Koh Ahong 'Si Doel' Meninggal, Sempat Sakit Jantung Hingga Tak Bernapas

Rano Karno dan Koh Ahong.
Sumber :
  • Instagram @si.rano

JAKARTA – Artis senior sekaligus pengusaha Kasiman meninggal dunia. Pemeran Koh Ahong dalam sinetron lawas Si Doel Anak Sekolahan itu tutup usia pada Selasa, 13 Juni 2023, dengan belum diketahui penyebabnya. Namun, riwayat penyakit Kasiman sempat diketahui awak media yakni kolesterol dan sakit jantung.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Riwayat sakit mendiang Kasiman itu terbongkar saat namanya terseret dalam kasus penipuan yang dilaporkan komedian Mpok Alpa. Kasus tersebut mulai ramai diungkap Mpok Alpa pada akhir tahun 2022 lalu. Lantas pada Maret 2023 ini, Sulastri muncul sebagai sosok yang diduga dilaporkan Mpok Alpa. Scroll untuk informasi lengkapnya.

Rupanya, Sulastri sendiri adalah manajer dari perusahaan yang dimiliki oleh Koh Ahong. Kasus yang dilaporkan Mpok Alpa untuk Sulastri itu membuat Koh Ahong ikut terdampak. Hal itu diungkap saat Sulastri muncul di publik dan dilihat melalui kanal Youtube StarPro yang diunggah pada 20 Maret 2023 lalu. Sulastri menjelaskan bahwa saat itu Koh Ahong sedang dirawat lantaran sakit jantung. 

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

"Selama ini, yang aku tahu belum ada riwayat sampai punya penyakit jantung. Sebelum ada peristiwa ini tuh (kasus penipuan), (kesehatan Koh Ahong) aman aja," ujar Sulastri, dikutip Selasa 13 Juni 2023.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Lebih dalam, Sulastri menegaskan bahwa mendiang Kasiman sebelumnya tak memiliki riwayat penyakit yang berbahaya. Namun, kasus yang menyeret nama Koh Ahong ini berdampak pada beban pikirannya hingga memengaruhi kesehatan fisiknya.

"Kalau untuk riwayat penyakit, tidak ada sama sekali. Dan masih baik-baik saja, kalau penyakit kolesterol pasti ada tapi nggak parah. Jadi yang paling parah ini, mungkin karena merasa terganggu yang mungkin karena nama baiknya, dampak kerugian pemasukan tidak seimbang," imbuh Sulastri.

Sulastri pun mengungkapkan kronologi serangan jantung yang menimpa Koh Ahong pada bulan Maret 2023 lalu itu. Sulastri klaim bahwa pada pagi hari, Koh Ahong masih terlihat sehat hingga akhirnya merasa kesakitan yang mengharuskan dibawa ke rumah sakit.

"Mungkin Allah sudah kasih jalannya. Pagi itu masih baik-baik aja, jam 9 merasa sakit, dan luar biasa dampaknya sampai saat ini. Aku merasa khawatir," tambahnya.

Suty Karno, Koh Ahong, Mandra dan Maudy Koesnaedi.

Photo :
  • Instagram @maudykoesnaedi.

Bahkan karena kondisinya saat itu yang cukup berat, Koh Ahong dirawat di ruang perawatan intensif unit atau ICU. Di momen itu, Koh Ahong sempat menceritakan pada Sulastri bahwa merasa sesak napas dan kehilangan nyawanya sebentar. Hingga akhirnya ditolong oleh Allah SWT.

"Seperti nafasnya sempat tidak ada, lalu dikasih alat seperti setrikaan hingga bisa nafas lagi, alhamdulillah Allah kasih (hidup) lagi," tandas Sulastri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya