Ria Ricis Ungkap Alasan Sekolahkan Moana Sejak Dini

Ria Ricis dan anaknya
Sumber :
  • IG @riaricis1795

Jakarta – Gaya parenting Ria Ricis terhadap putrinya Moana sering kali menuai kritik para netizen. Tak jarang istri Teuku Ryan itu dituding sembrono dalam mengurus anaknya. Apalagi sejak Ricis mengajak Moana bermain jet ski di laut dengan kondisi yang kurang aman. 

Ria Ricis Balas Menohok Klarifikasi Ryan! Ada Apa di Balik Perceraian Sang Youtuber?

Akan tetapi, Ria Ricis meyakinkan bahwa tidak ada yang salah dari caranya merawat Moana. Ricis selalu mengikuti perkembangan putrinya itu dan memberikan tindakan yang sesuai dengan kemampuannya.

Ria Ricis.

Photo :
  • VIVA/Rizkya Fajarani Bahar
Gak Kalah Nyinyir, Rizky Billar Balas Netizen yang Body Shaming Lesti Kejora: Hidup Lu Melarat!

"Moana dari bayi umur berapa bulan itu udah kelihatan dia anak yang aktif. Takutnya kalau ngga diarahkan ke tempat yang semestinya malah ngga terarah dengan benar," kata Ria Ricis, saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa 4 Juli 2023.

Ria Ricis bahkan sudah menyekolahkan Moana untuk mendukung pertumbuhannya yang pesat. Ria Ricis tak mau lagi dihujat netizen karena dianggap sembrono mengurus anaknya, sehingga di sekolah itu Moana bisa bebas beraktivitas seperti yang diinginkan.

Kasus Siswa SD Terancam Buta karena Gagang Sapu di Jombang, Guru Jadi Tersangka

"Jadi aku tempatin ke tempat yang benar. Mau dia jumpalitan, hanging, atau segala macam. Tapi kan itu di sekolah. Jadi biar ngga dihujat netizen lagi," ujarnya.

Sejauh ini, Ria Ricis tidak pernah memaksakan harus menerapkan didikan yang keras pada putrinya. Ia hanya mengikuti perkembangan dan keinginan Moana dalam mempelajari hal-hal baru di sekitarnya. Ria Ricis juga tidak mau memaksakan putrinya itu harus melakukan hal yang dilakukan anak-anak lainnya.

"Santai sih ngga terlalu banyak menuntut juga harus ini itu, yang penting gimana enaknya, senyamannya dia aja," kata Ricis.

Menginjak usia satu tahun, saat ini Moana sedang aktif belajar berjalan. Ria Ricis juga rajin konsultasi dengan bidan yang sudah merawat Moana sejak bayi. Dari segi makanan hingga perkembangan kongnitif selali dipantau oleh Ria Ricis supaya bisa menempatkan Moana sesuai dengan kemampuannya.

Kegiatan fisik yang saat ini juga sedang digemari oleh Moana adalah berenang. Ria Ricis membiasakan anaknya itu untuk bermain di wahana air karena Moana juga menunjukan minat yang tinggi. Ia pun melatih Moana untuk bisa berenang.

"Aku terapin buat wahana air dan berenang itu juga salah satu yang disunahkan ya dalam agama Islam," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya