Begini Bentuk Kapal Pembersih Sungai Cisadane yang Disumbang Coldplay

Coldplay sumbangkan kapal pembersih
Sumber :
  • Instagram @theoceancleanup

Jakarta – Coldplay telah sukses menggelar konser pertamanya di Indonesia yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu, 15 November 2023. Dalam konser bertajuk ‘Music of The Spheres’, ia berterimakasih kepada penonton. 

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Kata sang vokalis Chris Martin, penonton di GBK adalah yang terbaik yang pernah ia temui. Diketahui jika penonton konsernya itu ada sekitar 80 ribu orang.

Rupanya ia memberikan kejutan lain selain untuk para penggemar dalam sisi aksi menyanyinya. Sebab, diketahui jika Coldplay menyumbangkan sebuah kapal pembersih.

Polisi Gagalkan Penyeludupan Puluhan PMI Ilegal di Perairan Sumut saat Menuju Malaysia

Coldplay sumbangkan kapal pembersih

Photo :
  • The Ocean Cleanup

Bentuk kapal ini pun sudah diperlihatkan oleh akun Instagram The Ocean Cleanup pada Kamis, 16 November 2023. Kapal tersebut di beri nama Neon Moon II.

ASDP Catat 98,2 Persen Penumpang Ferry Sudah Punya Tiket saat Sampai Pelabuhan

Kerjasama antara The Ocean Cleanup dan Coldplay ini merupakan bagian dari misi The Ocean Cleanup untuk membersihkan lautan dari sampah plastik. Ocean Cleanup ini adalah organisasi yang mengembangkan teknologi untuk melakukan pembersihan sampah plastik di perairan.

Coldplay terus mendukung misi The Ocean Cleanup untuk membersihkan lautan plastik dengan mengadopsi Interceptor kedua mereka, Interceptor 020, alias Neon Moon II, yang akan ditempatkan di Sungai Cisadane di Jakarta,” tulis akun tersebut, dikutip VIVA Jumat, 17 November 2023.

Dikutip dari laman resmi The Ocean Cleanup, Coldplay bekerja sama dengan The Ocean Cleanup pada tahun 2018, mensponsori Interceptor 005 dan membantu pihaknya mengambil langkah awal dalam kampanye dalam mengatasi sungai-sungai paling berpolusi di dunia.

Coldplay sumbangkan kapal pembersih

Photo :
  • The Ocean Cleanup

Menyusul kesuksesan Interceptor 005 di Malaysia, didukung oleh Coldplay dan diberi nama 'Neon Moon I', kini The Ocean Cleanup akan mengerahkan Interceptor kedua, yang saat ini sedang dirakit dan ditujukan ke sungai Cisadane di Jakarta, Indonesia: Interceptor 020, atau 'Neon Moon II'.

Boyan Slat, Pendiri dan CEO The Ocean Cleanup, dan anggota Coldplay mengumumkan pembaruan bersama pada tanggal 15 November saat Coldplay bersiap untuk memulai fase berikutnya dari tur dunia ‘Music of the Spheres’ yang memecahkan rekor pada hari Rabu, 15 November, di Jakarta. 

Selain berkontribusi pada Interceptor 005, Coldplay juga telah memutar cuplikan operasi The Ocean Cleanup kepada para penggemarnya sebelum penampilan mereka menyampaikan pesan kami kepada jutaan pecinta musik di seluruh dunia.

Interceptor 005, bersama dengan Interceptor 002, telah menjadi bagian utama dari operasi The Ocean Cleanup di sungai Klang di Malaysia, dengan lebih dari 1 juta kilogram dicegah mencapai lautan dan membantu berkontribusi terhadap lingkungan yang lebih bersih bagi masyarakat setempat. 

Baik The Ocean Cleanup maupun Coldplay bangga dapat terus bekerja sama mengatasi tantangan global ini dengan Neon Moon II.

“Sangat menyenangkan bagi kami untuk melibatkan Coldplay dan bersama-sama memberikan dampak besar melawan polusi plastik di Asia,” kata Boyan Slat, Pendiri dan CEO The Ocean Cleanup. 

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Coldplay atas bantuan mereka, dan kami tidak sabar untuk segera melihat Neon Moon II beraksi dan mencegat sampah,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya