Sudah Terima Surat Damai Leon Dozan-Rinoa, Polisi Belum Stop Kasusnya Karena...

Leon Dozan
Sumber :
  • antvklik @Alfa Syahida

JAKARTA – Polisi mengakui sudah menerima pernyataan tertulis soal adanya perdamaian antara Leon Dozan dan Rinoa Aurora.

Bule Australia Berulah di Bali, Bikin Keributan hingga Aniaya Sopir Travel

"Jadi benar bahwa kami, Polres Jakarta Pusat telah menerima surat perdamaian antara Rinoa dengan Leon Dozan," ucap Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan, Selasa 5 Desember 2023. Scroll lebih lanjut ya.

Namun demikian, bukan berarti kasus langsung selesai dan Leon dibebaskan. Pihak kepolisian mengaku perlu berkoodinasi dengan kejaksaan.

Wow! Ada Senjata HS Kaliber 9 Mm di Dalam Mobil Polisi yang Tewas di Mampang Jaksel

"Surat perdamaian tersebut tentunya akan menjadi pertimbangan yang akan kami lampirkan dalam berkas perkara. Karena perkara atas nama tersangka Leon Dozan ini sudah kami kirimkan SPDP kepada kejaksaan, sehingga kami perlu berkoordinasi dengan pihak kejaksaan," katanya.

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Dari hasil koordinasi itu barulah bakal ditentukan tindaklanjut dari kasus itu. Apakah bakal diselesaikan dengan restorative justice atau tidak.

"Karena terus terang kami sudah menangani perkara ini. Nah nanti kami akan koordinasi dengan pihak kejaksaan bagaimana tindak lanjutnya seperti apa dan terkait dengan resorative justice yang diajukan oleh kedua belah pihak tentunya ada persyaratan-persyaratannya, yaitu persyaratan formil berupa surat perdamaian dan juga ada persyaratan materil," katanya.

Rinoa Aurora.

Photo :
  • Instagram @rinoaaurora.

Sebelumnya diberitakan, polisi menegaskan belum ada pernyataan tertulis soal adanya perdamaian antara Leon Dozan dan Rinoa Aurora. Tapi, dia sudah dengar soal hal itu. 

"Tapi saya belum melihat hitam diatas putihnya tentang perdamaian antara pelapor dan terlapor," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan, Senin 4 Desember 2023.

Kasus penganiayaan yang menyeret nama Leon Dozan dan Rinoa Aurora akhirnya menemukan titik terang. Perdamaian antara kedua belah pihak terjadi pada Sabtu, 2 Desember 2023, di sebuah restoran ternama di Jakarta.

Dalam pertemuan ini, Leon Dozan diwakili oleh ibunya, Betharia Sonata, sementara Rinoa Aurora hadir bersama ibunya, Yuliana Asaad.

Perdamaian ini berlangsung dengan penuh perasaan, di mana Betharia Sonata, sebagai ibu dari Leon, tak dapat menyembunyikan kebahagiaannya hingga menangis di hadapan Rinoa. Dalam suasana yang haru, Betharia mengungkapkan rasa syukur dan lega atas penerimaan maaf dari pihak Rinoa Aurora dan ibunya.

Yuliana Asaad, ibunda Rinoa Aurora, dalam pernyataannya menyatakan bahwa keputusan untuk memaafkan dan berdamai dengan Leon Dozan muncul karena rasa simpati dan pemahaman sebagai seorang ibu.

Leon Dozan Diduga Aniaya Perempuan Jebolan Putri Dirgantara Sulut 2020

Photo :
  • X: tanyakanrl

"Adanya perdamaian ya karena kami sudah memaafkan Leon, dan saya sayang dengan ibu Betha juga. Sama-sama seorang ibu dan sama-sama sayang sama anaknya. Saya turut merasakan apa yang dirasakan ibu Betha," ungkap Yuliana.

Pihak Rinoa Aurora juga menyepakati untuk mencabut laporan di kepolisian. 

"Senin, 4 Desember 2023, kami akan cabut laporan," ucap Yuliana Asaad.

Untuk diketahui, Leon Dozan ditetapkan jadi tersangka buntut menganiaya kekasihnya Rinoa Aurora Senduk. Hal itu diungkap Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Susatyo Purnomo Condro.

"Terhadap tersangka kami terapkan Pasal 351 KUHP atau penganiayaan dan terhitung mulai hari ini kami telah menetapkan tersangka dan melakukan penahanan terhadap tersangka," ucapnya kepada wartawan, Jumat 17 November 2023.

Leon juga ditetapkan jadi tersangka karena menghina institusi Polri. Dia dikenakan Pasal 207 KUHP. Adapun polisi langsung melakukan penahanan terhadap Leon.

Leon Dozan melakukan penganiayaan terhadap kekasihnya Rinoa Aurora Senduk, yang merupakan perempuan asal Sulawesi Utara (Sulut), Kota Tomohon, yang berstatus sebagai Putri Dirgantara Sulut tahun 2020.

Kasus penganiayaan yang dilakukan Leon itu viral di media sosial setelah diungkap akun menfess @tanyakanrl, pada Kamis, 16 November 2023 pagi. Dalam unggahan tersebut terlihat sejumlah luka lebam di tangan dan di bagian kaki Rinoa.

“Ini ketika aku lari ke toilet karena takut sama dia (Leon). Aku mau telepon mama, tapia da dia di situ. Dia masuk ke toilet perempuan dan memanjat ke atas. Untung mama cepat angkat telepon aku, jadi dia gak bisa berbuat banyak,” tulis narasi foto tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya