Jadi Perbincangan Hangat, Ternyata Ini Deretan Skandal Miss Universe Indonesia

Mahkota Miss Universe Indonesia 2023
Sumber :
  • ist

Jakarta – Kontes kecantikan Miss Universe Indonesia 2023 kali ini diwarnai deretan  skandal. Berawal dari isu kepemilikan lisensi yang tak lagi dipegang Yayasan Puteri Indonesia (YPI) sehingga menghasilkan sejumlah wajah baru penyelenggaranya.

Jelang Hari Kebebasan Pers Sedunia, Gaza Berduka Atas Kematian 140 Jurnalis dalam Serangan Israel

Kemudian, sejumlah eksekutif CEO MUI, Elden Wang dan Visual Director MUI, fotografer Riomotret, juga ikut mengundurkan diri dari kontes kecantikan ini. Nah, ini deretan Skandal Miss Universe Indonesia yang VIVA lasir dari berbagsi sumber sebagai berikut:

Perubahan Pemilik Lisensi

Tips Gaya Hidup Sehat ala Puteri Indonesia Pertama Indira Sudiro, Bisa Jaga Berat Badan Ideal

Lisensi resmi Miss Universe Indonesia diganti.

Photo :
  • ist

Penggemar beauty pageant dikejutkan kabar soal perubahan lisensi Miss Universe di Indonesia yang tak lagi dipegang Yayasan Puteri Indonesia (YPI). Akibatnya, Puteri Indonesia terpilih tak akan lagi berlaga di kancah internasional lewat ajang Miss Universe.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Ketua Bidang Komunikasi Yayasan Puteri Indonesia Mega Angkasa mengaku kepada media mendapatkan penawaran yang tidak bersahabat soal perpanjangan lisensi tersebut. Antara lain batas waktu pengajuan bidding yang terlalu mepet dan harganya yang naik 10 kali lipat dari sebelumnya.

Sementara itu, akun Instagram Miss Universe Indonesia muncul yang menyatakan bahwa lisensi tersebut kini dipegang oleh penyanyi dangdut Poppy Capella. Ia juga menggandeng sejumlah nama terkenal, seperti MUA Slam Wiyono dan Riomotret, yang menghadirkan kontes kecantikan yang diklaim lebih inklusif.

Dugaan Kasus Suap

Terlepas kehebohan yang terjadi, ajang Miss Universe Indonesia akhirnya tetap digelar dengan 30 peserta dengan malam final pada 3 Agustus lalu di Bali. Perwakilan DKI Jakarta, Fabienne Nicole, dinobatkan sebagai juaranya sehingga berhak mewakili Indonesia di kancah internasional Miss Universe di El Savador pada 18 November mendatang.

Mahkota Miss Universe Indonesia 2023

Photo :
  • ist

Hasil ini rupanya menuai kritikan dari sejumlah pageant lover yang menilai tinggi badan Fabienne tidak ideal sehingga tidak pantas menang. Belakangan, kritik berkembang menjadi dugaan suap senilai Rp 5 miliar yang dilakukan oleh orangtua perempuan berusia 23 tahun itu demi memenangi kontes kecantikan tersebut.

Sejauh ini, tidak ada bukti lebih lanjut soal suap itu selain rumor di media sosial. Lewat Instagram story miliknya, Fabienne sepertinya berusaha menampik tudingan tersebut dengan mengunggah berbagai dukungan positif dari orang sekitarnya.

Adanya Laporan Pelecehan Seksual

JANGAN DIPAKE Anggota Miss Universe Indonesia (MIUD) 2023 mendatangi Polda Metro Jaya

Photo :
  • VIVA/Foe Peace

Skandal Miss Universe 2023 semakin panas dengan munculnya laporan pelecehan seksual ke Polda Metro Jaya. Korban yang merupakan peserta ajang tersebut, PKN, mengaku dipaksa melakukan body checking tanpa mengenakan busana oleh panitia, yang juga direkam.

Padahal, sesi tersebut tidak pernah ada dalam rundown acara yang disampaikan sebelumnya. Insiden tersebut terjadi pada momen. Ada beberapa peserta yang disebut menjadi korban serupa meskipun tindakannya berbeda-beda.

“Waktu mereka ceritakan mereka dipaksa buka BH. Para peserta menutupi dada karena ada laki-laki juga sekitar dua atau tiga orang,” ujar Provincial Director Miss Universe Indonesia Jawa Barat, Rizky Ananda Musa, saat mendampingi anak didiknya di Mapolda Metro Jaya, kemarin.

 “Tapi (mereka) dipaksa buat buka. Jadi mereka telanjang dada,” lanjut Rizky.

Pengunduran Diri Eksekutif

Lisensi resmi Miss Universe Indonesia diganti.

Photo :
  • ist

Lewat akun Instagram, sejumlah eksekutif penyelenggara Miss Universe Indonesia 2023 menyatakan pengunduran dirinya. Sejumlah nama tersebut termasuk Eldwen Wang, yang sebelumnya menjabat sebagai CEO Miss Universe Indonesia dan fotografer Riomotret yang memiliki posisi sebagai Visual Director Miss Universe Indonesia.

Dalam unggahannya, keduanya mengaku ingin lebih fokus pada proyek pribadinya sehingga tak bisa lagi terlibat dengan PT Capella Swastika Karya sebagai pemegang lisensi Miss Universe Indonesia. Belakangan, Riomotret lalu ikut mendampingi para peserta Miss Universe Indonesia 2023 yang mengaku dilecehkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya