Kasus Lee Seung Gi dan Hook Entertainment Jadi Perhatian Pemerintah Korea

Lee Seung Gi.
Sumber :
  • Soompi

VIVA Showbiz – Dunia hiburan Korea Selatan beberapa waktu lalu dihebohkan dengan kasus Lee Seung Gi yang mengalami penipuan oleh mantan agensinya yaitu Hook Entertainment.

Begini Kronologi Rezky Aditya Bergaya di Depan Media Korea Selatan

Menanggapi kasus tersebut,  Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea akan mempromosikan kebijakan baru untuk menghilangkan praktik tidak adil di dunia hiburan dan mencegah terulangnya "insiden Lee Seung Gi".

Lee Seung Gi dan CEO Hook Entertainment Kwon Jin Young.

Photo :
  • Allkpop
Viral Rezky Aditya Terciduk Dispatch Korea, Citra Kirana: Si Paling Pede!

“Kami akan secara menyeluruh mengidentifikasi dan meningkatkan kebijaksanaan dan praktik tidak adil di industri untuk memperkuat keadilan dalam industri budaya dan seni pop sebagai proyek utama tahun ini," kata Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Park Bo Kyun, melansir Dispatch, Senin 2 Januari 2023.

Pihak Kementerian berencana mengambil tindakan administratif, seperti menyarankan dan memerintahkan koreksi jika penundaan penyelesaian dianggap sebagai tindakan tidak adil berdasarkan Pasal 13 UU Jaminan Hak Artis melalui prosedur terkait.

Berasa Idol, Rezky Aditya Terekam Kamera Dispatch Saat Jalan di Bandara Incheon

Jika keterlambatan pembayaran atau kontrak yang tidak adil dikonfirmasi, denda akan dikenakan kepada perusahaan tersebut sesuai dengan Pasal 14 dan fakta terkait akan diberitahukan kepada Komisi Perdagangan yang Adil.

Lee Seung Gi

Photo :
  • soompi

Selain itu, kebijakan, seperti survei faktual skala penuh, revisi standar kontrak eksklusif, dan penguatan pendidikan etika kejuruan, dan lain sebagainya, akan diterapkan untuk memperkuat keadilan industri dan meningkatkan kesadaran para penyanyi dan trainee.

“Karena K-Culture menerima perhatian global, memperkuat transparansi dalam ekosistem industri dan melindungi yang lemah menjadi lebih penting untuk pertumbuhan industri pop yang berkelanjutan," kata Menteri Park.

Sejak tahun lalu, Lee Seung Gi berselisih dengan Hook Entertainment atas penyelesaian pendapatan musiknya selama 18 tahun berkarier. Penyanyi sekaligus aktor itu mengaku tidak menerima sepeser pun dari Hook atas kerja kerasnya bermusik selama ini. 

Setelah Dispatch melaporkan kasus tersebut dan mengungkapkan bukti, Hook mengakui kesalahannya dan membayar 4,1 miliar won kepada Lee Seung Gi. Namun, Lee Seung Gi terus mengajukan keluhan terhadap para eksekutif Hook, termasuk CEO Kwon Jin Young.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya