Cerita Dery Eks Bassist Vierra, Perdalam Agama Islam Saat Berada di Puncak Karier

Dery Eks Bassist Vierra
Sumber :
  • Tangkapan Layar

JAKARTA – Deryansha Azhary atau yang dulu lebih dikenal dengan nama Dery Vierra, merupakan mantan atau eks bassist dari band Vierra atau yang sekarang bernama Vierratale, bercerita mengenai proses dirinya hijrah atau memperdalam agama Islam saat kariernya bersama Vierra sedang berada di atas.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Diketahui, Vierra sempat menjadi band yang sangat diperhitungkan di dunia musik Tanah Air. Vierra debut tahun 2008 dan langsung diterima dengan baik di industri musik Tanah Air. Saat itu, jadwal Vierra manggung sangat padat hingga mendatangkan banyak pundi rupiah. Scroll lebih lanjut ya. 

"Masuk (Vierra) nyaman, (enak) banget. Iya (uang dari band besar). Waktu itu tur kan tiap hari bahkan tiap weekend," kata Dery saat berbincang dengan Denny Sumargo dalam channel YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo, dikutip VIVA, Rabu, 20 Desember 2023. 

Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Penistaan Agama Terkuak, Ternyata Buat Cari Endorse

Saat sedang asyik dengan kegiatannya bersama Vierra, Dery kemudian ada di fase ingin memperdalam agama Islam atau hijrah. Saat ditanya penyebabnya, Dery merasa salah satunya adalah uang yang ia dapat cepat habis karena gaya hidup yang berubah drastis.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

"Mungkin waktu itu hanya saya yang merasakannya," kata Dery.

"Waktu itu ngeband Vierra, duit banyak apa segala macam. Kok merasa cepat habis karena gaya hidup pasti naik, lifestyle, nongkrong, kebutuhan, fashion pasti naik. Saya pribadi. Tiap bulan (habis) banyak (uang)," tambahnya. 

Dery saat itu merasa memiliki banyak uang namun cepat habis. Bahkan, saat melihat rekening, Dery tidak sadar telah mengeluarkan uang dalam jumlah banyak. Sampai akhirnya ia mulai berkaca dan merefleksikan diri. 

"Makanya ketika begitu sadarnya di situ, kemana uangnya. Akhirnya mulai berkaca, refleksikan diri," ucapnya.

Dery Eks Bassist Vierra

Photo :
  • Tangkapan Layar

Selain itu, Dery juga merasa ada beberapa gaya hidup yang dirasa terlalu jauh saat dirinya masih aktif sebagai seorang musisi band. Saat menjelaskan itu, Dery mengatasnamakan dirinya sendiri dan tidak menyangkut band atau yang lainnya. Ia bercerita berdasarkan pengalamannya. Dery akhirnya berkaca pada diri sendiri dan berpikir tenteng Allah. 

"Ada aja ketemu sama orang-orang yang main sosor, ada aja ketemu orang langsung main bekep apa segala macam. Itu masih di panggung, belum proses perjalanan, di mobil ada lagi orang-orang yang mungkin tidak merasa nyaman bagi kita. Turun hotel ada lagi ketemu ABCDEFG," kata Dery.

"Alhamdulillah waktu itu, meskipun jujur jauh dari agama gitu ya tapi saya juga muslim dari lahir gitu ya. Sehingga langsung terkonek bahwa memiliki fitrah manusia Alhamdulillah Allah masih jaga. Kok kepikiran dengan berkurangnya saldo, dengan tidak adanya rekening, dan seterusnya. Langsung Allah antarkan kepada ini jangan-jangan, ada keberkahan yang aku cabut, kata Allah, mikirnya gitu," tambahnya. 

Dery semakin mantap untuk memperdalam agama saat bertemu dengan seseorang yang pertama kali ia temui di sebuah masjid di salah satu apartemen di kawasan Ciledug. Ia mengobrol dengan orang tersebut tentang agama Islam, salah satunya soal Iktikaf.

Keputusan Dery memperdalam agama pun semakin besar. Ia tidak melupakan ibadah seperti salat saat sedang ada jadwal show dengan Vierra. Sampai suatu hari, Kevin Aprilio yang merupakan keyboardist dari Vierra mendukung langkah Dery. 

"Kevin nanya waktu itu, 'Der emang lo udah seserius ini ya'. Ini yang belum banyak yang tahu juga. 'Oh iya serius gua pengen belajar' dia (Kevin) baik banget sangat kooperatif," kata Dery.

Keputusan Dery memperdalam agama Islam semakin kuat hingga akhirnya tidak jadi bagian dari Vierra lagi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya