Kerja 14 Jam Sehari Tanpa Istirahat, Pendiri Amazon Jeff Bezos Digugat Mantan ART

Jeff Bezos.
Sumber :
  • Financial Times

VIVA Showbiz – Seorang mantan pengurus rumah tangga pendiri Amazon Jeff Bezos, menuduh jika dirinya dan karyawan lainnya dipaksa bekerja dalam kondisi yang tidak aman dan tidak sehat, termasuk di mana mereka harus memanjat keluar dari jendela ruang cuci untuk mengakses kamar mandi.

Dewas KPK Santai Jika Gugatan Ghufron ke PTUN Dikabulkan: Gak Apa-apa, Itu Berlaku ke Depan

Mercedes Wedaa menggugat Bezos dan dua perusahaan yang diduga mengelola propertinya dalam gugatan yang diajukan di Seattle minggu ini. Dia dipekerjakan pada tahun 2019 untuk peran rumah tangga yang mengharuskannya untuk "bekerja di sekitar keluarga tanpa terlihat", menurut pengaduan.

Beberapa shiftnya berlangsung selama 14 jam tanpa istirahat, selama waktu itu "tidak ada kamar mandi yang dapat diakses secara wajar untuk pembantu rumah tangga", gugatan itu menuduh.

Alasan Nurul Ghufron Gugat Dewas KPK ke PTUN dan MA

Saat keluarga Bezos berada di rumah, pengurus rumah tangga hanya diperbolehkan masuk ke dalam rumah untuk bersih-bersih, artinya mereka tidak bisa menggunakan pintu cucian untuk mengakses kamar mandi secara langsung, karena hanya menuju ke kediaman.

jeff bezos

Photo :
  • U-Report
Ruben Onsu dan Sarwendah Dikabarkan Bercerai, Sarwendah: Jadi Aku Tuh Serba Salah

Sebagai gantinya, mereka kadang-kadang harus memanjat keluar dari jendela ruang cuci ke jalan setapak yang mengarah ke ruang mekanik dan turun ke kamar mandi, situasi yang berlangsung selama sekitar 18 bulan, klaim Wedaa.

Pengaduan mengatakan bahwa, karena kurangnya kamar mandi yang mudah diakses dia dan pembantu rumah tangga lainnya menghabiskan sebagian besar hari mereka tidak dapat menggunakan toilet, yang mengakibatkan infeksi saluran kemih yang sering.

Berikut ini terdapat beberapa hal yang menjadi klaim Ms Wedaa adalah:

  • Tidak ada ruang bagi pembantu rumah tangga untuk beristirahat
  • Pengurus rumah tangga terkadang makan di ruang cuci
  • Karyawan Hispanik menghadapi diskriminasi karena ras mereka
  • Dia mengeluh kepada bos tentang pekerja tidak berdokumen yang dibawa masuk berdasarkan kontrak, kurang istirahat dan kondisi kerja yang tidak aman
  • Sebagai akibat dari keluhannya, dia diturunkan pangkatnya, meskipun tidak pernah didisiplinkan karena kinerjanya
  • Dia dipecat secara tidak sah, diberitahu bahwa dia tampak "tidak bahagia" dan ini berdampak negatif pada tim

Jeff Bezos.

Photo :
  • Quartz

Karena hal tersebut pun, akhirnya Wedaa menuntut ganti rugi dalam jumlah yang akan diputuskan di pengadilan. Pengacara Bezos, Harry Korrell, mengatakan klaim Wedaa tidak masuk akal, menambahkan bahwa dia telah mengajukan gugatan hanya setelah permintaannya untuk pembayaran $9 juta (£8 juta) ditolak.

Dia menambahkan: "Ms Wedaa menghasilkan lebih dari enam angka setiap tahun dan merupakan pengurus rumah tangga utama.

"Dia bertanggung jawab atas waktu istirahat dan makannya sendiri, dan ada beberapa kamar mandi dan ruang istirahat yang tersedia untuknya dan staf lainnya.

"Bukti akan menunjukkan bahwa Nona Wedaa diberhentikan karena alasan kinerja."

Pengacara Wedaa Patrick McGuigan mengatakan kliennya telah "bekerja keras sepanjang hidupnya, dia adalah orang yang sangat kredibel dan bukti kuat mendukung klaimnya".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya