Anti You, Kisah Janina Bertemu Toxic Lahirkan Sebuah Lagu

Janina
Sumber :
  • Dokumentasi Janina

VIVA – Dalam perjalanan hidup, besar kemungkinan kita akan berinteraksi dengan orang-orang toxic. Orang-orang toxic bisa datang dari kalangan pertemanan, keluarga, atau bahkan pasangan, yang dengan entengnya meremehkan, menghakimi, dan menjatuhkan. 

Heboh Lagi! Han Seo Hee Kembali Bikin Gempar Usai Skandal Ahn Hye Seop, Ada Apa?

Berurusan dengan orang-orang toxic terkadang mampu mempengaruhi perasaan dan perilaku.  Berangkat dari pengalaman tersebut, Janina, penyanyi muda berusia 20 tahun, terinspirasi untuk membuat lagu berjudul anti-you.

Lagu anti-you bercerita tentang perjuangan untuk pulih dari perasaan terluka karena ucapan yang menyakitkan dan merendahkan. 

Luna Maya Sutradarai Series Soal Toxic Relationship, Akui Relate dengan….

“Walaupun menyakitkan, aku tidak akan membiarkan mereka mempengaruhi apalagi mengendalikan hidup aku. Kita tidak akan masuk perangkap negatif mereka karena kita memilih untuk menyebarkan cinta dan bukan kebencian. Kita move-on dengan hidup kita dengan menjadi orang yang kebalikan dari mereka, dengan cara menghormati dan menghargai orang lain, itulah anti-you”, kata Janina berdasarkan keterangan tertulis yang diterima VIVA.

Lagu anti-you yang bernuansa pop dan jazz ini merupakan hasil kolaborasi Janina dengan musisi terkenal, yaitu Mery Kasiman (Arranger & Music Producer), Julian Marantika (Arranger & Keyboards), Kevin Yosua (Electric Bass), Elfa Zulham (Drums), Brury Effendy (Trumpet & Flugelhorn) dan Danny Ardiono (mixing & mastering).  

Hindari Hubungan Toxic, Ini 8 Tanda Pasangan yang Doyan Selingkuh

Proses pembuatan lagunya membutuhkan waktu sepuluh hari, dari ide awal sampai akhir lagu berserta chords-nya. Setelah itu, butuh dua bulan untuk mengaransemen, merekam vocal dan instrument di studio hingga proses mixing & mastering.

Bagian tersulit dalam penggarapan lagu ini adalah menuangkan emosinya ke dalam lagu. Janina sangat terbiasa untuk menekan perasaannya, sehingga perlu upaya tersendiri untuk lebih terbuka dan keluar dari comfort zone-nya.

Janina berharap, lagu ini dapat menghibur masyarakat yang pernah mengalami hal yang sama dan juga membangkitkan kesadaran bahwa perilaku toxic itu tidak bisa diterima. 

“Tidak usah membalas dendam, tinggalkan orang-orang toxic, gunakan waktu dan energi mu untuk menyebar cinta dan bertumbuh bersama orang-orang yang selalu mendukungmu,” kata Janina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya