T'Koes Akhirnya Terima Larangan Bawakan Lagu Koes Plus, Setuju Bayar Royalti

Band T Koes.
Sumber :
  • Instagram @tkoes_ig

Jakarta Band anak muda T’Koes yang kerap menirukan gaya panggung Koes Plus dilarang untuk membawakan karya-karya milik Koes Plus. Pendiri band T’Koes, Agusta Marzall menerima atas semua larangan yang telah diberikan oleh keluarga band Koes Plus. Dia juga menghormati atas keputusan tersebut.

Rewind Rilis Lagu Tergesa-gesa, Maknanya Dalem Banget!

Meski demikian, Agusta mengaku tidak tahu menahu apa alasan keluarga Koes Plus tiba-tiba mengeluarkan larangan atas performa yang dilakukan oleh band T’Koes.

T Koes.

Photo :
  • Instagram
Iqbaal Ramadhan Bawa Vibes Jadul di Video Klip Terbaru, Netizen: Berasa di Jaman Jinny Oh Jinny

"Kami tidak mengetahui latar belakang dibuatnya video itu. Akan tetapi perlu kami sampaikan bahwa tindakan menyanyikan karya-karya Koes Plus di berbagai suatu acara itu bentuk apresiasi dan hormat kami sebagai kelompok performa panggung yang kami ini junior kepada seniornya yaitu Koes Plus," ujar Agusta di Ampera, Jakarta Selatan pada Selasa 26 September 2023.

Agusta juga telah mendengarkan percakapan yang diunggah oleh keluarga band Koes Plus. Sebagai orang yang tak paham betul ranah hukum, dia pun menghormati keputusan tersebut.

Jakarta Street Jazz Festival 2024 Siap Digelar, 50 Musisi Bakal Tampil

"Saya telah banyak belajar dari banyak senior terutama Koes Plus, karena alasan menghargai dan menghormati senior Koes Plus tersebut maka T’Koes selalu menjalankan konsep royalti kepada pencipta sesuai sistem atau ketentuan hukum yang berlaku ketika perform," ungkap dia.

Sementara itu, kuasa hukum T’Koes, Marulam Simanjuntak mengatakan bahwa pihaknya akan mengabulkan apapun wejangan yang diberikan oleh Koes Plus.

"T’Koes Band hanya mengaminkan itu semuanya. Jadi sekali lagi penghormatan terhadap senior karena klien kami selalu ingin belajar ingin mendengar semua didikan dan itu bekal bagi kita untuk membuat T’Koes band semakin profesional," beber dia.

Sebelumnya diberitakan, David Koeswoyo mengklarifikasi bahwa larangan membawakan lagu dan karya Koes Plus ditujukan hanya kepada band T’Koes. Hal ini dikonfirmasi menyusul larangan keluarga besar untuk band pelestari tersebut yang kerap membawakan lagu Koes Plus untuk komersil (materi).

Band T Koes.

Photo :
  • Instagram @tkoes_ig

"Banyak yang bertanya apakah larangan keluarga Koes Plus untuk membawakan lagu-lagu Koes Plus berlaku untuk semua? Jawabnya: Tidak," ujar perwakilan Yon Koeswoyo itu.

Larangan membawakan lagu band yang dibentuk pada tahun 1968 silam itu diberlakukan sejak Jumat, 22 September 2023. Ada pun, pihak keluarga besar yang memberi keputusan antara lain David Koeswoyo mewakili keluarga Yon Koeswoyo, Damon Koeswoyo mewakili keluarga Tony Koeswoyo, Rico mewakili keluarga Murry, serta Sari Koeswoyo.

"Yang dilarang hanya nama band yang kami sebut di video himbauan," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya