Kasus Penggelapan Pajak, Aktor Deng Lung Jadi Trending Topik

Deng Lung
Sumber :
  • Global Times

VIVA – Salah satu aktor paling populer di China, Deng Lung yang dikenal melalui drama yang berjudul Ashes of Love tengah menjadi perbincangan hangat. Aktor berusia 30 tahun itu dikabarkan melakukan penggelapan pajak yang mencapai ratusan juta yuan.

Sri Mulyani Buka Suara soal Harga Sepatu Rp 10 Juta Kena Pajak Rp 31 Juta

Berdasarkan data dari otoritas pajak Shanghai pada Selasa 15 Maret 2022, Deng Lun didenda atas kasus penggelapan pajak senilai 106 juta yuan atau setara Rp238 miliar. Kasus penggelapan pajak yang dilakukan oleh Deng Lun pertama kali terbongkar melalui analisis big data perpajakan Shanghai.

Kasus penggelapan pajak yang melilitnya itu membuat Deng Lung mengungkapkan permintaan maaf kepada lebih dari 40 juta pengikutnya di Weibo. Dalam unggahannya, Deng Lun meminta maaf atas perbuatannya dan berjanji untuk bertanggung jawab.

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

"Saya telah merenungkan diri saya secara mendalam. Saya bersedia memikul semua tanggung jawab dan konsekuensinya," katanya dikutip dari laman Global Times.

Integrasi Data Perpajakan. Ilustrasi: flydata.com

Photo :
  • vstory
Pemerintah Sudah Kantongi Rp 112 Miliar Pajak Transaksi Kripto pada 2024

Akun pribadi Deng Lung di Weibo dan Douyin, platform video pendek China, bersama dengan akun studionya, kemudian ditangguhkan setelah kasus ini.

Di sisi lain, otoritas pajak Shanghai mengatakan dalam sebuah laporan, pihak berwenang telah mengingatkan dan mendesak Deng Lung selama penyelidikan tetapi pekerjaan perbaikan masih belum menyeluruh. Pihak berwenang kemudian meluncurkan pemeriksaan pajak yang komprehensif dan mendalam ke dalam kasus ini.

Deng Lun menghindari pajak penghasilan pribadi sebesar 47,66 juta yuan atau Rp107 miliar dan pajak penghasilan pribadi yang kurang dibayar sebesar 13,99 juta yuan atau Rp31 miliar antara 2019 dan 2020 dengan membuat pernyataan palsu, kata laporan itu.

Laporan itu mengatakan Deng Lung secara aktif bekerja sama dengan inspeksi dan mengambil inisiatif untuk membayar kembali pajak 44,55 juta yuan atau Rp100 miliar, sambil secara aktif melaporkan tindakan ilegal terkait pajak lainnya yang belum ditemukan

pajak

Photo :
  • U-Report
.

Akhirnya, total 106 juta yuan atau Rp238 miliar pajak, biaya keterlambatan dan denda akhirnya dikenakan pada Deng Lun.

Berita terkait penggelapan pajak yang dilakukan Deng Lun itu  menjadi topik paling trending di Weibo dalam waktu 30 menit setelah laporan tersebut diterbitkan. Kabar tersebut kemudian membuat sejumlah brand mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri kerjasama mereka dengan Deng Lun.

Sementara itu, otoritas pajak mengatakan akan terus memperkuat peraturan pajak di industri hiburan dan melakukan penyelidikan bersama terhadap perusahaan pialang, pialang, dan perantara yang membantu mereka dalam penghindaran pajak.

Kasus penggelapan pajak di kalangan artis China yang menimpa Deng Lun bukan pertama kalinya. Pada Desember 2021, streamer top China Huang Wei, juga dikenal sebagai Viya, didenda 1,34 miliar yuan karena menghindari pajak. Pada Agustus 2021, aktris Tiongkok Zheng Shuang diperintahkan untuk membayar denda, pajak, sebesar 299 juta yuan karena penghindaran pajak. Pada Oktober 2018, aktris Tiongkok Fan Bingbing diperintahkan untuk membayar pajak dan denda lebih dari 800 juta yuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya