Denny Sumargo Penasaran Soal Cara Poligami, Begini Jawaban Ustaz Khalid Basalamah

Ustaz Khalid Basalamah dan Denny Sumargo
Sumber :
  • Tangkapan Layar

Jakarta – Denny Sumargo baru-baru ini membahas soal poligami dengan Ustaz Khalid Basalamah saat hadir menjadi bintang tamu di kanal YouTube pribadinya. Pria yang akrab dengan sapaan Densu itu penasaran soal pandangan Islam mengenai poligami. 

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Poligami merupakan pernikahan seorang pria dengan lebih dari satu wanita dalam waktu bersamaan. Denny Sumargo penasaran dengan agama Islam sendiri apakah menerima poligami yang menjadi sebuah keharusan di lingkungan masyarakat. 

"Pertama, umat-umat wanita yang ingin bertanya tentang poligami, karena kan poligami itu yang saya tahu sejarahnya itu kan dari Nabi. Nah di masyarakat banyak kalimat-kalimat bahwa berpoligami itu menjadi sebuah keharusan untuk wanita dalam Islam menerima hal itu. Pertanyaannya, apakah itu benar atau tidak, Ustadz?," tanya Denny Sumargo.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Ustaz Khalid Basalamah dan Denny Sumargo

Photo :
  • Tangkapan Layar

Ustaz Khalid Basalamah kemudian menjelaskan bahwa pembahasan mengenai poligami menempati urutan tertinggi dalam ilmu pernikahan Islam. Islam mengajarkan pernikahan dari tahap mendasar, mulai dari perkenalan, proses menikah, sampai pendidikan anak

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Oleh sebab itu, keputusan untuk melakukan poligami tersebut harus dibarengi dengan kematangan ilmu mengenai pernikahan. Memilih untuk berpoligami bukan hanya karena ingin menuruti hawa nafsu yang menggebu-gebu saja. 

“Kalau poligami itu sebenarnya bahasan tertinggi dalam bab nikah dalam Islam. Jadi dimulai dari pernikahan dulu, tata caranya. Apa sesuai dengan agama, dari proses perkenalan, sampai proses pernikahan,” jelas Ustaz Khalid Basalamah.

Ustaz Khalid Basalamah

Photo :
  • YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo

“Kalau udah jadi suami istri, terus punya anak, hak anak-anak, pendidikan mereka, kemudian hak kerabat. Baru kemudian pindah level demi level sampai nanti masuk ke pembahasan poligami," sambungnya.

Denny Sumargo tampak tercerahkan setelah mendengar jawaban dan penjelasan dari Ustaz Khalid Basalamah. Sebelum itu, suami dari Olivia Allan itu mengira bahwa poligami bisa dilakukan oleh siapa saja asalkan mendapatkan izin dari istri pertama

"Oh jadi harus melewati (tahap) itu dulu? Kalau itunya belum bagus gimana?" tanya Densu.
"Ya harusnya, ibaratnya orang kalau mau buka cabang perusahaan kan harus sehat dulu perusahaan yang pertama," tegas Ustaz Khalid.
"Oh supaya ada aturannya, saya mengerti, saya mengerti," pungkas Densu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya