Evoria Festival Siap Rayakan Hari Musik Nasional 2023

Jumpa Pers Perayaan Hari Musik di M Bloc
Sumber :
  • VIVA / Ichsan Suhendra

VIVA Showbiz – Hari Musik Nasional di Indonesia diperingati setiap tanggal 9 Maret. Hari ini ditetapkan oleh pemerintah Indonesia melalui Keputusan Presiden No. 11 tahun 2012 sebagai upaya untuk meningkatkan apresiasi dan penghargaan terhadap seni musik sebagai warisan budaya Indonesia.

Selamat! Stephanie Poetri, Anak dari Titi DJ Umumkan Telah Bertunangan

Peringatan Hari Musik Nasional bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya seni musik sebagai bagian dari kekayaan budaya bangsa, serta untuk mempromosikan berbagai jenis musik Indonesia, termasuk musik tradisional dan modern. Scroll lebih lanjut ya.

Di hari ini, biasanya diadakan berbagai acara dan kegiatan yang berkaitan dengan musik, seperti konser musik, festival musik, pertunjukan musik, serta diskusi dan seminar tentang seni musik. Seperti yang dilakukan antara Diplomat Evo berkolaborasi dengan M Bloc Entertainment dan Alive Indonesia.

Rizky Febian dan Mahalini Bakal Menikah di Bali pada 5 Mei

Mereka akan menyelenggarakan Evoria Festival & Conference 2023. Ini merupakan ajang festival sekaligus konferensi musik populer yang difokuskan bagi para musisi pendatang baru terkurasi dan diadakan selama dua hari di beberapa venue di M Bloc Space, Jakarta Selatan pada Sabtu dan Minggu, 11-12 Maret 2023.

SYL Juga Bayar Biduan Pakai Hasil Uang Korupsi Kementan, Saksi: Rp100 Juta Sekali Transfer

Festival Musik Evoria akan menampilkan belasan musisi dan band pendatang baru yang telah lolos kurasi, mengikuti program inkubasi bersama para profesional industri musik nasional serta telah melakukan tujuh showcase sebelumnya di beberapa venue di Jakarta, Bekasi, dan Tangerang.

Seperti diketahui, sejak pertama kali diluncurkan pada November tahun lalu, berhasil terjaring 462 musisi dan band pendatang baru dari berbagai daerah di Indonesia yang ikut mendaftarkan musik mereka.

Jumpa Pers Perayaan Hari Musik di M Bloc

Photo :
  • VIVA / Ichsan Suhendra

Para pendatang baru terbaik angkatan pertama yang kerap dijuluki Evoria 10 tersebut yakni Brian Rahmattio (Padang), Egi Virgiawan, Eleanor Whisper (Medan), Milka Eime, Shoki, Virdania, Reyner, Dayze (Medan), Pink Pitch, dan Hippotopia.

“Selama mengikuti Evoria, saya mendapatkan banyak sekali wawasan dari mentor-mentor yang berpengalaman di bidangnya masing-masing. Ilmu tersebut mempermudah saya untuk menyusun strategi dalam berkarya, baik dalam proses pembuatannya maupun pemasarannya. Tidak sampai di situ, saya juga mendapat banyak relasi baru dengan gigs setempat, media, dan teman-teman sesama emerging artist,” kata Milka Eime, salah seorang solois dari Evoria 10.

Selain aksi musik dari para pendatang baru di atas, Evoria Festival juga akan dimeriahkan oleh serangkaian penampilan dari beberapa band bintang tamu nasional terkemuka, di antaranya The Upstairs, The Adams, The SIGIT, The Panturas, HMGNC, Perunggu, Bottlesmoker, hingga The Sugar Spun. Masing-masing bintang tamu ini akan tampil di beberapa panggung Evoria yaitu di M Bloc Live House, Foya, dan Bloc Bar.

Armand Maulana.

Photo :
  • Instagram/armandmaulana04

Sementara Konferensi Musik Evoria yang digelar bersamaan waktunya dengan festival musiknya akan menghadirkan para pembicara praktisi profesional industri musik dan showbiz nasional yang bakal memaparkan berbagai topik penting, tips, trik, best practice yang berguna bagi pemajuan karier musisi dan band di kancah industri musik.

Evoria Music Conference akan mengambil tempat di Creative Hall, M Bloc Space mulai pagi hingga sore hari pada 11 dan 12 Maret 2023. Figur-figur musik terkemuka yang akan berbagi pada sesi ini di antaranya Armand Maulana (vokalis GIGI) yang akan berbicara tentang Hidup dari Musik, Arian 13 (Seringai) yang akan berbagi materi tentang strategi sukses menjual merchandise band.

Selain itu masih ada David Karto (Synchronize Fest, Demajors) yang akan berbagi tips menembus festival-festival musik ternama, Angkuy yang akan bercerita pengalamannya tur konser keliling dunia bersama Bottlesmoker.

Ada juga Rey Idris Letlora (Manager Pamungkas) yang akan membagikan tips dan trik menjalankan tur konser secara mandiri, Rudolf Dethu (Manager The Hydrant) akan berbagi tips gaya busana dan cara propaganda musik yang efektif, hingga drummer Seringai sekaligus sutradara video musik dari rumah produksi ternama Cerahati, Edy Khemod, yang bakal memberikan arahan terbaik nan ramah di kantong dalam memproduksi video musik bagi bandband independen pendatang baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya