Profil Troy Kotsur, Aktor Pria Tunarungu Pertama yang Raih Piala Oscar

Troy Kotsur
Sumber :
  • Twitter @TroyKotsur

VIVA – Troy Kotsur kini tengah ramai diperbincangkan. Hal tersebut lantaran Troy Kotsur merupakan aktor pria tunarungu pertama yang raih piala Oscar.Troy Kotsur meraih penghargaan sebagai Pemeran Pendukung Terbaik pada ajang Oscar 2022. Siapakah sosok Troy Kotsur ini? Simak ulasan profilnya berikut ini, dikutip dari biography.

Rowoon Ungkap Alasan Keluar dari SF9 dan Fokus di Akting Sebagai Aktor

Siapakah Troy Kotsur?

Troy Kotsur

Photo :
  • Twitter @TroyKotsur
Kim Soo Hyun Jalani Pelatihan Tentara Cadangan Jelang Episode Terakhir Queen of Tears

Troy Kotsur merupakan aktor pria tunarungu pertama, dan aktor tunarungu kedua, yang menerima nominasi Oscar. Ia pun meraih penghargaan itu di Academy Award sebagai Aktor Pendukung Terbaik untuk peran terobosannya dalam film CODA (2021). 

Kotsur juga merupakan aktor tunarungu pertama yang menang dan dinominasikan untuk Penghargaan SAG dalam kategori akting individu. Sebelum perannya di CODA, Kotsur muncul di serial TV seperti Criminal Minds dan berakting dalam banyak produksi teater, termasuk adaptasi Bahasa Isyarat Amerika dari Big River: The Adventures Of Huckleberry Finn di Broadway. 

Cerita Herjunot Ali yang Sudah 20 Tahun Jadi DJ

Kehidupan Awal dan Pendidikan

Troy Kotsur

Photo :
  • Twitter @TroyKotsur

Troy Kotsur lahir dari pasangan Jodee dan Len Kotsur di Mesa, Arizona, pada 24 Juli 1968. Ibu Kotsur menyadari bahwa dia tuli ketika dia berusia 9 bulan. Orang tua dan saudara laki-lakinya belajar ASL untuk berkomunikasi dengannya.

Tumbuh di Mesa, Kotsur bermain basket dan menonton episode Tom and Jerry karena mereka tidak mengandalkan bahasa verbal. Ketika dia berusia 8 tahun, dia jatuh cinta dengan Star Wars dan visual storytelling-nya. Film tersebut memicu keinginan awal dalam diri Kotsur untuk menjadi seorang aktor.

Kotsur bersekolah di Phoenix Day School for the Deaf sebelum pindah ke Westwood High selama dua tahun terakhir sekolah menengahnya. Di Westwood, ia menampilkan sandiwara pantomim yang mendapat tepuk tangan meriah dan memperkuat keyakinannya bahwa akting akan menjadi kariernya.

Pada tahun 1987, Kotsur mulai kuliah di Universitas Gallaudet Washington, D.C., sebuah perguruan tinggi untuk tunarungu dan gangguan pendengaran. Dia belajar teater tetapi pergi sebelum lulus untuk mengejar akting.

Karir akting

Pada tahun 1994, Kotsur pindah ke Los Angeles, di mana ia menemukan lebih banyak peluang di atas panggung daripada di film dan TV. Dia menghabiskan dua tahun dengan National Theatre of the Deaf dan tampil di lebih dari 20 produksi Deaf West Theatre.

Perusahaan teater yang berbasis di Los Angeles ini menampilkan Kotsur dalam drama seperti Of Mice and Men, Cyrano, Spring Awakening, True West, dan A Streetcar Named Desire. Di Streetcar, Kotsur memerankan Stanley Kowalski dan memilih untuk menggunakan suaranya untuk meneriakkan kalimat ikonik acara itu, "Stella!"

Pada tahun 2003, Kotsur membintangi Broadway dalam produksi ASL dari Big River: The Adventures Of Huckleberry Finn. Dia memerankan ayah pemabuk Huckleberry Finn, Pap, bersama aktor pendengaran.

Kotsur muncul di TV dalam episode Criminal Minds, Scrubs dan CSI: New York; dan dalam film independen seperti Wild Prairie Rose. Dia menyutradarai No Ordinary Hero: the SuperDeafy Movie dan drama anak-anak di Deaf West Theatre. Penyutradaraan adalah pilihan karir awal untuk Kotsur, tetapi dia merasa Hollywood akan lebih tidak menerima sutradara tunarungu dan lebih fokus pada pertunjukan.

Selain itu, Kotsur berperan sebagai Tusken Raider dalam episode 2019 The Mandalorian. Kotsur, yang datang dengan bahasa isyaratnya sendiri untuk peran tersebut, adalah aktor tunarungu pertama yang muncul dalam produksi Star Wars.

Meskipun Kotsur secara teratur menemukan pekerjaan sebagai aktor, itu bukan jalur karier yang mudah baginya. Dia sering ditolak untuk peran. "Saya benar-benar berjuang," katanya dalam wawancara tahun 2022. "Saya akan mengambil pekerjaan apa pun yang saya bisa, tidak peduli apakah itu kecil atau besar."

Peran Terobosan dalam 'CODA'

Troy Kotsur

Photo :
  • .hollywoodreporter.com

Dalam CODA (2021), Kotsur memerankan nelayan Frank Rossi, seorang tunarungu yang tidak mengerti mengapa putrinya yang bisa mendengar, yang menerjemahkan dunia pendengaran untuknya, ingin bernyanyi. Judul film tersebut adalah singkatan dari Children of Deaf Adults, sebuah referensi untuk mendengar anak-anak yang tumbuh di rumah tangga di mana ASL adalah bahasa utama.

Produser CODA ingin menyewa aktor pendengaran yang terkenal sampai sutradara berbagi audisi Kotsur. Kotsur senang bahwa film tersebut memungkinkan dia untuk bekerja dengan aktor tunarungu lainnya. Dia berbagi layar dengan Daniel Durant, yang berperan sebagai putranya, dan Marlee Matlin, yang berperan sebagai istrinya. Emilia Jones memerankan putri pendengaran karakternya.

CODA memberi Kotsur kesempatan untuk berakting dengan Marlee Matlin, yang dia pandang sebagai mentor. Melihat Matlin memenangkan Oscar pada tahun 1987 untuk Aktris Terbaik dalam film debutnya "Children of a Lesser God" membantu mendorong Kotsur untuk mengejar karir aktingnya sendiri. (Matlin adalah pemain tunarungu pertama yang dinominasikan dan memenangkan Academy Award.) Keduanya pertama kali berkenalan saat Matlin menghadiri beberapa produksi Teater Barat Tuli Kotsur.

Saat membuat CODA, Kotsur mengenal komunitas nelayan dan rutinitas sehari-hari karakternya dan menyesuaikan bahasa isyaratnya dengan nelayan yang memakai sarung tangan tebal. Setelah produksi selesai, butuh berbulan-bulan sebelum dia bersedia mencukur jenggot lebat yang dia tumbuhkan untuk peran itu karena dia masih merasa terikat dengan karakter itu.

Sejak CODA dirilis, Kotsur telah dipuji atas penampilannya. Dia menjadi aktor tunarungu pertama yang menerima nominasi individu untuk Penghargaan SAG, kemudian memenangkan penghargaan untuk penampilan luar biasa oleh aktor pria dalam peran pendukung. (Sebuah video Kotsur jatuh dari kursi setelah mengetahui bahwa dia telah dinominasikan untuk BAFTA menjadi viral secara online tak lama setelah pengumuman tersebut.). Dia juga menerima nominasi Academy Award untuk Aktor Pendukung Terbaik.

Kotsur saat ini sedang mengerjakan Flash Before the Bang, sebuah film tentang tim atlet tunarungu di Oregon School for the Deaf yang memenangkan kejuaraan negara bagian pada tahun 1986. Film tersebut akan menampilkan beberapa aktor tunarungu.

Keluarga Troy Kotsur

Kotsur bertemu Deanne Bray, seorang aktris tunarungu, saat tampil dengan Teater Nasional Tuna Rungu pada 1993. Mereka kemudian bekerja sama dalam produksi panggung yang berbeda. Pasangan ini pada awalnya berteman tetapi menjadi terlibat asmara pada tahun 1997. Kotsur dan Bray menikah pada tahun 2001. Bray membintangi serial TV Sue Thomas: F.B.Eye di mana Kotsur memiliki peran berulang.

Kotsur dan Bray memiliki satu putri, Kyra, yang dapat mendengar dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan ASL. Sama seperti di CODA, Kyra adalah seorang musisi. Kotsur mengatakan dia menyentuh piano dan gitar saat dia bermain untuk merasakan getaran musiknya, interaksi yang mirip dengan yang dia bagikan dengan putrinya di layar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya