Ceramah KDRT Viral, Ini Penjelasan Oki Setiana Dewi

Oki Setiana Dewi
Sumber :
  • VIVA/Putri Nur Ifdah

VIVA – Oki Setiana Dewi mengklarifikasi video ceramahnya yang viral dikaitkan dengan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Dijelaskan kakak Ria Ricis itu, tak ada maksud untuknya membenarkan KDRT dan isi ceramahanya berbanding terbalik dengan hal itu.

Willie Salim Klarifikasi Permasalahan dengan Bobon Santoso, Sudah Saling Memaafkan?

Dalam unggahan terbarunya, Oki Setiana Dewi membagikan video yang menunjukkan ceramah miliknya dengan versi lebih lengkap. Menurutnya, video ceramahnya yang beredar dan viral kemarin, hanya potongan singkat sehingga isinya tak lengkap.

"Terimakasih atas perhatian dan kasih sayangnya. Tentu saya sangat menolak kekerasan dalam rumah tangga. Mohon maaf lahir batin atas kesalahan dalam menyampaikan dan semoga Allah mengampuni saya dalam setiap kesalahan-kesalahan saya," tulisnya seraya mengunggah video miliknya.

Eks Kepala Bea Cukai Purwakarta Penuhi Panggilan KPK, Klarifikasi Harta Kekayaan Janggal

Tertulis bahwa video ceramah itu tepatnya dua tahun lalu di sebuah mesjid di Magelang. Oki Setiana Dewi awalnya membicarakan mengenai derajat perempuan yang dimuliakan dengan dipermudah Allah SWT masuk surga dari pintu manapun.

"Ketahuilah bahwa perempuan-perempuan punya jalan tol untuk bisa masuk surga dengan syarat 4, kata rasulullah. Pertama, wahai wanita para istri engkau bisa masuk surga dari pintu mana saja yang engkau kehendaki asalkan pertama shalat 5 waktu, shalat yang wajib engkau kerjakan. Rasul tidak bilang harus kerjakan yang sunnah, rasul hanya bilang kerjakan shalat 5 waktu yang wajib," jelas Oki saat membuka ceramahnya.

Eks Kepala Bea Cukai Purwakarta Dipanggil KPK Pekan Depan, Klarifikasi Harta Kekayaan

"Puasa di bulan suci Ramadhan, taat patuh pada suami dan engkau menjaga kesetiaan menjaga harga dirimu. Dengan begitu engkau bisa masuk surga dari pintu mana saja yang engkau kehendaki," sambung Oki.

Selanjutnya, potongan video menunjukkan ketika Oki menyampaikan alasan perempuan bisa masuk neraka. Salah satunya lantaran kerap melihat kesalahan suami dan mengungkit-ungkitnya terus menerus.

"Kata Rasulullah banyak perempuan yang masuk neraka karena mereka ketika melihat suaminya buat salah, satu aja, perempuannya mengatakan, suamiku aku tidak pernah melihat kebaikan apapun dalam dirimu, semuanya buruk dan diungkit-ungkit semua kesalahan yang lalu. Perempuan kadang suka berantem masalah yang A tapi diungkit semuanya yang kemarin. Suami buat salah satu, hilang semua kebaikannya," imbuh Oki.

"Itulah kata rasul banyak perempuan masuk neraka karena apa, suami cuma punya 1 salah tapi seakan kesalahannya semua," sambung Oki.

Pelajaran lainnya dari ceramah yang disampaikan Oki Setiana Dewi adalah mengenai pelajaran pra nikah. Hal itu termasuk untuk selalu berbaik sangka pada suami sehingga perempuan terbebas dari dosa dan rumah tangganya bisa dibina dengan baik.

"Jangan cari-cari kesalahan dan jangan menggunjing. Orang seperti ini adalah yang sepertu memakan bangkai saudaranya sendiri. Suuzon, terus menggunjing. Maka ada kalimat di alquran, jaga aib, mereka istrimu adalah pakaian bagimu dan suami adalah pakaian bagi istri. Pakaian itu fungsinya harus menjaga baik," jelas Oki.

Untuk itu, ruamh tangga yang baik adalah yang mana di dalamnya terdapat saling mendukung dan komunikasi yang baik. Serta, bukan berburuk sangka pada suami dan menumpahkan segara prasangka buruk pada orang lain atau media sosial melainkan kepada Allah SWT.

"Di sepertiga malam menangis ke Allah. Gitu bu harusnya. Ini curhatnya ke orang lain atau media sosial," tegas Oki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya