Berawal dari Lagu Rohani, Ini Perjalanan Spiritual Kiki Fatmala Pilih Pindah Agama

Kiki Fatmala
Sumber :
  • IG @qq_fatmala

Jakarta – Media sosial kembali dihebohkan dengan kabar Kiki Fatmala yang telah meninggal dunia usai melawan penyakit kanker yang menggerogoti tubuhnya sejak beberapa waktu belakangan. Aktris keturunan Sunda-Pakistan itu meninggal dunia di usia 56 tahun. 

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Namun, jauh sebelum itu, Kiki Fatmala sempat membuat heboh dengan perjalanan spiritualnya yang memutuskan pindah agama. Pada Juli 2019, beredar sebuah foto yang memperlihatkan Kiki Fatmala sedang dibaptis di sebuah tempat. 

Dalam foto tersebut, Kiki Fatmala tampak berdoa secara khusyuk sembari di baptis. Ia juga tampak mengenakan pakaian serba putih. Akan tetapi, saat ditanya mengenai kabar dirinya yang pindah agama, Kiki Fatmala saat itu memilih untuk bungkam. 

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Kiki Fatmala

Photo :
  • IG @qq_fatmala
PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

“Aduh gak mau ya ngomongin soal itu ya, soal agama itu sensitif jadi aku no comment. Gak usahlah, gak usah dibahas. Aku santai-santai aja (gak peduli omongan warganet). Tapi aku tidak mau membicarakan masalah agama,” kata Kiki Fatmala dari YouTube Ambo News.

Setelah sekian lama bungkam, akhirnya Kiki Fatmala mengaku bahwa ia telah pindah agama dari Islam ke Kristen. Dia awalnya tergerak pindah keyakinan karena lagu rohani pada 2014 di rumah salah seorang temannya. Secara tak sengaja, air matanya jatuh saat itu. 

“Tahun 2014, saya main ke rumah teman. Pada saat itu saya lagi banyak masalah keluarga. Saya dengerin lagu, waktu itu saya gak ngerti lagu rohani. Tapi saya dengerin lagu di rumah dia dan bikin saya nangis. Air mata saya keluar terus gak bisa berhenti,” kata Kiki Fatmala dikutip dari YouTube Gereja Satu Jam Saja pada 5 April 2021. 

Kiki Fatmala sempat bertanya-tanya soal lagu tersebut. Sampai suatu waktu, ia meminta salah seorang temannya untuk membawa dirinya beribadah di gereja. Namun, Kiki Fatmala khawatir publik akan mengetahui dirinya pergi ke gereja padahal masih beragama Islam. 

Kiki Fatmala

Photo :
  • IG @qq_fatmala

Perjalanan spiritual Kiki Fatmala belum usai, ia kemudian memutuskan untuk menikah dengan pria berdarah bule yang bernama Christopher pada 29 Desember 2020. Namun, ia berbeda agama dengan sang suami, karena Christopher pemeluk agama Buddha sedangkan ia Kristen. 

“Ada kerinduan. Suami saya bukan agama Kristen, dia Buddha. Saya rindu pengin sekali ibadah bareng-bareng. Atau kalau saya dengar ibadah online, kita bisa dengar sama-sama,” papar Kiki Fatmala. 

“Terus saya berdoa, ‘Tuhan, jamah hati Chris untuk bisa menerima Tuhan Yesus. Saya pengin beribadah sama dia setiap hari Minggu,” tandas Kiki Fatmala tertuju pada agama Kristen yang dianutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya