Selain Soleh Solihun, Deret Seleb Ini Pernah Dikejar Petugas Pajak

Soleh Solihun
Sumber :
  • VIVA/ Aiz Budhi

VIVA Showbiz – Youtuber Soleh Solihun mengejutkan publik dengan pengakuannya dikejar petugas Pajak. Komika itu mengungkapkan bahwa dirinya tak dipercaya Kantor Pajak terkait pendapatan dari Adsense sebagai Youtuber. 

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Hal itu Soleh Solihun ungkapkan di Akun X (Twitter) @.solehsolihun dengan bercerita bahwa orang pajak masih saja tak percaya dengan penjelasannya dan manajemen soal pendapatannya dari Youtube. Mereka masih terus mengejar dan menanyakan pendapatannya dari Youtube. Yuk, scroll untuk tahu cerita lengkapnya.

Padahal, ia dan manajemennya sudah memberi bukti dari halaman revenue akun Youtubenya bahwa hanya dapat pendapatan selama 2 bulan pada 2018.

Pemerintah Sudah Kantongi Rp 112 Miliar Pajak Transaksi Kripto pada 2024

"Dan tidak dapat duit lagi, orang pajak masih gak percaya juga," katanya.

Fortuner vs Pajero Sport Bekas, Pajak Tahunannya Murah Mana?

Soleh Solihun mengatakan setelah ditelusuri ternyata orang pajak yang terus bertanya soal penghasilan itu ternyata berbeda dengan account representative (AR) yang pernah mendatangi manajemennya.

"Padahal, sama AR yang waktu itu, sudah beres persoalannya," katanya.

Selain Soleh Solihun, ternyata sejumlah artis lain pun sempat mengalami hal serupa. Siapa saja? Berikut rangkumannya dikutip dari berbagai sumber.

Nikita Mirzani

Nikita Mirzani

Photo :
  • IG @nikitamirzanimawardi_172

Artis kontroversial Nikita Mirzani pernah mengalami pengalaman kurang menyenangkan saat 'dikejar-kejar' petugas pajak atas aset yang sebetulnya bukan kepemilikannya. Hal itu diungkap oleh ibu Laura Meizani alias Loly di akun YouTube Opra Entertaiment.

Di momen itu, janda 3 anak itu mengaku pernah didatangi petugas pajak usai syuting sebuah acara di TV swasta nasional dengan dalih menjadi pemilik sebuah lapangan sepakbola. Nikita Mirzani membeberkan bahwa saat itu ia ditagih pajak atas properti lapangan sepakbola dari petugas pajak KPP Pratama Jakarta Pesanggrahan, yang sebenarnya bukan miliknya. 

Sempat terjadi perdebatan lantaran petugas pajak bersikeras meminta bayaran atas lapangan sepakbola tersebut. Nikita Mirzani lantas menyindir sikap petugas pajak yang dianggap 'bermain kotor'.

"Tiba-tiba datang lagi, bilang 'mba sudah lah bayar saja, kalau nggak saya nanti tidak dapat bonus'. Itu bagaimana bu Sri Mulyani, apakah bonus itu yang masuk ke rekening pribadi masing-masing?" ujarnya beberapa waktu lalu.

Soimah

Soimah

Photo :
  • YouTube mojokdotco

Hal serupa dialami Soimah yang harus 'dikejar' petugas pajak dengan menyambangi kediamannya. Bahkan, petugas pajak bertindak semena-mena masuk membuka pagar rumahnya tanpa permisi. Soimah membeberkan bahwa saat itu keluarganya didatangi petugas pajak bersama debt collector.  

"Seakan-akan saya mau melarikan diri. Pokoknya, istilahnya saya dicurigai akan dilakukan pemeriksaan apa gitu. Saya menjelaskan, saya pekerja seni. Apa yang harus dicurigai, kan honorarium sudah dipotong pajak, tinggal lapor," ujar Soimah. 

Miris, Soimah bahkan dituding memanipulasi harga rumah seharga Rp470 juta yang dibelinya dengan mencicil. Soimah menyebut petugas pajak saat itu menuding harga rumahnya jauh lebih besar daripada yang dibelinya. 

Babe Cabita

Komika Babe Cabita.

Photo :
  • VIVA/B.S Putra

Komika Babe Cabita pun merasakan pengalaman tak menyenangkan dari petugas pajak. Ia sempat menyampaikan keluhannya kepada Ditjen Pajak usai kasus Rafael Alun heboh beberapa waktu lalu.

Babe Cabita mengeluh lelah 'dikejar' petugas pajak lantaran utang yang menggunung. Babe Cabita berharap disetujuinya penghapusan denda administrasi sebesar Rp70 juta karena kurang bayar pajak. Babe Cabita mengaku memiliki utang pajak 2019 sebesar Rp167,2 juta yang dibayarkan pada September tahun lalu. Namun, pembayaran itu belum termasuk denda administrasi sebesar Rp70 juta.

"Tolong lah, @DitjenPajakRI @pajakmedantimur @kring_pajak mohon pertimbangannya buat hapus denda Rp70 jutanya. Bayar riba sebesar itu aku nggak sanggup, pada 2019 aku sendiri belum PT jadi kurang informasi. Mohon dipertimbangkan, surat pertama ditolak, ini yang kedua diterima ya," katanya dalam cuitannya.

Dodit Mulyanto

Dodit Mulyanto

Photo :
  • IG @dodit_mul

Senada, komika Dodit Mulyanto juga mengaku 'dikejar' petugas pajak lantaran utang pajak yang sebenarnya sudah dilunasinya. Dodit menjelaskan bahwa sudah melunasi kurang bayar pajaknya pada 2016 yang mencapai Rp184,3 juta. Tetapi, Dodit terpaksa tetap berurusan dengan petugas pajak lantaran ada denda administrasi sebesar Rp80,5 juta yang dikenakan dan memberatkannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya