Ini Rangkaian Acara Akad Nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Hari Ini

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono
Sumber :
  • Instagram @kaesangp

VIVA Showbiz – Hari yang ditunggu pasangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akhirnya tiba. Putra bungsu Presiden RI Joko Widodo tersebut akan melangsungkan akad nikah dari hari ini, Sabtu, 10 Desember 2022 di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Yogyakarta. 

Potret Cantiknya Mahalini di Momen Akad Nikah, Pakai Siger Sunda

Diketahui, saat akad nikah, Kaesang mengungkapkan bahwa ia dan keluarga hanya menyebar 150 undangan untuk acara tersebut. Tamu akan banyak hadir ketika acara "Ngunduh Mantu" nanti, yang dilaksanakan hari Minggu.

Acara akad nikah hari ini akan dilangsungkan mulai pukul 12.00 WIB. 

Tangan Rizky Febian Gemetar Saat Prosesi Ijab Kabul Sampai Menangis Bahagia

Usai ijab kabul, akan dilanjutkan dengan prosesi adat panggih pengantin. Prosesi adat ini melambangkan pertemuan mempelai pria dengan perempuan yang masing-masing dalam keadaan suci.

Prosesi panggih diawali dengan penyerahan pisang sanggan kepada orang tua mempelai perempuan sebagai simbol tebusan atas putri mereka. Kemudian, mereka akan berlanjut ke upacara balangan gantal atau lempar sirih.

Sah! Rizky Febian dan Mahalini Resmi Menikah

Setelah itu, prosesi dilanjutkan dengan injak atau pecah telur yang dilanjutkan dengan ranupada atau prosesi membasuh kaki dengan air.

Kemudian, kedua mempelai akan menjalani tradisi bubak kawah begitu berada di pelaminan. Tradisi ini dilakukan dengan harapan rumah tangga yang akan dibina diberi kemudahan, keberkahan, serta dijauhkan dari petaka.

Prosesi pun akan dilanjutkan dengan dhahar klimah atau dulangan, yaitu tradisi suap-suapan, yang biasanya adalah nasi kuning, antar suami istri yang baru.

Terakhir, prosesi adalah mapag besan atau upacara besan yang artinya menjemput besan (kedua orang tua mempelai) sebelum diakhiri dengan sungkeman atau pangabektan.

Saat akad nikah, Mensesneg Pratikno dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan menjadi saksi dalam akad nikah Kaesang dan Erina. Kemudian, Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang akan menjadi penceramah atau khotib nikah.

Pada malam harinya, kedua keluarga akan berangkat ke Solo untuk acara puncak berupa ngunduh mantu, kirab dan pesta rakyat, serta tasyakuran yang dilangsungkan di di Pura Mangkunegaran, Solo, esok harinya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya