Didiagnosis Kanker di Usia 84 Tahun, Jane Fonda: Saya Beruntung

Jane Fonda didiagnosis dengan terkena penyakit kanker
Sumber :
  • IG @janefonda

VIVA Showbiz – Jane Fonda didiagnosis dengan terkena penyakit kanker dan kini sedang menjalani kemo, bahkan merasa dirinya sangat beruntung. Hal itu diungkapnya di laman Instagram Pemenang Academy Award tersebut yang mengaku mengidap kanker jenis limfoma non-Hodgkin.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

"Jadi, teman-teman terkasih, saya memiliki sesuatu yang pribadi yang ingin saya bagikan. Saya telah didiagnosis dengan limfoma non-Hodgkin dan telah memulai perawatan kemo," Fonda memulai dalam postingannya, dikutip dari People.

"Ini adalah kanker yang sangat bisa diobati. 80% orang bertahan hidup, jadi saya merasa sangat beruntung," sambung dia.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Dia menjelaskan bahwa dia telah menjalani kemo selama enam bulan, dan menangani perawatan dengan cukup baik. Jane menambahkan bahwa dia tidak akan membiarkan semua terapi mengganggu aktivitasnya.

Jane Fonda

Photo :
  • showbizspy
Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

"Kanker adalah guru dan saya memperhatikan pelajaran yang diberikannya untuk saya. Satu hal yang sudah ditunjukkan kepada saya adalah pentingnya komunitas,” lanjutnya.

“Menumbuhkan dan memperdalam komunitas sehingga kita tidak sendirian. Dan kanker, bersama dengan usia saya --hampir 85-- jelas mengajarkan pentingnya beradaptasi dengan kenyataan baru," tambah Fonda.

Fonda juga mengakui bahwa dia seolah punya hak istimewa karena mampu membayar perawatan kesehatan berkualitas ketika banyak orang lain tidak mampu.

Sambil menggunakan diagnosisnya sebagai ajakan bertindak selama waktu paling penting dalam sejarah manusia.

Jane Fonda

Photo :
  • Instagram Jane Fonda

"Saya tidak akan membiarkan kanker menghalangi saya melakukan semua yang saya bisa," tulisnya.

"Menggunakan setiap alat di kotak alat saya dan itu termasuk terus membangun komunitas Jumat Latihan Kebakaran ini dan menemukan cara baru untuk menggunakan kekuatan kolektif kita untuk membuat perubahan," lanjutnya.

"Ujian tengah semester semakin dekat, dan itu di luar konsekuensi sehingga Anda dapat mengandalkan saya untuk berada di sana bersama Anda saat kita menumbuhkan pasukan juara iklim kita," Fonda menyimpulkan.

Bintang Grace dan Frankie sebelumnya membahas tentang menghadapi kematiannya sendiri selama wawancara di CBS Sunday Morning.

"Saya sangat sadar bahwa saya lebih dekat dengan kematian. Dan itu tidak terlalu mengganggu saya," katanya pada bulan April.

"Yang mengganggu saya adalah tubuh saya, Anda tahu pada dasarnya bukan milik saya!” ungkap Fonda.

“Lutut saya bukan milik saya, pinggul saya bukan milik saya, bahu saya bukan milik saya. Anda melihat seseorang yang hanya saya dari sini," ujarnya.

"Faktanya adalah jika Anda masih hidup dan relatif sehat di usia yang lebih tua — maksud saya, saya hampir berusia 85 tahun. Fakta bahwa saya masih hidup dan bekerja, wow, siapa yang peduli jika saya tidak memiliki persendian lama?” jelas Fonda.

“Dan saya tidak bisa bermain ski atau bersepeda atau berlari lagi? Anda tahu, Anda bisa sangat tua di usia 60, dan Anda bisa sangat muda di usia 85. Kesehatan!" tambah Fonda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya