Pengisi Suara Asli Karakter Doraemon, Tomita Kosei Meninggal Dunia

Pengisi suara asli kartun Doraemon, Tomita Kosei.
Sumber :
  • The Star

VIVA – Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan Jepang. Tomita Kosei yang merupakan pengisi suara asli tokoh animasi Doraemon, meninggal dunia. Ia diketahui merupakan pengisi suara Doraemon pertama saat kartun itu tayang perdana di TV pada 1973.

Ada Smartwatch Baru Tampil di PRJ, Desain Girly Harga Rp400 Ribu

Dilansir dari The Star, Senin, 5 Oktober 2020, kabar duka tersebut telah dikonfirmasi oleh pihak agensi. Kosei tutup usia 27 September 2020 lalu karena penyakit stroke yang dideritanya. Ia meninggal dunia di usia 84 tahun.

Baca Juga: Nurhasanah, Pengisi Suara Doraemon Meninggal Dunia

5 Manga Ditinggal Mati Penciptanya, Ada Shin Chan Sampai Doraemon

"Tomita Kosei (usia kematian, 84) meninggal dunia pada 27 September di tahun kedua Reiwa (2020) karena stroke," demikin pernyataan di situs agensi.

Kosei diketahui memulai kariernya sebagai seorang pengisi suara pada tahun 1963 dan telah mengisi suara lebih dari 50 serial dan film anime.

Penggemar Berat, Pasangan ini Buat Pelaminan Bertema Doraemon

Doraemon 100 Secret Gadget Expo

Salah satu tugasnya yang paling terkenal adalah mengisi suara tokoh Doraemon pada tahun 1973, ketika anime tersebut mulai ditayangkan. Ia kemudian digantikan oleh Masako Nozawa.

Pada tahun 2009, Tomita Kosei dianugerahi Achievement Award di Seiyu Awards ke-3, sebuah upacara yang diadakan sebagai pengakuan atas bakat akting suara yang diadakan setiap tahun di Jepang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya