Syok Idap Diabetes, Panji Petualang Kehilangan Berat Badan hingga 30 Kilogram

Panji Petualang
Sumber :
  • Instagram

JAKARTA – Kondisi kesehatan Panji Petualang mengundang simpati publik. Pasalnya pria yang dikenal suka menjelajah alam dan berinteraksi dengan hewan buas itu secara fisik terlihat semakin kurus dan lesu. 

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Pemilik nama lengkap Muhammad Panji itu mulai berhenti dari kegiatan di televisi karena memiliki penyakit diabetes. Panji menduga penyakit diabetes yang diidapnya saat ini ada kaitannya dengan faktor keturunan dan juga pola hidup yang tidak sehat. Scroll lebih lanjut ya.

Pertama kali divonis mengidap diabetes, Panji Petualang mengaku sangat kaget. Ia bahkan sempat stres hingga kekebalan tubuhnya menurun.

Eko Patrio Ungkap Sakit yang Diidap Parto Hingga Harus Dioperasi

"Nah di situ aku langsung ngedrop, karena aku tuh jarang sakit paling tipes gitu kan, sekalinya kena vonis diagnosa diabet, waduh itu benar-benar kayak yang 'hah diabet?'. Tapi emang ada genetik dari bapak, dan waktu Ramadhan lalu pola hidup aku emang kurang sehat," ungkap Panji Petualang di kawasan Tendean, Jakarta, Jumat, 11 Agustus 2023.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Berbeda dengan diabetes basah yang biasanya melarang pasien untuk terluka di bagian tubuhnya, Panji justru mengidap diabetes kering yang membuat luka di badannya cepat sembuh. Akan tetapi, ia mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis hingga 30 kilogram.

"Diabet kering jadi kalau luka cepat kering beda sama diabet basah," ujarnya.

"(Berat badan turun) 30 kilogram dari (bulan) Ramadhan, dari awalnya 95 jadi 65 (kilogram)," imbuhnya.

Panji Petualang.

Photo :
  • Instagram @panjipetualang_real.

Panji Petualang telah mengupayakan berbagai pengobatan medis maupun alternatif supaya bisa sembuh dari penyakitnya ini. Ia pun merasa kondisinya sudah jauh lebih membaik dan memohon doa untuk kesembuhannya.

"Alhamdulillah sekarang lebih baik, lebih sehat, karena banyak banget yang sayang, yang doain, banyak banget yang support, aku juga ikhtiar pengobatan baik medis maupun alternatif itu kita jalani," ujar Panji Petualang.

Belum lama ini lewat video di kanal YouTubenya, Panji Petualang juga mengungkapkan kondisi yang kian menurun setelah digigit ular kobra pada Mei lalu. Jari kelingkingnya yang digigit ular itu sampai melepuh dan meninggalkan bekas luka sehingga diduga menyebabkan imunitas tubuhnya kian menurun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya