Ahmad Dhani dan Ari Lasso Tuduh Acara Musik Dahsyat dan Inbox Bikin Dewa 19 Hancur

Ahmad Dhani di podcast Deddy Corbuzier
Sumber :
  • Youtube Deddy Corbuzier

Jakarta – Nama band Dewa 19 tentu saja sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, tapi siapa sangka band asal Surabaya itu mengalami masa-masa sulit. Hal ini sempat diungkapkan oleh Ahmad Dhani di depan Deddy Corbuzier dan Ari Lasso

Berawal dari Saling Kagum, Yovie Widianto dan Andmesh Rilis Lagu Bareng

Musisi kenamaan itu berbicara mengenai masa-masa perjuangan Dewa 19 yang sepi tidak ada job saat kehadiran acara musik pagi di televisi. Band Dewa 19 sendiri pada awalnya dibentuk dari akronim nama personilnya, yaitu Dhani, Erwin, Wawan, dan Andra tahun 1988. 

Kemudian, tahun 1990 DEWA merekrut Ari Lasso sebagai vokalis utama. Tapi, Ari Lasso memutuskan keluar. Kemudian, Once Mekel menjadi vokalis kedua Dewa 19 yang bergabung tahun 2000. Namun, ia memutuskan keluar pada tahun 2010. 

Jonathan Kuo, Pianis Muda Indonesia yang Kembali Memukau di Panggung Musik Klasik

Ahmad Dhani di podcast Deddy Corbuzier

Photo :
  • Youtube Deddy Corbuzier

Terkini, Ahmad Dhani dan Ari Lasso hadir sebagai bintang tamu di podcast Close The Door Deddy Corbuzier baru-baru ini. Pentolan Dewa 19 itu mengungkap kunci keberhasilan mereka bisa bertahan sampai saat ini. 

Ramai Kabar Artis Cerai, Supri FX Justru Buat Lagu untuk Istrinya

"Ada logical explanation, cuman kita belum bikin riset beneran, loh ini ada anak SMP yang ingin mengundang Dewa buat pensi," kata Ahmad Dhani seperti dilansir dari kanal YouTube Deddy Corbuzier pada Senin, 31 Juli 2023. 

"Menurut gua gini, setiap generasi kan punya selera fluktuatif kan, jadi kalau menurut aku generasi muda sekarang suka sama Dewa, berarti  seleranya lagi bagus," ungkap mantan suami Maia Estianty tersebut.

Kemudian, pria kelahiran Surabaya itu mengungkapkan bahwa faktor keberuntungan yang dimiliki oleh Dewa 19 adalah ketika membuat lagu yang sesuai dengan selera anak muda saat itu. Akibatnya, banyak lagu Dewa 19 yang disukai banyak orang. 

Ari Lasso

Photo :
  • Instagram @ari_lasso

Ari Lasso yang hadir dalam kesempatan tersebut kemudian mengungkap bahwa ada satu cerita yang sesuai dengan ungkapan dari Ahmad Dhani. Kala itu, musik Melayu masih sangat digandrungi oleh anak muda. 

“Ini ada relate satu cerita, waktu itu berkeluh kesah tentang acara pagi. Saat itu kan musik-musik mainstream seperti Dahsyat dan Inbox habis kita. Ketika melayu invasion, itu kan kita suffering, sebulan mungkin sekali dua kali manggung," ucap Ari Lasso.

Ari Lasso mengatakan bahwa kehadiran acara musik tersebut membuat Dewa 19 hanya sekali hingga dua kali manggung dalam satu bulan. Ahmad Dhani kemudian berkata bahwa faktor tersebut juga yang membuat Once Mekel keluar dari Dewa 19. 

"Makanya Once sampai keluar dari Dewa, mungkin karena itu juga. Pokoknya era 2006-2010 (masa sulit), makanya kita bikin single Dewa tuh tahun 2010 judulnya Bukan Cinta Manusia Biasa, lagunya bagus, produksinya bagus, video klipnya bagus dan paling nggak laku," terang Dhani. 

Ahmad Dhani mengaku bahwa mantan istrinya, Maia Estianty sempat berkata bahwa Dewa 19 sudah kalah dengan band Radja. "Langsung gua ceraiin," ucap Dhani seraya tertawa bersama Deddy Corbuzier. 

Terkait kritikan Ahmad Dhani dan Ari Lasso atas dua acara musik di atas, belum ada tanggapan resmi dari RCTI sebagai pemilik program Dahsyat maupun SCTV yang mengampu program INBOX, atas kritikan dua pentolan Dewa 19 itu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya