Artis Tanah Air Pernah Ziarah ke Masjid Al-Aqsa, Siapa Saja?

Mulan Jameela dan Ahmad Dhani di depan Masjid Al-Aqsa
Sumber :
  • Instagram @mulanjameela1

VIVA Showbiz  – Masjid Al-Aqsa di Yerusalem bukan hanya merupakan tempat ibadah penting bagi umat Islam. Masjid tersebut saat ini sedang menjadi perhatian lantaran pihak Israel yang menutup Masjid Al-Aqsa bagi umat Muslim dan hanya membolehkan orang Yahudi untuk beribadah. 

Pendukung Israel Provokasi Mahasiswa Pro Palestina di Universitas California

Terkait dengan hal itu, Masjid Al-Aqsa juga rupanya uga sempat menarik perhatian para selebriti Tanah Air. Beberapa artis terlihat pernah mengunjungi dan berfoto di lokasi suci tersebut. Berikut ini deretan artis Indonesia yang pernah mengunjungi Masjid Al-Aqsa. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

1. Maia Estianty dan Irwan Mussry

Kelompok Kemanusiaan Periksa Persenjataan Mematikan yang Belum Meledak di Gaza

Maia Estianty dan Irwan Musrry di pelataran Masjid Al-Aqsa

Photo :
  • Instagram @maiaestiantyreal

Pada beberapa waktu lalu, Maia Estianty dan suaminya Irwan Mussry sempat berlibur dengan mengunjungi Masjid Al-Aqsa yang berada di Yerusalem. Maia dan sang suami juga menyempatkan diri berpose bersama di pelataran masjid. Dalam potret yang diunggah di akun Instagram pribadinya, Maia tampil dengan mengenakan hijab. 

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

“MaasyaaAllah, Alhamdulillah kita di masjid Dome of the Rock… di pelataran Al Aqsa, Jerusalem… aman tentram sentausa…. Senang berada di kota 3 agama Abrahamik… bersama suami @irwanmussry,” keterangan yang ditulis Maia Estianty, dikutip pada Kamis, 2 November 2023. 

2. Oki Setiana Dewi

Oki Setiana Dewi di depan Masjid Al-Aqsa

Photo :
  • Instagram

Salah satu pendakwah perempuan Tanah Air, Oki Setiana Dewi belum lama ini juga menyesalkan dirinya yang tidak bisa membantu banyak untuk Palestina yang diserang Israel. 

Melalui akun Instagramnya, Oki mengenang saat dirinya berada di kawasan Masjid Al-Aqsa pada sekitar 4 tahun lalu. Dengan video yang diunggahnya, Oki menyuarakan mendukung Palestina. 

“Video kenangan Umma Oki ketika berkunjung ke Kawasan Masjid Al Aqsa di Palestina. Kami berdiri untuk memberikan suara dukungan kepada Palestina???????????? Palestina adalah negeri pilihan. Inilah tanah pilihan, Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menetapkan keberkahan tanah Palestina, tanah yang juga termasuk bagian dari Syam,” tulisnya. 

Mulan Jameela dan Ahmad Dhani di depan Masjid Al-Aqsa

Photo :
  • Instagram @mulanjameela1

Pasangan Ahmad Dhani dan Mulan Jameela juga pernah mengunjungi Masjid Al-Aqsa dalam liburan religi mereka. Saat berlibur, Mulan Jameela bersama Ahmad Dhani dan anak-anaknya tidak hanya mengunjungi beberapa situs Nabi di Yordania, tetapi juga melanjutkan perjalanan ke Palestina. Salah satu tujuan utamanya adalah untuk mengunjungi Masjid Al-Aqsa.

Dian Pelangi di depan Masjid Al-Aqsa

Photo :
  • Instagaram @dianpelangi

Dalam menyuarakan dukungannya terhadap Palestina, Dian Pelangi membagikan foto masa lampaunya saat mengunjungi kota tua Yerusalem dan tampak berfoto di depan Masjid Al-Aqsa. 

“Dari Hebron, Al-Quds 2011. “Saya tetap menegakkan kepala, jauh di lubuk hati saya, saya tidak pernah ragu bahwa Palestina besok akan merdeka.” Dari sungai hingga laut, Palestina akan merdeka,” tulisnya di Instagram. 

Fedi Nuril juga menjadi salah satu deretan artis yang pernah mengunjungi Masjid Al-Aqsa. Namun, dirinya sempat mengalami pengalaman buruk di sana lantaran ditahan oleh tentara Israel. 

"Sewaktu gue dan salah satu kru masuk Masjidil Aqsha untuk salat zuhur dan ambil gambar, gue ditahan di gerbang masuk oleh tentara Israel karena bawa tripod dan wireless mic. Anehnya, walaupun tentara itu bersenjata lengkap, gue nggak merasa takut. Apa yang terjadi di Palestina bukan perang, tapi perebutan paksa. Tentara Israel didukung teknologi militer dari US dan negara maju lain, sedangkan rakyat Palestina bertahan dengan persenjataan seadanya," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya