Korban Penipuan Berkedok Giveaway Makin Banyak, Baim Wong Kasih Pesan Ini Buat Pelaku

Baim Wong
Sumber :
  • IG @baimwong

VIVA Showbiz – Kedok penipuan yang mengatasnamakan Baim Wong rupanya masih marak terjadi di luar sana. Sudah sejak lama, banyak netizen yang mengeluh telah menjadi korban penipuan yang menjanjikan hadiah atau giveaway berupa uang puluhan hingga ratusan juta rupiah. Namun, mereka dipaksa mengirimkan sejumlah uang terlebih dahulu sebagai jaminan pencairan hadiahnya.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Bahkan hingga tahun 2024 ini, penipuan semacam itu masih banyak menelan korban. Baim Wong pun selaku orang tercatut namanya sampai merasa kesal dan tak tahu harus berbuat apalagi. Meski sudah mengancam dengan laporan kepolisian, nampaknya banyak oknum penipu yang masih saja tidak takut maupun jera. Scroll untuk tahu cerita lengkapnya.

Lewat unggahan terbaru di Instagram, Baim Wong memberikan contoh sebuah video ketika penipu sedang beraksi menghubungi seorang wanita. Seolah sudah bosan dengan hal itu, Baim Wong menyebutnya seperti rutinitas yang terjadi dari tahun ke tahun.

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

"Selamat tahun baru. Rutinitas tiap tahun, selalu nasehatin jangan sampe ketipu ya," tulis Baim Wong di Instagram, dikutip Selasa 2 Januari 2023.

Remaja di Jaksel Sempat Open BO Sebelum Tewas Dicekoki Narkoba di Hotel

Baim Wong berkali-kali mengingatkan semua orang agar tidak mudah percaya dengan penipuan berkedok giveaway yang mengatasnamakan dirinya. Sayangnya, masih banyak saja korban yang membuat aduan serupa.

Bapak dua anak itu lantas berpesan kepada para penipu di luar sana agar berhenti mengatasnamakan dirinya apabila hendak melakukan tindak kejahatan. Ia melarang para penipu memakai namanya lagi jika tak mau berhenti menipu orang lain.

"Kalau masih pengen nipu, nipunya jangan pake nama gueee," sambungnya.

Dalam video yangg dibagikan oleh Baim Wong, terdengar suara seorang wanita yang sedang melakukan panggilan WhatsApp. Kontak di ponsel itu diberi nama Baim Wong dengan memakai foto profil wajah sang artis dan istrinya, Paula Verhoeven.

Wanita itu menegaskan bahwa ia diminta untuk mengirimkan uang sebesar Rp1,2 juta kepada sang penipu untuk administrasi jaminan agar hadiah bisa segera cair. Penipu itu pun menyakinkannya dengan menjelaskan bahwa uang yang dikirimkan akan segera dikembalikan lagi bersama dengan hadiah yang diterima.

"Ibu jangan khawatir dana tersebut akan kami kembalikan bersama dengan dana hadiah Anda," kata sang penipu.

Beruntung, wanita dalam video tersebut dengan sigap menyadari modus penipuan yang sedang menimpanya. Ia lantas mencaci maki pelaku dan melontarkan kalimat kasar karena sudah memengaruhi orang lain dengan cara yang tidak benar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya