5 Artis yang Terseret Kasus Doni Salmanan, No 3 Karena Iseng

Rizky Billar dan Lesti Kejora
Sumber :
  • IG @lestykejora

VIVA – Baru-baru ini Doni Salmanan telah resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim Polri dalam kasus platform Quotex. Pria yang tadinya disebut-sebut sebagai Crazy Rich Bandung tersebut disangkakan pasal berlapis. Doni Salmanan dijerat Pasal 45 Ayat 1 Jo Pasal 28 Ayat 1 UU ITE, dengan ancaman pidana 6 tahun penjara; Pasal 378 KUHP, dengan ancaman pidana 4 tahun penjara; dan Pasal 3 UU Nomor 8 Tahun 2010, tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), dengan ancaman pidana 20 tahun penjara.

Keuangan Fredy Pratama Menipis, Istrinya Kena Kasus Pencucian Uang di Thailand

Sebelum terjerat kasus penipuan dan pencucian uang, Doni Salmanan memang dikenal sebagai Crazy Rich Bandung atau Sultan Soreang karena kekayaannya mulai dari koleksi motor dan mobil mewah hingga suka membagi-bagikan uang kepada para pengikutnya hingga sederet artis Tanah Air. Lantas, siapa saja artis tersebut? Berikut ini deretan artis yang terseret kasus Doni Salmanan. 

1. Rizky Billar dan Lesti Kejora

Cuma Ini Mobil Teuku Ryan Setelah Ditinggal Ria Ricis Sebagai ‘Gudang Uangnya’

Rizky Billar dan Lesti Kejora

Photo :
  • IG @rizkybillar

Rizky Billar dan Lesti Kejora menjadi salah satu pasangan artis yang disebut-sebut telah menerima aliran dana dari Doni Salmanan. Keduanya diketahui menerima amplop tebal yang diyakini berisi jumlah uang yang besar meskipun tidak diketahui dengan pasti berapa isinya. Amplop tersebut diberikan Doni Salman saat keduanya menikah. 

Harta Berjalan Betrand Peto Setelah Jadi Anak Ruben Onsu dan Sarwendah

2. Rizky Febian

Rizky Febian

Photo :
  • Instagram @rizkyfbian

Artis lain yang juga ikut terseret kasus Doni Salmanan adalah penyanyi Rizky Febian. Racikan minuman dari Rizky diketahui pernah ditawar oleh Doni Salmanan dengan harga yang sangat fantastis. Racikan minumannya ditawar oleh yang disebut Crazy Rich Bandung tersebut hingga menyentuh angka Rp400 juta.

3. Reza Arap

Reza Arap.

Photo :
  • instagram @ybrap

Reza Arap yang tidak mau menyebut dirinya sebagai artis ini juga pernah diberikan uang saweran dengan nominal fantastis oleh Doni Salmanan. Pada saat itu Reza Arap yang hanya sedang melakukan live streaming game Ragnarok di kanal YouTube-nya tiba-tiba saja disawer sebanyak Rp1 miliar oleh Doni. Reza juga sempat mengunggahnya di Instagram Stories. Bahkan Doni sendiri mengaku bahwa sawerannya itu hanyalah iseng dan kegabutannya saja. 

4. Arief Muhammad

Arief Muhammad.

Photo :
  • Instagram @ariefmuhammad

Satu lagi nama yang terseret ke dalam kasus penipuan dan pencucian uang Doni Salmanan yakni Arief Muhammad yang cukup dikenal di ranah media sosial. Dirinya ikut terseret karena diketahui Doni Salmanan pernah membeli mobil Porsche miliknya seharga Rp4 miliar yang berarti diduga Doni membelinya dengan uang hasil pencucian uang. Seperti yang diketahui bahwa Arief Muhammad memang kerap menjual belikan mobilnya di Instagram hingga akhirnya Doni Salmanan tertarik untuk membelinya.

5. Alffy Rev

Alffy Rev

Photo :
  • Instagram @alffy_rev

Aliran dana milik Doni Salman juga diduga pernah digunakan untuk proyek video HUT RI pada tahun 2021 lalu yang berjudul Wonderland Indonesia. Pada saat itu Doni Salmanan menjadi sponsor dan produser eksekutif dari proyek video garapan Alffy Rev tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya