Perjalanan Hijrah Ki Joko Bodo, Lebih Religius Menjelang Akhir Hayat

Ki Joko Bodo sempat sakit dan kesulitan berjalan
Sumber :
  • TikTok @leotanimaju

VIVA Showbiz – Sosok fenomenal Ki Joko Bodo dikabarkan tutup usia pada Selasa, 22 November 2022. Kabar meninggalnya sang aktor dan guru spiritual itu cukup membuat kaget dunia hiburan Tanah Air. Sebab, dia yang saat ini begitu jarang tampil di layar kaca tiba-tiba dikabarkan meninggal dunia.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Dahulu, Ki Joko Bodo populer sebagai seorang paranormal kondang yang sering muncul di berbagai media Tanah Air. Namun kini, dia dikabarkan sudah hijrah dan semakin memperdalam ilmu agama. Bahkan, beberapa waktu lalu kondisi terbarunya terungkap di media sosial. 

Dikenal Sebagai Paranormal

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Ki Joko Bodo

Photo :
  • VIVAnews/Beno Junianto

Ki Joko Bodo yang mempunyai nama asli Agus Yulianto itu lahir di Singaraja, Bali, Indonesia. Ia dikenal sebagai seorang paranormal dalam dunia hiburan Tanah Air. Sosoknya begitu fenomenal dengan karakter rambut panjang yang dibiarkan terurai. 

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Dalam berbagai penampilannya, dia sering memakai baju serba hitam. Bahkan, disertai dengan aksesoris seperti gelang atau kalung serta cincin. Saat masih menekuni profesinya sebagai paranormal, ilmu yang paling dikenal adalah Ilmu Gendam Putih. 

Ketika menekuni profesi tersebut, oleh pasiennya, ia diyakini bisa mengatasi berbagai masalah hidup, seperti nasib, ekonomi, usaha, dan penyakit. Selain itu, ilmu yang dimiliki Ki Joko Bodo juga bisa dipakai untuk berkomunikasi dengan makhluk halus. 

Ribuan jin dikatakan olehnya dimanfaatkan untuk menolong pasien dan mempercepat proses meraih keberuntungan, pangkat dan jabatan, jodoh dengan suami kaya atau istri cantik. Bahkan, dipakai untuk melawan tolak bala, pagar gaib rumah atau tempat usaha. 

Dia juga sering melayani transfer ilmu secara gaib yang meliputi berbagai ilmu sihir seperti kekebalan, ilmu terawang, pegangan judi, aji polo lakang, aji jaran goyang, rogoh sukma, dll. Ada pula jasa pemasangan susuk, penlaris, pengasihan, kejantanan, dan lain sebagainya. 

Tinggalkan Profesi Paranormal

Ki Joko Bodo

Photo :
  • VIVA/Putri Dwi

Kini, Agus Yulianto meninggalkan pekerjaannya sebagai paranormal. Padahal, dia sempat diakui sebagai satu di antara paranormal terbaik di Asia. Berbagai koleksi yang berkaitan dengan hal-hal mistis untuk menjalankan praktiknya dimusnahkan, seperti lukisan dan keris. 

Ia sudah pensiun dari kegiatan tersebut dan memutuskan untuk berhijrah sejak tahun 2019 lalu. Bahkan, setelah tobat, Ki Joko Bodo mengalihfungsikan tempat yang selama ini dipakai untuk tempat semedi menjadi masjid. Ia juga terlihat memangkas rambut yang dulu gondrong. 

Keputusan tersebut diambil setelah melaksanakan ibadah umrah dan saat dirinya melihat Ka'bah, kemudian dia menangis. Ia beranggapan bahwa harus meninggalkan semua kemaksiatan. Ia juga terlihat meninggalkan jejak dari dunia yang membesarkan namanya. 

Dalam sebuah tayangan YouTube, Ki Joko Bodo mengatakan bahwa dirinya ingin menanamkan rasa religius terhadap 10 anaknya. Menurut pandangan dia saat ini, dengan agama anaknya akan mempunyai akhlak yang baik. Ia juga ingin mengabdikan dirinya untuk masyarakat. 

"Agama sangat penting bagi anak-anak saya. Agar akhlaknya bagus semua biar hidup tidak senaknya sendiri. Anak saya 10 jadi pendidikan agama sangat penting. Baca Alquran, ngaji, dan salat. Malah lebih pinter anaku dari pada aku," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya