K-Pop Lovers, Intip Rekomendasi Musik Korea Lintas Generasi

Shinhwa.
Sumber :

VIVA – Hasil riset yang dirilis Twitter pada Januari 2022 menunjukkan bahwa K-Pop merupakan topik diskusi yang dominan di platform tersebut. Diketahui ada sekitar 7,8 miliar cuitan terkait K-Pop, pada periode 1 Juli 2020 hingga 30 Juni 2021 secara global. 

Berapa Banyak Uang yang Didapat Para Idol dari Aplikasi Bubble?

Nah, sebagai salah satu negara dengan jumlah penggemar K-Pop terbesar di dunia, Indonesia sendiri menempati posisi teratas untuk jumlah fans musik K-Pop terbanyak di dunia maya pada 2021, berdasarkan hasil riset terbaru dari Twitter. Dari sisi artis, lima besar yang paling populer sebagai topik diskusi adalah BTS, NCT, BLACKPINK, EXO dan TREASURE. 

Perlu diketahui, sejak budaya pop Korea Selatan yang dikenal dengan 'Korean Wave' atau 'Hallyu' (bahasa Korea) mendunia dalam dua dekade terakhir, hampir semua aspek budaya Korea dapat ditemui di mana saja, termasuk Indonesia. Mulai dari gaya busana, produk kecantikan dan perawatan muka, makanan, bahasa dan tentunya film dan musik. 

Big Hit Music Bakal Buka Audisi Global Buat Boy Group Baru

Istilah K-Pop (kependekan dari Korean Pop Music) mengacu tidak saja pada genre musik, tapi juga mencakup gaya busana, kecantikan dan gaya hidup yang dibawakan oleh para musisi atau artis Korea

BIGBANG.

Photo :
  • Koreaboo
5 Potret Keharmonisan Keluarga Shin Tae-yong dan Istri Cantiknya yang Bak Artis Korea

Melihat fenomena yang ada, Resso, aplikasi streaming musik sosial pertama di Indonesia, bulan ini menyoroti genre musik K-Pop lewat daftar putar unggulan bertajuk Pengenalan Pertama Pada K-Pop (P3K).

Program P3K ini mengajak pengguna untuk mendengarkan K-Pop dari masa ke masa. Guna mendukung interaksi antar penggemar K-Pop, disediakan ragam fitur-fitur interaksi sosial yang dapat dinikmati oleh para penggemar sembari mendengarkan musik favorit.

Matthew Tanaya, Artist Promotions Lead Resso Indonesia mengatakan bahwa selama dua dekade terakhir, kita telah menyaksikan bagaimana genre musik asal Korea ini telah membuka babak baru bagi industri musik dunia lewat musisi penuh bakat, sajian musik yang menyentuh hati, dan aksi panggung yang mengundang decak kagum penggemar di seluruh dunia. 

Tidak hanya itu, komunitas K-Popers juga dikenal sebagai salah satu komunitas penggemar yang memiliki rasa kebersamaan dan interaksi sosial yang luar biasa. 

BTS.

Photo :
  • Soompi

"Berangkat dari fenomena ini, kami ingin memfasilitasi komunitas K-Popers untuk menikmati lagu dari artis atau grup musik favorit mereka sambil berinteraksi dengan penggemar K-Pop lainnya di Resso. Didukung oleh berbagai fitur interaksi sosial yang tersedia dalam aplikasi, termasuk lewat program P3K, kami harap para K-Popers dapat menikmati lagu unggulan dari musisi favorit mereka lintas generasi secara bersama-sama," jelasnya, dalam keterangannya, Selasa, 12 April 2022.

Pada bulan April 2022 ini, Resso sendiri  telah mengurasi dan meluncurkan beberapa daftar putar yang menyoroti musik K-Pop melalui sejumlah artis lintas generasi. Daftar putar P3K ini akan dirilis dalam dua tahap:

Tahap pertama 12-14 April 2022 

Gen 1-4 – Kilas balik ke perjalanan grup K-Pop Generasi pertama seperti Shinwa, BoA; Generasi kedua, Super Junior, Bigbang, Girl's Generations; Generasi ketiga, BTS, Blackpink, Twice; dan Generasi terkini seperti aespa, Stray Kids, Tomorrow x Together.

Rookie Spotlight – Menyoroti para debutan yang beraspirasi untuk menjadi the next big thing seperti NMIXX, P1Harmony, dan Ive.

blackpink

Photo :
  • U-Report

Tahap kedua 24-26 April 2022 

K-Pop Boys Club – Daftar putar lagu yang dinyanyikan oleh boy-group seperti NCT Dream, TREASURE, serta Enhypen

K-Pop Girls Club – Daftar putar lagu yang didedikasikan bagi girl-group seperti (G)I-DLE, Red Velvet, dan ITZY

Top Tracks K-Pop – Daftar putar lagu-lagu yang paling banyak didengarkan pengguna di Resso, di antaranya TREASURE, Lisa, dan Secret Number

K-Pop Tiktok Hits - Daftar putar Best of K-Pop yang viral di Tiktok

Korean OST Hits - Kumpulan lagu-lagu soundtrack populer dari K-Drama kesayangan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya