Soal Leon Dozan Damai dengan Rinoa, Polisi: Belum Lihat Hitam Diatas Putih

Leon Dozan
Sumber :
  • Instagram @leondozan.official

JAKARTA – Polisi menegaskan belum ada pernyataan tertulis soal adanya perdamaian antara Leon Dozan dan Rinoa Aurora. Tapi, dia sudah dengar soal hal itu. 

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

"Tapi saya belum melihat hitam diatas putihnya tentang perdamaian antara pelapor dan terlapor," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan, Senin 4 Desember 2023. Scroll lebih lanjut.

Walau ada perdamaian, kata dia, proses penyidikan telah berlangsung. Dia menyebut, dalam ketentuan restorative justice harus memenuhi syarat formil serta materiil.

Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya

"Setelah melakukan penyidikan kami sudah mengirim surat perintah dimulainya penyidikan kepada kejaksaan. Nah kalau pun ada restorative justice, itu ada dua syaratnya, yang pertama adalah syarat formil, dan syarat materiil. Syarat formilnya mungkin sudah ada perdamaian segala macam, kita ya alhamdulillah kalau pelapor dan terlapor sudah berdamai,” katanya.

Remaja yang Tewas di Hotel Jaksel Ternyata Sempat Kejang usai Dicekoki Narkoba

“Tetapi dalam syarat formil, tentunya materil harus kita kaji, salah satu syarat dalam materiil tersebut adalah tidak menimbulkan keresahan atau pun penolakan dari masyarakat karena ini adalah hukum publik dan sempat viral beberapa waktu lalu," sambungnya.

Mantan Kapolsek Metro Gambir ini mengatakan, walau Aurora pilih cabut laporan, Leon Dozan tak bisa begitu saja langsung bebas. "Tidak (langsung bebas), ada prosesnya, restorative justice itu ada prosesnya. Ada peraturan kepolisian nomor 8 tahun 2001 tentang proses restorative justice. Bila terjadi perdamaian antara pelapor dan terlapor, tapi ada syaratnya nanti kita akan pelajari dan analisa," kata dia lagi.

Sebelumnya diberitakan, kasus penganiayaan yang menyeret nama Leon Dozan dan Rinoa Aurora akhirnya menemukan titik terang. Perdamaian antara kedua belah pihak terjadi pada Sabtu, 2 Desember 2023, di sebuah restoran ternama di Jakarta.

Leon Dozan

Photo :
  • Instagram @lambe_turah

Dalam pertemuan ini, Leon Dozan diwakili oleh ibunya, Betharia Sonata, sementara Rinoa Aurora hadir bersama ibunya, Yuliana Asaad.

Perdamaian ini berlangsung dengan penuh perasaan, di mana Betharia Sonata, sebagai ibu dari Leon, tak dapat menyembunyikan kebahagiaannya hingga menangis di hadapan Rinoa. Dalam suasana yang haru, Betharia mengungkapkan rasa syukur dan lega atas penerimaan maaf dari pihak Rinoa Aurora dan ibunya.

Yuliana Asaad, ibunda Rinoa Aurora, dalam pernyataannya menyatakan bahwa keputusan untuk memaafkan dan berdamai dengan Leon Dozan muncul karena rasa simpati dan pemahaman sebagai seorang ibu.

"Adanya perdamaian ya karena kami sudah memaafkan Leon, dan saya sayang dengan ibu Betha juga. Sama-sama seorang ibu dan sama-sama sayang sama anaknya. Saya turut merasakan apa yang dirasakan ibu Betha," ungkap Yuliana.

Leon Dozan Diduga Aniaya Perempuan Jebolan Putri Dirgantara Sulut 2020

Photo :
  • X: tanyakanrl

Pihak Rinoa Aurora juga menyepakati untuk mencabut laporan di kepolisian. 

"Senin, 4 Desember 2023, kami akan cabut laporan," ucap Yuliana Asaad.

Untuk diketahui, Leon Dozan ditetapkan jadi tersangka buntut menganiaya kekasihnya Rinoa Aurora Senduk. Hal itu diungkap Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Susatyo Purnomo Condro.

"Terhadap tersangka kami terapkan Pasal 351 KUHP atau penganiayaan dan terhitung mulai hari ini kami telah menetapkan tersangka dan melakukan penahanan terhadap tersangka," ucapnya kepada wartawan, Jumat 17 November 2023.

Leon juga ditetapkan jadi tersangka karena menghina institusi Polri. Dia dikenakan Pasal 207 KUHP. Adapun polisi langsung melakukan penahanan terhadap Leon.

Rinoa Aurora.

Photo :
  • Instagram @rinoaaurora.

Leon Dozan melakukan penganiayaan terhadap kekasihnya Rinoa Aurora Senduk, yang merupakan perempuan asal Sulawesi Utara (Sulut), Kota Tomohon, yang berstatus sebagai Putri Dirgantara Sulut tahun 2020.

Kasus penganiayaan yang dilakukan Leon itu viral di media sosial setelah diungkap akun menfess @tanyakanrl, pada Kamis, 16 November 2023 pagi. Dalam unggahan tersebut terlihat sejumlah luka lebam di tangan dan di bagian kaki Rinoa.

“Ini ketika aku lari ke toilet karena takut sama dia (Leon). Aku mau telepon mama, tapia da dia di situ. Dia masuk ke toilet perempuan dan memanjat ke atas. Untung mama cepat angkat telepon aku, jadi dia gak bisa berbuat banyak,” tulis narasi foto tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya