Kronologi Susan Sameh Ditipu Gagal Nonton Coldplay, Ternyata Tiket Gak Asli Cuma Duplikat

Susan Sameh
Sumber :
  • Instagram: susansameeh

JAKARTA – Polres Metro Jakarta Selatan telah berhasil mencocok RA salah satu penipu tiket konser Coldplay. RA telah mendapatkan untung hingga ratusan juta dalam menjual kebohongan soal tiket konser itu.

Wow! Ada Senjata HS Kaliber 9 Mm di Dalam Mobil Polisi yang Tewas di Mampang Jaksel

Artis cantik Suzana Sameh alias Susan Sameh pun turut menjadi korban penipuan RA terkait tiket konser. Scroll untuk tahu kronologi lengkapnya. 

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Bintoro mengatakan bahwa RA berhasil ditangkap di kawasan Mampang, Jakarta Selatan pada Rabu 15 November 2023.

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

"Disela-sela manggungnya band papan atas Coldplay, Polres Metro Jaksel melakukan penangkapan terhadap seorang pelaku penipuan dan atau penggelapan tiket konser Coldplay," ujar Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Bintoro kepada wartawan di Polres Metro Jakarta Selatan, Rabu 15 November 2023.

Coldplay Konser di Jakarta

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

Bintoro menjelaskan bahwa RA telah menipu korbannya sebanyak puluhan orang. Dari hasil kerja menipunya itu, RA raup keuntungan hingga Rp312 juta.

"Para korban tertarik dengan beli 24 tiket seharga Rp312 juta," kata Bintoro.

Modus Pelaku Menipu Korban

Bintoro menjelaskan bahwa pelaku menipu korbannya dengan modus mencetak ulang tiket yang asli. Kemudian, tiket itulah yang dijual kepada korban.

"Pelaku inisial RA, di mana modus pelaku RA pertama-pertama dia beli tiket resmi Coldplay, lalu dia memalsukan, menduplikat tiket ini seakan-akan tiket resmi dan asli," kata Bintoro.

Sebelumnya, pelaku memang sempat membeli dua tiket original konser Coldplay. Setelah itu, tiketnya langsung diduplikat. Pun, saat menawarkan pada para korbannya, pelaku menunjukan foto tiket asli dan bukti konfirmasi pembelian tiket asli tersebut. Walhasil, korban yang terbujuk rayu pelaku pun tergiur untuk membeli tiket dari pelaku.

"Sejauh ini penawaran langsung dari mulut ke mulut, para korban merasa terpengaruh bujuk rayuan sehingga melihat pelaku punya tiket asli tergiur. Namun, saat diserahkan tiket yang diduplikat, setelah ditukarkan diketahui itu tiket palsu," tutur Bintoro.

Bintoro menyebutkan bahwa pelaku melancarkan aksinya seorang diri. Kini, RA dijerat dengan pasal penipuan yakni pasal 378 KUHP tentang penipuan dan pasal 372 KUHP tentang penggelapan dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

Korban Angkat Bicara

Susan Sameh buka suara usai menjadi korban penipuan tiket konser Coldplay. Dia menyebutkan bahwa dirinya rugi waktu dan lain-lain. Pasalnya, Susan sudah menunggu sejak lama agar bisa menonton konser tersebut.

"Aku sudah rugi banget waktu, aku yang harusnya hari ini sudah ada di lokasi syuting aku masih terlibat dalam satu project. Aku udah jauh-jauh hari tuk nonton Coldplay dan ditipunya kenapa sih mesti hari H," kata Susan Sameh kesal.

Namun, dia tidak ambil pusing atas kerugian yang menimpanya. Tetapi, masalah ini akan dijadikan sebagai pelajaran penting baginya.

"Coba kalau misalnya dia kasih tahu, misalkan satu bulan sebelumnya dia kasih tahu, ini uangnya aku butuh ini buat misal kebutuhan dia, aku enggak akan kenapa-napa. Tapi kalau nipu udah salah, apalagi hari H, aku bingung nyari tiket lagi di mana," tukas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya