Luna Maya Ungkap Proses Pembekuan Sel Telurnya ke Raffi dan Nagita

Luna Maya
Sumber :
  • IG @lunamaya

VIVA – Luna Maya sempat menjadi sorotan publik setelah pengakuannya yang melakukan pembekuan sel (egg freezing). Pembekuan sel telur atau freeze egg yang dilakukan Luna Maya  merupakan salah satu cara untuk menjaga kesuburan seorang wanita agar ia dapat berusaha untuk memiliki keluarga di kemudian hari. Diungkap Luna Maya pembekuan sel telurnya ini sudah diinginkannya sejak lama.

Bongkar Artis yang Mesraan Sama Andrew Andika di Klub, Tengku Dewi: Katanya Khilaf karena Mabok

"Kenapa? Ga kenapa-kenapa kalau ditanya udah pengen udah pengen lama udah dari 30-an," kata Luna Maya dikutip dari tayangan RANS Entertainment, Sabtu 5 Februari 2022.

Dijelaskan oleh Luna Maya pembekuan sel telur yang dilakukannya baru-baru ini merupakan salah satu bentuk persiapannya agar dia bisa memiliki keturunan meski sudah berusia tidak muda lagi. Mengingat peluang seorang wanita untuk hamil secara alami menurun seiring bertambahnya usia karena kualitas dan jumlah sel telurnya menurun.

Respons Mpok Alpa Saat Raffi Ahmad Siap Tanggung Biaya Persalinannya

Pembekuan sel telur dapat menjadi upaya untuk menjaga kesuburan dengan cara membekukan sel telur saat wanita masih muda dan sel telur dalam kualitas terbaik.

"Ada hubungannya sama umur semakin tua menstruasi membuat sel telur semakin sedikit. Jadi ini sebenarnya jaga-jaga sih, diambil yang masih bagus dicek oke nih disimpan sampai siap dibuahi. Jadi kalau misalkan besok nikah, misalkan berhubungan secara normal bisa nih yau dah enggak perlu diambil juga telurnya. Tapi ternyata kalau misalkan kok ga dapet-dapet susah susah ternyata di cek telurnya enggak bagus nih yang bagusnya ada di bank nih," kata Luna Maya.

Kisah Ilmuwan Prancis yang Masuk Islam Karena Meneliti Jasad Firaun

Luna Maya juga mengungkapkan bahwa pembekuan sel telur yang dilakukannya ini bukan mengarah ke arah negatif atau membentur culutre di Indonesia. Dia juga mengungkap bahwa pembekuan sel telur ini sama seperti program IVF.

"Freeze egg ga ada arah yang negatif konotasi apa-apa tidak membentur culture ini hanya satu teknologi persiapan yang mana kalau misalnya nanti punya anak sistemnya kayak IVF jadi misalnya telur diambil dimasukkan sperma pasangannya yang nanti pasangan suami baru bisa di IVF," ujarnya.

Luna Maya menjelaskan beberapa prosedur yang harus dijalaninya saat melakukan pembekuan sel telur. Mulai dari pemeriksaan darah lengkap hingga pemeriksaan HIV.

Luna Maya

Photo :
  • Ist

"Prosesnya harus cek darah lengkap, cek darah, cek hormon, sampai HIV semua harus dicek, terus kita dikasih 10 hari suntikan hormon di perut supaya yang diambil telur yang bagus matang," kata Luna Maya.

Dari proses pembekuan sel telur yang dijalaninya pertama kali diungkap bahwa ada 15 sel telur miliknya yang menurut dokter masih baik dan bisa disimpan.

"Dokter bilang minimal 20 jadi sarankan dua kali oku. Kemarin dapat 15 sebenarnya 18 sekali oku. kata dokter untuk seusia kamu banyak. ya udah dia bilang sekali lagi minimal 20 secure kemarin 3 jelek sisa 15 yang bagus," tutur Luna Maya.

Di sisi lain, Luna Maya juga mengungkap efek dari prosedur pembekuan sel telur yang dialaminya. Salah satunya adalah mood swing hingga penambahan berat badan hingga 3kg.

"Badan jadi bengkak, terus mood swing. aku ngerasa waktu itu badan pas nimbang kayak gendut aja. tetap aja berasa berat, pas nimbang naik 3 kg," ujar Luna Maya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya