Miss Prancis Tuai Kontroversi Gegara Hal yang Dianggap Sakral

Eve Gilles MISS PRANCIS
Sumber :
  • Istimewa

PrancisMiss Prancis yang memangkan kontes kecantikan bergengsi belum lama ini menuai kontroversi, hal ini gegara dia memiliki rambut pendek yang dianggap sakral.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Dilansir dari Mirror, Selasa, 19 Desember 2023, biasanya pemenang memiliki rambut panjang dan tergerai, namun tahun ini Eve Gilles, 20 tahun, dari Nord-Pas-'de-Calais, menang dengan memiliki rambut potongan pixie.

Eve Gilles MISS PRANCIS

Photo :
  • Istimewa
Kutukan Sungkyunkwan Scandal: 5 Pemerannya Terjerat Kontroversi Bertubi-tubi!

Ia dinobatkan sebagai pemenang oleh juara pertama sebelumnya, Indira Ampiot, di depan 7,5 juta pemirsa.

Namun, para juri menghadapi reaksi keras dan dituduh telah 'bangun' setelah Gilles diumumkan sebagai pemenang. Dia membalas dengan mengatakan: "Kami terbiasa melihat Nona cantik dengan rambut panjang, tapi saya memilih penampilan androgini dengan rambut pendek."

Sosok Arj Barker, Komika yang Dihujat Gegara Usir Ibu Menyusui saat Acara Stand-Up Comedy

Ia memuji kemenangannya sebagai kemenangan untuk "keberagaman," dan menambahkan: "Tidak ada yang boleh mendikte siapa Anda."

Kemenangan yang diraih Eve Gilles dipilih, setengahnya melalui voting publik dan setengahnya lagi oleh juri. Giles berada di urutan ketiga dalam pemungutan suara publik, namun berhasil menduduki peringkat pertama oleh para juri. Dia adalah pemenang pertama tanpa rambut panjang dalam sejarah 103 tahun kompetisi ini.

Para penggemar kontes yang tidak puas dengan kontes tersebut menggunakan X, yang sebelumnya bernama Twitter, untuk mengeluhkan keputusan tersebut. Salah satunya menulis:

"Miss France bukan lagi kontes kecantikan, melainkan kontes yang didasarkan pada inklusivitas." Yang lain mengklaim bahwa ini bukan tentang rambutnya, dengan mengatakan: "Kami tidak peduli dengan potongan rambutnya, tetapi tubuh androgini jelas ada di sana untuk menunjukkan bahwa ia adalah seorang wanita."

Terlepas dari hal-hal negatif yang muncul di media sosial, ada juga yang mendukung Miss Prancis yang baru. Seorang penggemar menulis: "Mungkin #MissFrance yang baru tidak cantik di mata Anda, tetapi melihat wokeism dalam dirinya karena dia memiliki rambut pendek .... Itu sangat konyol."

Eve Gilles MISS PRANCIS

Photo :
  • Istimewa

Giles, yang ingin menjadi ahli statistik, sedang belajar Matematika dan Ilmu Komputer di Universitas Lille.

Pengguna X lain yang mendukung menulis: "Eve Gilles adalah Miss France 2024 yang baru, kritik Anda yang jahat dan tidak berguna tidak akan mengubahnya, dia luhur."

Anggota parlemen Sandrinne Rousseau, seorang tokoh penting dalam gerakan MeToo di Prancis, memberikan pembelaan dengan mengatakan: "Jadi, di Prancis, pada tahun 2023, kita mengukur kemajuan penghormatan terhadap perempuan dari panjang rambut mereka?" Rousseau juga mengenakan rambutnya dengan potongan pixie, yang telah menjadi simbol penting sebagai bagian dari gerakan MeToo di Prancis.

Anggota parlemen lainnya, Karima Delli, menulis: "Dukungan besar untuk Ève Gilles, #MissFrance2024, dalam menghadapi cuitan-cuitan penuh kebencian di jejaring sosial yang penuh dengan kekerasan! Telanlah racun Anda, dia tidak hanya luar biasa, Miss Nord pas de Calais juga cerdas dalam merangkul keragamannya!"

Orang tua Gilles berasal dari Réunion, sebuah pulau di Samudra Hindia dan merupakan wilayah luar negeri Prancis. Dia mengkampanyekan standar kecantikan yang "beragam" menjelang final kompetisi.

Menurut Telegraph, saat final dia berkata: "Saya ingin menunjukkan bahwa kompetisi ini berkembang dan masyarakat juga, bahwa representasi wanita beragam, menurut saya kecantikan tidak terbatas pada potongan rambut atau bentuk tubuh yang kita miliki... atau tidak."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya