Ini Lagu Kontroversial Milik Dewa 19, Dihubungkan dengan Pemujaan Illuminati

Konser Dewa-19 di Medan.
Sumber :
  • B.S Putra/ VIVA.

VIVA Showbiz – Dewa 19 adalah salah satu band terbaik yang masih bertahan di dunia musik Indonesia. Ahmad Dhani sebagai musisi kelahiran Surabaya yang terkenal bisa menciptakan ratusan lagu dan juga mendirikan band legendaris Dewa 19, tapi dengan kesuksesan dan kualitas sebagai band Indonesia. 

Konser Band All Time Low Siap Digelar, Supermusic Janjikan Hal Ini

Namun, sejumlah karya lagu Dewa 19 dianggap kontroversial, salah satunya berjudul Satu. Dalam lagu tersebut, sebenarnya tidak ada yang janggal, tapi dalam video klip lagu Satu itu memang ada beberapa adegan yang cukup menuai banyak pertanyaan bagi yang menonton. 

Dalam video klip tersebut ada beberapa simbol yang banyak orang menganggapnya sebagai bentuk dari pemujaan kepada illuminati. Salah satu simbol tersebut adalah mata satu, adegan Once yang merupakan vokalis Dewa 19 ketika itu tampak hanya dimunculkan setengah wajah.

Terpopuler: Pernikahan Anak Andra Ramadhan sampai Celine Evangelista Berangkatkan Umrah Karyawannya

Dewa 19.

Photo :
  • VIVA/Nuvola Gloria

Kemudian ada pula simbol mata satu yang digambarkan dengan piramida, logo yang menjadi ciri khas illuminati. Lalu, dalam salah satu liriknya mendapat anggapan yang sama oleh para pendengar lagu tersebut pada bagian “Tak ada yang lain selain dirimu, yang selalu ku puja”. 

Anak Andra Ramadhan Resmi Menikah, Ahmad Dhani Jadi Saksi

Dari lirik tersebut, banyak yang menduga sebagai bentuk ungkapan pemujaan terhadap illuminati. Banyak persepsi dan anggapan yang muncul dari publik usai mendengar maupun menonton video klipnya, yang menghubungkan dengan unsur pemujaan. 

Selain itu, lagu tersebut juga sempat mendapat kesan yang kurang bagus. Tapi, ada pula yang berpendapat bahwa penggambaran simbol mata satu itu adalah elemen yang cukup bagus. Dengan aspek visual dan audio yang cocok jika digabungkan dan autentik. 

Dewa 19

Photo :
  • ist

Kemudian, didukung dengan kualitas video klip yang dibuat sebagai salah satu video klip terkeren Dewa-19. Isu tersebut berlangsung cukup lama sampai pada Januari 2020, Ahmad Dhani mengunggah video tersebut lewat kanal YouTube VIDEO LEGEND. 

Dalam video tersebut, Ahmad Dhani membantah semua anggapan masyarakat soal tuduhan mengenai dirinya sebagai pemuja illuminati atau dajjal dan dirinya sebagai seorang Yahudi. 

“Saya nggak ada hubungannya dengan lambang-lambang itu. Kalau ada yang benci dengan Dewa 19 atau Ahmad Dhani tidak apa-apa, namun sampai membuat lagu Satu mempunyai kesan yang tidak baik di masyarakat jelas bukan pilihan yang tepat ataupun manusiawi,” jelas Ahmad Dhani. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya