Ustaz Zacky Mirza Soal Dorce: Jadi Tanggung Jawab Dia ke Allah SWT

Dorce Gamalama
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

VIVA – Wasiat Dorce Gamalama yang ingin dimakamkan sebagai perempuan menuai kontroversi. Para ulama dan ustaz, mulai dari Gus Miftah, Buya Yahya, Ustaz Abdul Somad (UAS) hingga ketua MUI, Cholis Nafis, turut memberikan nasihat serta pandangannya terkait wasiat Dorce tersebut. 

Pernah Merasa Waktunya Tak Lama Lagi, Ini Wejangan Babe Cabita ke Istri

Dorce Gamalama pun sudah merespons melalui unggahan video di akun Instagram pribadi. Namun, tanggapannya terkesan kurang menerima dengan mengatakan, biarkan keluarganya yang akan mengurus, entah dimakamkan secara perempuan atau laki-laki.

Ustaz Zacky Mirza pun turut menanggapi terkait respons Dorce dan keterlibatan para ulama yang memberikan nasihat. Dia, bersyukur karena masih banyak ulama yang peduli dengan masalah ini. 

Pria di Palembang Tewas Gantung Diri, Ada Surat Wasiat Isinya Begini

"Satu sisi saya melihat Alhamdulillah masalah ini masih begitu banyak dipedulikan oleh para ulama, para kyai, ustaz, oleh para ahli fiqih. Artinya memang kita sesama Muslim harus saling menasihati," kata dia dalam video yang diunggah di Instagram @zackymirza_, dikutip VIVA, Selasa 1 Februari 2022. 

Ustaz Zacky Mirza menjelaskan, ketika memberikan nasihat pada orang lain, maka harus disampaikan dengan penuh hikmah, penuh cinta dan kasih sayang, dengan niat baik, dengan kata-kata yang bijak dan lembut, seperti yang diterangkan dalam surat An-Nahl ayat 125.

Geger Kucing Dapat Warisan Puluhan Miliar, Netizen: Enak Banget Jadi Anabul

Ustaz Zacky Mirza.

Photo :
  • Instagram @zackymirza_

"Nah, semua itu saya rasa sudah disampaikan oleh para kyai, para ustaz, bagaimana kajian fiqih, bagaimana ilmu fiqih memandang yang diwasiatkan (Dorce). Semua memberikan pandangan dalam hukum fiqih, dan semua ulama sepakat seorang Muslim ketika meninggal maka prosesinya harus dikembalikan kepada kodrat aslinya," ujarnya. 

Lebih lanjut pendakwah itu menyampaikan, ketika nasihat sudah disampaikan dengan penuh kelembutan, kasih sayang, tinggal semua kembali pada yang bersangkutan.

"Dengan umur yang sudah sekian, kehidupan sudah beliau alami, jadi menurut saya pribadi pada akhirnya biarkan beliau yang mengambil kesimpulannya. Beliau yang mengambil kategori hukumnya seperti apa, kita hanya bisa mendoakan saja," tuturnya. 

"Mudah-mudahan apa pun yang beliau pahami, apa pun yang beliau mengerti dari sisi hukum yang sudah kita sampaikan, biar itu menjadi tanggung jawab beliau pribadi di mata Allah SWT. Karena Allah itu pasti zat yang Maha Tahu atas segala apa yang dilakukan, diputuskan oleh hamba-hambanya," tambah dia. 

Ustaz Zacky Mirza pun turut mendoakan Dorce Gamalama agar senantiasa sehat dan panjang umur. 

"Kita doakan mudah-mudahan beliau sehat, panjang umur, bisa menanggapinya dengan kebijakan juga apa yang sudah dinasihati para ulama dan ahli fiqih," imbuh Ustaz Zacky Mirza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya