6 Artis Korea yang Alami Gangguan Makan, Bulimia Hingga Anoreksia

Penyanyi IU
Sumber :
  • instagram @dlwlrma

VIVA Showbiz – Eating disorder atau gangguan makan sering kali terjadi di kalangan public figure. Faktor terjadinya hal ini karena ingin memiliki bentuk tubuh yang diidamkan dengan melakukan cara yang tidak sehat.

IHSG Dibayangi Tekanan Jelang Rilis Neraca Dagang, Cek Saham-saham Pilihan

Artis Korea juga mengalami gangguan tersebut. Gangguan itu biasanya berupa bulimia nervosa, anoreksia nervosa, maupun gangguan makan berlebihan. Berikut ini deretan artis Korea yang mengalami gangguan makan.

1. Jang Nara

Setelah 5 Tahun DAY6 Balik Lagi ke Jakarta Ikut Saranghaeyo Indonesia 2024

Jang Nara

Photo :
  • Soompi

Jang Nara mengidap gangguan kecemasan dan bulimia. Hal ini diungkapkan Jang Nara dalam program Healing Camp. Menurut pengakuan Jang Nara, ia menderita bulimia karena merasakan berbagai tekanan

KPK Ungkap Hal Ini Usai Hakim Vonis Andhi Pramono 10 Tahun Bui di Kasus Gratifikasi

Bintang drama Sell Your Haunted House itu akhirnya menjalani konseling dan mendekatkan diri kepada orangtuanya hingga mental kembali dalam keadaan stabil.

2. Amber 

Amber Liu

Photo :
  • twitter.com/amberliu

Amber saat diwawancarai CBS This Morning secara terang-terangan mengatakan tekanan yang dihadapinya. Awalnya, Amber merasa sanggup untuk menuruti tuntutan berat demi mewujudkan impiannya agar bisa debut, tetapi berujung menderita saat merasakan langsung.

Amber merasa harus memuhi segala tuntutan untuk menciptakan penampilan yang sempurna hingga kehilangan banyak berat badan dan mengalami gangguan makan. Ditambah lagi, perempuan di sekitarnya selalu membahas tentang diet karena idol perempuan sering mendapat kritik dari segi visual.

 3. Seo In Guk

Seo In Guk

Photo :

Seo In Guk pernah mengalami gangguan makan. Ia mengungkapkannya dalam YTN News beberapa waktu lalu. Seon In Guk menceritakan pengalamannya saat mencoba audisi di salah satu agensi.

Bintang drama Doom At Your Service itu diminta untuk menurunkan berat badannya. Mulai saat itu, ia terobsesi untuk berat badan hingga membuat kecemasan yang disebut sebagai bulimia. Ia terus menerus memuntahkan makanannya, pita suara Seo In Guk jadi bermasalah.

4. Gyuri Eks KARA

Gyuri personel Kara

Photo :
  • Allkpop

Gyuri mengaku dirinya pernah mencoba cara tidak sehat untuk menurunkan berat badannya. Saat itu dalam acara Quiz to Change The Wolrd, ia mengaku dirinya kerap dibandingkan dengan personel KARA lainnya.

Gyuri mengatakan ia mengidap bulimia, di mana dia akan makan sebanyak mungkin saat gelisah namun akhirnya memuntahkan makanan tersebut karena bersalah. Semakin parah karena Gyuri menderita asam lambung.

5. Sojung Ladies Code

Personel Ladies Code Sojung

Photo :
  • ladiescode.com

Sojung menceritakan pengalamannya mengatasi anoreksia dalam acara Incarnation. Di sana ia mengaku memulai dietnya karena merasa rekan grupnya begitu cantik, namun ia tidak merasa dirinya memiliki visual menawan. Keadaan semakin parah ketika ia merasa dirinya terlihat lebih berisi di TV.

Sojung kemudian memulai diet ketat dengan menjalani hari tanpa makan hanya sibuk berolahraga. Bahkan, ia hanya meminum air sepanjang hari karena kekhawatiran yang ada di benaknya.

6. IU

Penyanyi IU

Photo :
  • instagram @dlwlrma

IU merasa banyak tekanan setela debutnya. Ia mengutarakannya dalam program Healing Camp. Solois ini pernah mengalami bulimia karena diet ketatnya. Hal itu mengakibatkan IU mengalami gangguan makan hingga membuatnya berusaha makan hingga berujung memuntahkannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya