Cak Lontong dan Akbar Stand-up Comedy di Istana Berbatik, Bikin Presiden Jokowi dan Luhut Ketawa

Cak Lontong dan Akbar di acara Istana Berbatik
Sumber :
  • YouTube

JAKARTA – Dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober, Presiden Joko Widodo menggelar acara Istana Berbatik di Istana Negara pada Minggu 1 Oktober 2023. Acara tersebut diadakan dalam rangka merayakan dan mengingatkan kembali bahwasannya bangsa Indonesia memiliki warisan budaya yang tak ternilai harganya yakni Batik.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Acara tersebut juga dimeriahkan oleh sederet artis ternama Tanah Air mulai dari Raffi Ahmad dan Astrid Tiar yang bertugas sebagai pembawa acara hingga beberapa penyanyi yang memeriahkan malam ini seperti Rossa dan Padi Reborn.

Dalam segmen pembukaan, hadir juga komedian Cak Lontong dan Insan Nur Akbar yang berkesempatan memberikan stand-up comedy di atas panggung. 

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Cak Lontong mengawali materi komedinya dengan mengungkapkan kemeja batik yang dipakainya. Diungkapkan oleh Cak Lontong bahwa ia mendapatkan kemeja batik tersebut secara spesial dari anggaran belanja yang disetujui istrinya.

"Ini kebanggan buat saya. Ini saya pakai batik dari rancangan spesial. Ini rancangan anggaran belanja yang sudah disetujui istri," kata Cak Lontong, dalam acara Istana Berbatik di Istana Merdeka, Minggu 1 Oktober 2023.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Kemudian Cak Lontong melihat kehadiran Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia yakni Luhut Binsar Pandjaitan yang duduk di bangku undangan bersama jajaran menteri lainnya. 

"Ada bapak Luhut, hadir juga beliau," kaya Cak Lotong.

Istana Berbatik

Photo :
  • YouTube

Pelawak kelahiran 1970 itu menyebutkan bahwa sang menteri memiliki keterikatan yang kuat dengan batik karena ia berasal dari suku Batak. Luhut pun nampak tertawa cekikian mendengar lelucon dari Cak Lontong dan Akbar tersebut.

"Batik itu erat kaitannya dengan beliau karena beliau kan Batak," ujar Cak Lontong diikuti tawa penonton.

Tidak hanya Luhut Binsar Pandjaitan, selanjutnya Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia yaitu Yasonna Laoly juga menjadi sasaran Cak Lontong. 

Ia mengatakan bahwa Luhut dan Yasonna memiliki kesamaan yang berhubungan dengan batik karena mereka berdua berasal dari suku Batak. 

"Pak Yasonna hadir juga. Pak Luhut dan Pak Yasonna kan Batak karo," kata Cak Lontong.

"Pak Luhut ini Batak Toba, pak Yasonna Batak Toba Nias," jelas Akbar.

"Iya tapi Batak karo, karo-karone Batak (dua-duanya Batak)," timpal Cak Lontok lagi.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo dan ibu Iriana pun nampak terkekeh dengan guyonan dari Cak Lonton dan Akbar itu. Apalagi keduanya berasal dari suku Jawa yang langsung paham dengan maksud dari Cak Lontong itu.

Di samping Luhut Binsar Pandjaitan, terlihat Menteri Sekretariat Negara Indonesia yaitu Pratikno yang memakai kemeja batik berwarna putih dengan motif yang modern. Tetapi menurut Cak Lontong, motif kemeja batik itu bernama Sido Dadi, yang dalam bahasa Indonesia berarti sudah jadi.

"Ini pak Pratikno, batik Sido Dadi," kata Cak Lontong. 

"Bukan itu motifnya batik modern," sahut Akbar.

"Loh itu Sido Dadi, kalau ngga sido dadi ya ngga bisa dipakai. Udah sido dan dadi makanya dipakai," jawab Cak Lontong.

Suasana acara Istana Berbatik pun langsung meriah dengan tawa dan tepuk tangan dari tamu undangan yang datang.

Acara Istana Berbatik menampilkan 503 orang peraga. Catwalk Istana Berbatik memiliki panjang 150 meter dengan latar belakang Istana Merdeka yang megah dan historis. 

Acara ini juga akan menampilkan ragam batik dari berbagai kerajaan, UMKM serta karya perancang busana Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Presiden Joko Widodo meminta masyarakat aktif melestarikan dan mengembangkan kekayaan seni dan budaya Indonesia. Salah satu cara untuk menyampaikan rasa cinta itu adalah dengan memakai batik dalam kegiatan sehari-hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya