Musisi Bangsa Lintas Generasi Ramai-ramai Bikin Album Nasionalis

Nyanyian Rumah Indonesia
Sumber :
  • Viva.co.id/Aiz Budi

VIVA – Musisi senior Tanah Air, Pay Burman bekerja sama dengan sahabat kecilnya Ahmad Doli Kurnia, membuat sebuah proyek untuk negeri yakni album musik yang berisi lagu-lagu bertema nasionalis.

Menuju Halal, Dul Jaelani Sebut Ibunda Tissa Calon Mamah

Album yang bertajuk Nyanyian Rumah Indonesia itu merupakan album musik yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa Nasional anak-anak muda Indonesia. Ada sembilan lagu dalam album ini di antaranya adalah lagu Rayuan Pulau Kelapa dan Dari Sabang Sampai Merauke yang diaransemen ulang dengan musik yang kekinian.

Kepada media, Pay menjelaskan bahwa menyampaikan atau meluapkan rasa nasionalis bisa melalui banyak cara, salah satunya lewat lagu.

Saat Dul tanya ke Ahmad Dhani: Tissa Mirip Tante Mulan?

“Gue percaya bahwa musik bisa jadi alat ideologis bukan hanya sekadar hiburan. Tugas gue menyampaikan informasi tentang Indonesia melalui musik supaya pesan itu sampai,” kata Pay di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Selasa, 1 Oktober 2019.

Terlebih lagi Pay menambahkan bahwa nilai-nilai rasa cinta Tanah Air dalam album ini harus sampai kepada generasi muda penerus bangsa. 

Mulan Jameela Bantu Ahmad Dhani Biayai Janda Korban Kecelakaan Dul

“Makanya musik sebagai alat ideologis itu pesannya harus sampai, harus ada. Data itu harus ada di anak-anak sekarang. Sebenarnya enggak cuma kita, tapi secara bersama-sama gitu,” ucap Pay.

Musisi yang terlibat bisa dibilang lintas generasi. Salah satu musisi muda yang terlibat dalam penggarapan album ini adalah Dul Jaelani, sebagai musisi termuda yang terlibat Dul merasa sangat bangga. Putra bungsu Ahmad Dhani dan Maia Estianty itu menambahkan bahwa dirinya memiliki rasa Nasionalis yang tinggi.

“Alhamudlullah dalam album ini sudah ada dua single. Dan sebenernya ini mungkin aku mempunyai rasa nasionalis yang tinggi cuma masih terpendam saja. Lama kelamaan main sama Bang Pay,” ujar Dul.

Setelah selesai masa penggarapannya nanti, album ini tidak diperjual belikan, tetapi akan disebarkan dan diedarkan secara gratis. Selain Pay dan Dul, beberapa musisi lain juga terlibat seperti Yuke Sampurna, Steven Coconut, Dewiq, Lobow, Sandy Canester, dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya