Payudara Bengkak Usai Melahirkan, Zhang Ziyi Alami Sakit yang Menyiksa

Zhang ZiYi
Sumber :
  • http://zackyliciouss.blogspot.com

VIVA – Pengalaman melahirkan hampir sama bagi sebagian besar wanita, apakah dia orang kaya, masyarakat biasa, hingga seorang bintang terkenal seperti Zhang Ziyi.

Song Joong Ki-Song Hye Kyo Nikah, Artis China Minta Maaf

Aktris China itu belum lama ini melahirkan seorang putra dari suaminya yang seorang penyanyi rock China, Wang Feng. Kini, Zhang dikabarkan mengalami sakit yang tak tertahankan akibat payudaranya yang bengkak.

Menurut laman Healthline, kondisi ini disebabkan oleh peningkatan aliran darah dan suplai susu di payudara. Kondisi ini bisa muncul pada beberapa hari pertama setelah persalinan dan mengakibatkan rasa sakit dan payudara lembek.

Artis Top China Terlibat Perburuan 'Monster' di Hollywood

Jangan sepelekan, dikutip laman Asia One, Zhang Ziyi menggambarkan rasa saitnya sebanding dengan kontraksi dan melahirkan.

Dalam sebuah unggahan di Weibo, aktris berusia 40 tahun itu membagikan pengalamannya kepada para penggemar. Dia berharap ibu-ibu lainnya yang mengalami kondisi serupa bisa mengambil manfaat dari apa yang diceritakannya.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

"Pembengkakan payudara adalah bentuk 'siksaan' yang paling kejam bagi para ibu yang sangat ingin menyusui!" tulis Zhang.

Dia juga mengalami masalah yang sama saat melahirkan putrinya Xing Xing empat tahun lalu dan merasakan sakit yang sangat menyiksa.

Zhang Ziyi berpikir kalau dia bisa menghindarinya jika dia mulai menyusui putranya lebih awal. Sayangnya, pembengkakan mulai terjadi 53 jam setelah ia melahirkan dan payudaranya mengeras seperti batu.

"Bayinya harus menghisap susu atau dipompa. Sakitnya tidak kurang dari kontraksi atau melahirkan," tambahnya.

Karena dia sudah memperkirakan hal seperti ini terjadi, Zhang sudah terlebih dahulu mencari saran dari pakar menyusui yang menyarankannya untuk menggunakan kompres hangat pada dadanya selama 10 menit sebelum menyusui. Dan, kompres air dingin 20-30 menit setelah menyusui.

Ia mengatakan kalau rasa sakitnya akan berkurang setelah 24 jam dan jumlah susu yang diproduksi akan meningkat. Para ibu juga bisa memijat payudara dengan lembut menggunakan kompres hangat dan saat menyusui.

Jika susu tidak mencukupi, Zhang menyarankan agar para ibu memberi tambahan susu formula supaya bayi menerima cukup nutrisi. Para ibu yang mengalami kondisi ini juga harus menghindari makanan yang bisa memperparah gejalanya seperti sup kubis, sup ayam, dan sup lainnya yang dimasak dengan tulang.

"Aku harap pengalamanku bisa membantu ibu-ibu lain yang menghadapi msalah 'payudara batu'. Kalian harus percaya kalau kalian bisa mengatasi ini," lanjut dia.

Zhang Ziyi melahirkan putranya pada 1 Januari lalu dan memberikan kabar bahagia itu melalui akun Weibo pribadinya beberapa hari kemudian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya