Fakta Vokalis Nirvana Kurt Cobain, Ikon LGBTQ Hingga Pecinta Keluarga

Vokalis Nirvana Kurt Cobain
Sumber :
  • VIVA/billboard.com

VIVA – Kurt Cobain lahir pada 20 Februari 1967, dan ia akhirnya menjadi salah satu musisi grunge paling berpengaruh di Amerika Serikat. Penyanyi ini terkenal sebagai vokalis Nirvana, sebelum ia meninggal pada April 1994, dalam usia 27 tahun. 

Gitar Kurt Cobain di Video Smells Like Teen Spirit Dilelang Rp73,2 M

Di momen ulang tahunnya, kisah kehidupan Kurt Cobain kembali jadi sorotan. Legenda rock ini memiliki kisah kehidupan yang menarik. Berikut beberapa fakta yang tidak banyak diketahui tentang dia dikutip laman Bhpioneer.

Pengaruh Kurt Cobain
Kurt Cobain hanya merilis tiga album studio dengan Nirvana, 'Bleach', 'In Utero' dan 'Nevermind', dari tahun 1989 hingga 1993. Namun, ia mencapai ketenaran dan kesuksesan besar, dengan banyak lagunya di-cover oleh beberapa artis, termasuk Tori Amos dan Sinead O'Connor.

Kisah Mualaf Yati Surachman hingga Keluarga Rony Dozer Disomasi

Kurt Cobain dan gitarnya

Kurt Donald Cobain.

Photo :
  • U-Report

Nirvana Digugat Model Bayi Telanjang di Cover Album Nevermind

Kurt Cobain punya kebiasaan unik, dia biasa memainkan gitarnya dengan tangan kiri meskipun ia tidak kidal. Alasan mengapa dia melakukan itu masih menjadi misteri, tetapi itu pasti membuat beberapa orang bertanya-tanya selama bertahun-tahun.

Kurt Cobain dan Dave Grohl

Bagian penting dari band Kurt Cobain, tidak diragukan lagi, adalah drummer Dave Grohl. Tapi tahukah Anda bahwa Kurt pernah berpikir untuk menyingkirkannya? Dalam sebuah wawancara dengan Vulture, Grohl sendiri mengungkapkan bahwa dia pernah mendengar Kurt berkata "kita membutuhkan seorang drummer yang lebih sederhana".

Kurt Cobain dan bioskop

Kurt Cobain menyukai film! Dalam obrolan untuk CD 'Nirvana - It's An Interview', ia bahkan mengungkapkan film favoritnya. Musisi ikonik itu mengaku mencintai 'Paris, Texas', 'Over the Edge', dan 1954 klasik Alfred Hitchcock 'Rear Window'.

Kurt Cobain dan putrinya Frances

Pada tahun 1992, putri Kurt Cobain dan Courtney Love, Frances Bean Cobain, lahir di Los Angeles, California. Saat ini, dia adalah bintang terkenal dan penggemar percaya dia terlihat persis seperti Kurt. 

Keluarga Kurt Cobain

Kurt Cobain tewas mengenaskan

Photo :
  • gulfnews.com

Kurt Cobain adalah salah satu musisi paling terkenal sepanjang masa. Tetapi sementara banyak bintang musik berasal dari keluarga dengan latar belakang bisnis pertunjukan, penyanyi utama Nirvana tidak memiliki keunggulan itu. Padahal, ibunya Wendy Elizabeth dulu bekerja sebagai pramusaji, sedangkan ayahnya Donald adalah seorang mekanik.

Kurt Cobain dan komunitas LGBTQ

Kurt Cobain adalah pembela hak asasi manusia sejati dan dia menunjukkannya melalui musiknya. Misalnya, catatan liner dari album 'In Utero'-nya berbunyi: "Jika Anda as*xist, rasis, homophobe atau pada dasarnya seorang a, jangan beli CD ini. Saya tidak peduli jika kamu menyukaiku, aku membencimu." Juga, dalam wawancara 1993 dengan Advokat, dia menggambarkan dirinya sebagai "gay in spirit".

Kurt Cobain dan para penggemarnya

Salah satu momen paling berkesan Kurt Cobain di atas panggung terjadi pada tahun 1993, selama konser Oakland. Setelah memperhatikan bahwa seorang pria tampaknya meraba-raba seorang gadis di antara penonton, ikon grunge ini menghentikan penampilannya, melemparkan gitarnya ke tanah dan menghadapnya.

Kepergian Kurt Cobain

Sayangnya, Kurt Cobain meninggal pada tahun 1994. Mayatnya ditemukan di rumahnya di Lake Washington, Seattle. Pihak berwenang memutuskan bahwa dia mengakhiri hidupnya sendiri dan jejak zat misterius ditemukan di tubuhnya. Jenazahnya dikremasi dan abunya disebar ke Sungai Wishkah di Washington.

Kurt Cobain dan Courtney Love

Kurt Cobain meninggalkan Courtney Love dan putri mereka Frances. Kehidupan dan karirnya telah digambarkan dalam banyak proyek film dan TV, seperti 'Kurt & Courtney' dan 'Soaked in Bleach'. Kurt akan selalu dikenang oleh para penggemar musik, dan warisannya akan terus berlanjut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya