Gak Gengsi, Andhara Early Kini Jualan di Kantin Sekolah dan Jadi Sopir Antar Jemput

Andhara Early
Sumber :
  • Instagram

JAKARTA – Presenter Andhara Early sudah cukup lama meninggalkan dunia hiburan Tanah Air, hingga akhirnya kembali sambil membawa kisah kehidupannya yang telah melalui banyak kesulitan. Setelah berhenti dari aktivitas sebagai selebriti, Andhara Early menjadi karyawan kantoran namun terhenti akibat pandemi COVID-19. Ia kini mendapatkan penghasilan dari jualan makanan di kantin sekolah anaknya dan menjadi sopir antar jemput.

Bule Australia Berulah di Bali, Bikin Keributan hingga Aniaya Sopir Travel

Selama pandemi melanda dan sistem kerja berubah menjadi work from home (WFH), Andhara merasa jam kerjanya tidak teratur sehingga ia mengalami tekanan yang tidak sehat. Yuk, scroll untuk tahu cerita lengkapnya.

"Pandemi, pressure-nya lumayan, kita masih bisa adaptasi, awal-awal dua tahun, pas masuk tahun ketiga, udah makin ngga benar kerjaannya," kata Andhara Early, mengutip tayangan YouTube, Kamis 15 Juni 2023.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

"Kerjaan kalau dari rumah kan jadi ngga jelas waktunya. Harusnya tidur dikejar-kejar harus meeting, akhirnya memutuskan resign," lanjutnya.

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS

Sebelumnya, Andhara dan sang suami sama-sama bekerja kantoran. Namun suaminya itu terlebih dahulu memutuskan keluar dari pekerjaannya. Tiga bulan kemudian, Andhara Early merasa kondisi pekerjaannya juga mulai tidak beraturan sehingga ia mengikuti jejak sang suami.

Keduanya sempat merasa yakin akan segera mendapatkan pekerjaan lagi dalam waktu sekitar 3-6 bulan. Namun, pandemi menjadi hambatan sehingga mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah.

Andhara Early dan suami juga punya tanggungan utang kredit pemilikan rumah (KPR) dengan jumlah yang sangat besar dan jangka waktu yang masih panjang yaitu 12 tahun dari total 20 tahun. Mereka pun mengutamakan cicilan tersebut dan membayarnya hingga lunas terlebih dahulu.

Untuk tetap bertahan hidup dan membiayai keperluan rumah tangga, Andhara Early dan suami akhirnya terpaksa mengandalkan uang tabungan mereka. Beberapa aset juga dijual untuk tambahan uang, apalagi saat itu mereka masih punya beberapa cicilan dan utang yang harus dibayar.

"Ada aset apa aja pokoknya jual, jual," ujarnya.

Setelah banyak barang berharga yang telah dijual, Andhara menyadari bahwa ia tidak bisa lagi mengandalkan uang tabungan. Akhirnya, ia memutuskan berjualan di kantin sekolah anaknya karena berawal dari kebiasaan membawakan bekal sekolah.

"Jualan itu sebenarnya iseng-iseng. Tiap hari mikirin kasih bekel buat anak. Iseng-iseng aku foto, update status, tiba-tiba ada ibu-ibu anak sekolahan 'mau dong, nitip. Lama-lama kok banyak ya, ya udah gue jualan aja, masukin kantin," sambungnya. 

Kemudian suatu hari, Andhara Early melihat beberapa teman anaknya berdiri di depan sekolah menunggu jemputan ojek online. Kondisi itu pun dimanfaatkan oleh Andhara sebagai ladang rezeki dengan cara menjadi pengantar-jemput anak sekolah.

"Antar jemput juga. Lihat anak orang kasihan banget, mau pulang kok pesennya ojek online, masih piyik, kasihan banget, nanya ibunya 'loh kamu ngga jemput?'" kata Andhara Early.

"Ya udah gue tawarin aja mau antar jemput ngga? 'mau lah.' Ya udah, jadi sekalin anterin anak, jemputin anak orang juga, lumayan," tambahnya.

Meskipun dahulu bekerja sebagai pembawa acara dan model yang terkenal, Andhara Early tidak malu dengan apa yang dilakoninya untuk mencari uang. Menurutnya, apapun pekerjaan itu pasti bisa menghasilkan uang jika ada usaha dari yang melakukannya.

"Yang penting sebenarnya kita mau ada usaha aja. Apapun bisa jadi duit sebenarnya," kata Andhara Early. 

"Gengsi ngga sih. Toh kita cari uangnya juga halal," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya