkat tertinggj. 

Estafet Obor Olimpiade Paris 2024 Dimulai! Dinyalakan dari Tempat Kelahiran di Yunani

Namun kini, aura tak terkalahkan itu mulai menunjukkan tanda-tanda penurunan. 

Film MCU mencapai titik terendah baru dengan peluncuran The Marvels pada akhir pekan, yang dibuka hanya dengan pendapatan sebesar US$47 juta (S$64 juta), menurut perkiraan studio pada hari Minggu. 

Review Film Exhuma, Kisah Horor Dukun di Korea Paling Laris di Bioskop Indonesia

The Marvels.

Photo :
  • Marvel Studios
3 Minggu Rilis, Exhuma Raih Kuntungan Rp903 Miliar, Kalahkan Deretan Film Keren Termasuk Dune 2

Film ke-33 dalam Marvel Cinematic Universe, sekuel dari Captain Marvel yang dibintangi Brie Larson tahun 2019, menghasilkan kurang dari sepertiga dari US$153,4 juta yang diluncurkan pendahulunya sebelum akhirnya menghasilkan US$1,13 miliar di seluruh dunia, melansir laporan Deadline, Senin, 13 November 2023. 

Ini adalah yang terendah dalam sejarah dari 32 franchise film MCU tersebut. 

Prediksi awal menunjukkan bahwa film tersebut akan terjual dengan pendapatan antara $75 juta dan $80 juta di AS, namun angka tersebut menyusut menjadi kisaran antara $60 juta dan $65 juta. 

Secara internasional, The Marvels mengumpulkan $63,3 juta dalam penjualan tiket, menjadikan perolehan globalnya menjadi $110,3 juta.

Meskipun para kritikus tidak begitu antusias terhadap The Marvels, yang memberikan film tersebut skor 62% di Rotten Tomatoes, penonton lebih menerima dengan memberi skor 85%. 

Namun, Disney harus berjuang keras untuk menarik penonton ke bioskop untuk film MCU ke-33, yang mungkin dipahami oleh perusahaan tersebut. CEO Bob Iger telah mengatakan tahun ini bahwa studio tersebut memang akan mengurangi skala film Marvel mereka.

Meskipun hasil ini drastis bagi The Marvels, film ini hadir pada periode penurunan keuntungan bagi franchise tersebut baik secara kritis maupun komersial. 

Ant-Man and the Wasp: Quantumania Phase 5  tidak hanya memiliki skor Rotten Tomatoes terendah dari semua film MCU, tetapi juga mengalami penurunan minggu ke-2 terbesar di box office. Film baru ini juga menampilkan kembalinya Nick Fury dari Samuel L. Jackson setelah muncul di acara Fase 5 Secret Invasion, yang juga merupakan acara Disney+ dengan rating terendah di MCU.

The Marvels

Photo :
  • IG @marvelstudios

Setelah "Avengers: Endgame" pada tahun 2019, yang merangkum alur cerita untuk karakter populer seperti Captain America (Chris Evans) dan Iron Man (Robert Downey Jr.), universe MCU memang berubah dan masuk ke babak baru.

Film untuk karakter baru mulai diperkenalkan, seperti film serial Scarlett Witch, Captain Marvel, Eternals, dan Doctor Strange 2

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya