Syakir Daulay Habiskan Rp7 Miliar Buat Garap Film, Uang di Rekening Cuma Sisa Rp6 Ribu

Syakir Daulay.
Sumber :
  • VIVA/Rizkya Fajarani Bahar

JAKARTA – Syakir Daulay baru saja terjun ke industri perfilman Tanah Air sebagai seorang sutradara lewat film terbarunya yang berjudul Imam Tanpa Makmum. Pengalaman barunya ini bukanlah hal yang mudah karena tak jarang niat baiknya itu dianggap remeh oleh orang-orang di sekitarnya.

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Syakir Daulay mengungkapkan bahwa keluarganya memang memberikan dukungan untuk semua kegiatan positif yang ia lakukan. Tetapi mereka juga khawatir saat Syakir meminta izin untuk membuat film mengingat biaya yang dikeluarkan pasti dalam jumlah sangat besar. Yuk, scroll untuk tahu cerita lengkapnya.

"Banyak yang anggap remeh karena saya berani buat film yang biayanya sangat besar," kata Syakir Daulay, saat ditemui di kawasan Setiabudi, Jakarta, Rabu 4 Oktober 2023.

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Meski awalnya diremehkan karena di usia muda sudah berani terjun membuat film dengan pengalaman ala kadarnya, Syakir Daulay justru ingin membuktikan bahwa karyanya akan menjawab keraguan banyak orang. Pihak keluarga juga sempat khawatir ia akan ditipu oleh orang lain sebab melibatkan jumlah uang yang sangat besar.

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Syakir Daulay mengungkapkan untuk film Imam Tanpa Makmum ini ia harus merogoh kocek hingga Rp7 miliar. Namun Syakir mengaku sama sekali tidak mau meminta pada orangtuanya karena ia tak mau menjadi beban bagi mereka. 

Bahkan Syakir juga sempat kehabisan uang hingga tidak bisa membayar tim produksi dan para pemain filmnya. Karena nekat menggarap film ini sendirian, Syakir mengungkapkan saat itu isi tabungan di rekeningnya hanya tersisa Rp6 ribu. 

"Syakir bikin film sampai pernah rekening Syakir tuh sisanya Rp6.000," ungkap Syakir.

"Jadi pas duit Rp6.000 ngga keluar kamar seharian. Kerjaannya cuma solawatan, ya Allah hamba mau berjuang buat agamamu buat bantuin dakwah masa ngga ada duit," tambahnya.

Tetapi Syakir Daulay bersyukur dengan bantuan doa dan dukungan dari orang-orang di sekitarnya, akhirnya ia berhasil menciptakan film Imam Tanpa Makmum ini.

Syakir Daulay

Photo :
  • IG @syakirdaulay

"Secara dana ngga ada bantuan orangtua, jadi benar-benar berdiri di kaki sendiri. Tapi untuk doa pasti dari orangtua, guru, dan fans itu pasti dari doa mereka Syakir bisa berdiri di kaki sendiri," ungkapnya.

Syakir juga mendapatkan bantuan dari gurunya yakni Habib Hasan bin Ja’far Assegaf yang mau memberikan dana hingga Rp5 miliar untuk pria 21 tahun tersebut.

"Tapi akhirnya ngobrol sama guru Habib Ja’far Assegaf akhirnya digelontorkan dana sebesar Rp5 miliar buat beresin pembengkakan, karena harus bayar kru dan pemain sedangkan duit waktu itu sudah habis," ujar Syakir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya