Ustaz Derry Sulaiman Kritik Podcast Deddy Corbuzier Bahas Soal Palestina-Israel

Ustaz Derry Sulaiman
Sumber :
  • IG @derrysulaiman

JAKARTA – Ustaz Derry Sulaiman memberikan komentarnya untuk konten podcast Deddy Corbuzier dan Buya Arazzy yang membahas soal masalah Palestina dan Israel. Podcast tersebut memang mendapatkan banyak sorotan karena dirasa Deddy Corbuzier kurang tepat mengundang nara sumber.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Lewat unggahan video di akun TikToknya, Ustadz Derry Sulaiman menyentil tayangan tersebut. Ia menilai pembicaraan Deddy Corbuzier dan buya Arazzy sama sekali tidak ada manfaatnya untuk membantu Palestina. Scroll lebih lanjut ya.

"Menurut saya podcast itu tidak ada manfaatnya sedikitpun untuk membantu perjuangan kemerdekaan rakyat Palestina," ujar ustaz Derry Sulaiman dikutip Kamis 9 November 2023.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Ustaz Derry merasa pembahasan dalam podcast tersebut sama sekali tidak penting karena Deddy Corbuzier dan narasumbernya malah ikut campur urusan politik negara lain.

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

"Podcast itu satu jam lebih yang diulang-ulang perkara yang gak penting semua bahas masalah politik negara orang lain itu gak penting. Indonesia 2 juta orang kemarin berkumpul di Monas, kita berkumpul karena Allah karena kepedulian atas kemanusiaan, pembantaian yang terjadi di sana dan ketidaksetujuan kita perlawanan kita terhadap penjajahan," katanya.

Ustaz Derry Sulaiman menegaskan bahwa sejak awal Indonesia merdeka, negara ini sudha menunjukkan keberpihakannya terhadap Palestina. Mengingat Indonesia sendiri pernah mengalami penjajahan sehingga sepakat utuk menghapuskan semua bentuk penjajahan di seluruh dunia.

Ustaz Derry Sulaiman

Photo :
  • IG @derrysulaiman

"Jelas dari awal merdekanya Indonesia kita sudah sepakat dari zaman Pak Soekarno kan, bahwasanya Indonesia stand with Palestina, karena penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan," ujar Ustadz Derry.

Ustaz Derry Sulaiman nampaknya telah menonton podcast tersebut sampai habis. Oleh sebab itu, ia bisa berpendapat bahwa obrolan Deddy Corbuzier dengan Buya Arazzy terkesan menggiring opini penonton. Buya Arazzi dinilai terlalu banyak membeberkan hal negatif tentang Hamas sehingga terkesan menunjukkan dukungannya kepada siapa yang berkuasa saat ini.

"Selama podcast itu saya cuma menangkap narasumber punya maksud dari obrolan satu jam itu menggiring semua penonton Close The Door smart people untuk berhenti membantu perjuangan masyarakat Palestina, khususnya perjuangan kemerdekaan dari mujahidin Hamas. Beliau mengatakan Hamas itu begini begini banyak cerita negatif tentang Hamas dan menunjukkan keberpihakan beliau secara tidak langsung kepada pemerintah berkuasa hari ini," kata Ustaz Derry.

Deddy Corbuzier

Photo :
  • IG @mastercorbuzier

"Kemudian mengulang bolak balik soal donasi yang tak sampai ada pesan tersirat, ya sudah lah nggak usah kalian ikut membantu-membantu Palestina, kalaupun membantu lewat pemerintah saja. Beliau lupa, bahwasanya selama ini banyak aktivis-aktivis kemanusiaan yang telah berbuat dan bahkan membuat rumah sakit Indonesia di Gaza. Begitulah komentar saya tentang podcast yang viral ini," sambungnya.

Ustadz Derry Sulaiman juga menyarankan Deddy Corbuzier seharusnya mengundang narasumber yang lebih capable seperti Bang Onim yang merupakan seorang aktivis kemanusiaan di Indonesia yang sudah belasan tahun tinggal di Gaza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya